Sebelum Memutuskan untuk hamil (lagi)



Postingan curhat kali ini aku mau mengulas tentang punya banyak anak.

Apaan? Kamu mau hamil lagi?

Beneran nih sedang program?

Waduh, pikirin anaknya dong ntar kalo Lo kerja sama siapa dia? Cari baby sitter susah cuy!


Nah, ini

Beribu alasan memang kerap kali menjadi halangan niat untuk memiliki anak keempat. Hihi bukannya tanpa rencana, maunya aku memang punya banyak anak anak di rumah agar ramai macam keluarga beken Gen Halilintar.

jadi ceritanya nih, anak anak lagi demen nonton YouTube nya keluarga halilintar yang fenomenal itu. Yah aku sih kagum kagum saja melihat mereka mengelola rumah tangga hingga tak merasa direpotkan sedikitpun dengan anak anak yang banyak justru anak anak nya gen halilintar sangat sukses menjadi bisnis menjanjikan.

Channel YouTube mereka kebanjiran subscribe yang banyak sekali pengajaran di dalamnya. Anak anak yang cerdas, pintar serta kreatif menjadi daya tarik tersendiri bagi keluarga ini. Aku mengikuti kegiatan mereka, aktivitas anak anaknya dengan segudang kreativitas.

Sosok ibu gen adalah ibu inspiratif yang mampu mengelola keluarganya sehingga menjadi kreatif dan mandiri. Yah, tentunya dengan berbagai pengalaman dan pengetahuan yang dimilikinya.

So balik lagi ke cerita soal rencana banyak anak (baca hamil lagi) ini jadi mungkin ini untuk instropeksi diri aja deh. Memang perlu banget manajemen ibu rumah tangga dalam mendidik anak-anak agar mereka cepat mandiri. 

Biasanya orang tua merasa sangat repot dengan banyak anak karena membayangkan bakal mengurusi satu orang anak saja betapa sulitnya. Mulai dari menyiapkan bekal, masak makanan untuk mereka, mendampingi belajar, menyiapkan pakaian dan merapikan benda-benda kesayangan mereka. Lalu kita juga membayangkan jika kerepotan kita dengan satu anak akan dikalikan dengan berapa anak yang kita miliki. 

Ya jelas deh, kalau seperti itu. Kalau diibaratkan dengan perkalian matematika, jika kadar kerepotan kita ukur dengan angka persen katakanlah 90% untuk yang sangat repot lalu kita akan kalikan dengan jumlah anak maka hasilnya tentu WOW banget deh.

Baiklah, kita belajar dari Ibu Gen saja bagaimana mendidik anak banyak.

Mandirikan Anak

Sebelum menghadirkan adik untuk si sulung memang sebaiknya kita memandirikan anak terlebih dahulu. Paling tidak si sulung sudah bisa membersihkan diri sendiri saat buang air kecil, memakaikan pakaian sendiri, makan tidak harus disuapin maupun hal-hal kecil lainnya. Tujuan memandirikan si sulung agar ia tidak tantrum saat kita sering tinggal demi mengurus si adik.

artikel terkait : Yang wajib diketahui istri Rumahan

Menyiapkan kondisi emosional  anak

Emosional anak penting di perhatikan agar dapat berkembang baik. Seringkali anak tidak siap secara emosi saat memiliki adik akibatnya anak merasa cemburu kepada adik dan berusaha untuk mencelakai adiknya. 

Si sulung yang telah siap memiliki adik biasanya akan tumbuh rasa sayang dengan sendirinya. Ia akan berusaha melindungi sang adik dan tak akan merepotkan ibu untuk keperluan pribadinya.

artikel terkait : Memilih perlengkapan bayi agar tidak mubazir


Kondisi kesehatan Ibu

Kesehatan ibu penting diperhatikan sebelum memutuskan untuk hamil karena ibu yang hamil dalam keadaan sehat akan melahirkan bayi yang sehat serta menyehatkan badannya juga. Kondisi kesehatan ini meliputi kondisi rahim dalam keadaan harus sehat, tekanan darah, riwayat kehamilan sebelumnya, serta penyakit serius lainnya yang bisa saja menyerang ibu saat hamil. Selain itu umur ibu harus dipetimbangkan juga untuk menghindari berbagai masalah saat hami. Kehamilan dengan ibu beresiko tinggi seperti diatas umur 40 tahun juga harus dipertimbangkan dengan matang.


No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.