Bibit Tanaman Sayuran yang mudah ditanam

Happy green



Sudah lama banget ya blog ini gak bahas tentang green. Sekedar info saat ini kebun di halaman rumah sudah hampr selesai panen nih. Dan ternyata panen itu sangat mengasyikan dan benar-benar pelepas lelah.


Kali ini aku mau berbagi tentang bibit-bibit tanaman sayuran yang mudah ditanam dan sangat bermanfaat untuk kebutuhan dapur kita sehari-hari.

Cabe Merah Keriting

Cabe merah keriting sangat favorit di kalangan masyarakat di Indonesia. Hampir di setiap daerah selalu memiliki masakan khas yang bumbunya menggunakan cabe merah keriting. Cita rasa pedas dan hangat yang berasal dari cabe merah keriting sangat digemari oleh banyak orang apalagi dipadu dengan bumbu-bumbu khas nusantara tentu akan menghasilkan rasa masakan yang menggugah selera.

Menanam cabe merah keriting tidak terlalu sulit. Media tanam dengan komposisi yang tepat akan menjadi media tanam yang disukai oleh tanaman cabe merah keriting. Masakan seperti rendang, gulai, sambal lado dan berbagai jenis sambal membutuhkan cabe merah keriting agar lebih enak dan nikmat.



bibit cabe merah keriting

Tomat kecil/ Cung

Tomat kecil atau dikenal dengan Cung cukup digemari oleh masyarakat Indonesia karena memiliki rasa asam yang pas jika diracik dengan cabe merah. Tanaman tomat kecil tidak terlalu sukar perawatannya, cukup menggunakan media tanam dengan campuran pupuk kandang, maka tanaman tomat kecil akan tumbuh subur dan menghasilkan buah yang lebat. 

bibit tomat kecil

Cabe Rawit Merah

Saat ini cabe rawit merah menjadi pilihan untuk masakan indonesia seperti sambal. Sambal dengan bahan cabe rawit merah akan menghasilkan aroma yang khas dan rasa yang pedas yang disukai oleh lidah orang indonesia. Saat ini cabe rawit merah dijadikan berbagai bahan pelengkap seperti aneka keripik dan panganan cripsy lainnya. 

Perawatan dan penanaman cabe rawit merah sangat mudah, Hanya memerlukan komposisi tanah yang pas seprti pupuk kandang dan tanah yang berpasir. Dapat juga ditanam langsung di tanah atau di dalam polibag. 

bibit cabe rawit merah

Terong Panjang hijau

Terong banyak mengandung kalium, vitamin C, vitamin B6 dan sangat baik untuk kesehatan jantung, membuat kulit bercahaya. Menanam terong tidak terlalu sulit hanyak membutuhkan campuran tanah dan pupuk kandang dengan komposisi yang tepat. 


bibit terong panjang hijau

Terong Ungu 

Terong ungu menjadi sayuran yang cukup digemari oleh semua kalangan. Beberapa sayuran yang berbahan terong ungu yaitu sayur asem, balado terong ungu dan lodeh. 

Untuk menanam terong ungu tidak terlalu membutuhkan perawatan yang ekstra karena terong ungu mudah bersosialisasi dengan segala macam cuaca. Asalkan 

bibit terong ungu

Tanaman Bayam

Bayam memiliki kandungan vitamin dan zat besi yang cukup banyak. Bayam dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan zat besi terutama bagi orang yang memiliki riwayat anemia. Menanam bayam sangat mudah, cukup menggunakan media tanam campuran pupuk kandang dan tanah sisa pembakaran sampah saja bayam sudah mampu tumbuh subur. 

Siapkan media tanam lalu siram dengan air secukupnya. taburi bibit bayam secara merata di permukaan tanah. Jika sinar matahari dan air cukup maka tanaman bayam akan dapt dipanen saat berumur 14 hari. 

bibit bayam

Kangkung 

Tanaman kangkung dapat tumbuh dari penanaman biji kangkung. Bentuknya menyerupai kerikil kecil. Kangkung cukup digemari banyak orang, bahkan di restoran menu kangkung cukup banyak diminati oleh pelanggan. Selain itu cara penyajiannya yang mudah membuat kangkung menjadi sayuran primadona di berbagai kalangan. 


Untuk menanam kangkung hanya membutuhkan media tanam dengan komposisi pupuk kandang dan tanah yang tepat. Cukup dengan membuat lubang kecil pada permukaan tanah lalu masukkan biji kangkung tutup dengan tanah tanpa perlu memadatkan tanah. Siram setiap hari jika kondisi normal, namun apabila kondisi curah hujan yang minim maka siramlah sebanyak 2 kali sehari. 

bibit kangkung

Nah, bagaimana mudah bukan menanam sayuran di sekitar rumah kita? Yuk makan sayuran setiap hari agar badan sehat dan bugar. 

No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.