10 Pondok Pesantren di Kota Bengkulu Lengkap dan Terpopuler

Sebentar lagi tahun pelajaran baru  sekolah sudah dimulai, apakah Anda sudah menentukan kemana putra-putri Anda akan bersekolah? Nah bagi para orang tua yang menginginkan informasi tentang alternatif sekolah selain sekolah umum berikut ini 10 Pondok Pesantren di Bengkulu Lengkap dan Terpercaya.






Mau melanjutkan ke sekolah umum atau mondok di pesantren adalah kegalauan bagi anak dan orang tua saat anak menamatkan sekolah dasarnya. Bagi sebagian orang tua mendambakan anak yang soleh tentunya sebuah angan-angan yang terus menjadi mimpi. Siapa sih yang tidak mendambakan punya anak remaja soleh, solat tepat waktu, rajin belajar dan patuh terhadap orang tua. Namun melihat derasnya arus pergaulan anak muda sekarang rasanya sangat sulit untuk mendidik anak menjadi soleh dan sesuai harapan orang tua umumnya. Oleh karena itu banyak orang tua yang memilih memasukkan anaknya ke pondok pesantren saat anak menyelesaikan sekolah dasarnya. 

Berikut ini daftar pondok pesantren di Bengkulu yang dapat menjadi rujukan orang tua dan calon santri saat memiliki niat melanjutkan sekolah ke pesantren.

1. Pondok pesantren Al-Hasanah

Pondok Pesantren Al-Hasanah merupakan salah satu lembaga pendidikan dibawah naungan Yayasan Al-Hasanah. Berlokasi di Desa Talang Boseng Kecamatan Pondok Kelapa Bengkulu Tengah pondok pesantren Al Hasanah menerima santri putri dan putra yang akan dididik dan diajarkan ilmu agama, Al-quran serta pelajaran umum setara Pendidikan menengah tingkat pertama (SMP). 

Masa pendaftaran siswa baru Pondok Pesantren Al Hasanah dibuka bulan Februari-Maret dan dilanjutkan dengan tes masuk dan pengumuman di bulan April tiap tahunnya. 

Santri Pondok Pesanteren Al-Hasanah dididik oleh tenaga pengajar yang telah berpengalaman di bidang keagamaan maupun ilmu umum. Selain itu ada juga pembina asrama baik putra maupun putri yang akan mendampingi para santri saat berada di lingkungan pesantren.

Pondok pesantren al-Hasanah sudah banyak diperhitungkan di tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional dalam berbagai ajang perlombaan baik bidang keagamaan, tahfidz Quran, keolahragaan maupun ilmu-ilmu sains dan pelajaran umum. 

Para santri dan santriwati diwajibkan menggunakan bahasa Inggris dan Arab di lingkungan pondok untuk melatih mereka terbiasa berkomunikasi dengan baik. Selain itu jadwal kegiatan yang padat menjadikan para santri terbiasa melakukan kegiatan sehari-hari dengan mandiri tanpa bantuan orang lain. 

2. Pondok Pesantren Hidayatullah

Pondok Pesantren Hidayatullah terletak di Desa Nakau Jalan Bengkulu-Curup. Letak pondok pesantren cukup strategis berada di pinggir jalan Bengkulu-Curup. Pesantren Hidayatullah berada pada naungan Yayasan Hidayatullah dengan jenjang pendidikan mulai dari PAUD, SDIT, dan SMP. 

Para santri dan siswa-siswi yang dididik di pesantren akan menerima pelajaran agama, uumum dan Alquran oleh para pengajar dan pendidik yang telah berpengalaman di bindangnya. Tenaga pengajar berasal dari alumnus perguruan tinggi ternama di Indonesia serta mengabdi untuk kemajuan yayasan Hidayatullah dengan dedikasi yang tinggi terhadap yayasan.

Prestasi yang telah diperoleh pun cukup diperhitungkan di kalangan pelajar di provinsi Bengkulu hal ini dapat dilihat dari sederet prestasi yang telah diperoleh oleh para santri-santriwati pondok pesantren di level kota maupun provinsi.

3. Pondok Pesantren Al-Quran IIT Rabbani

Pondok Pesantren Al-Quran Internasional Islam Terpadu (IIT) Rabbani terletak di kelurahan Bentiring Bengkulu. Untuk menuju lokasi Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum menuju Tugu Hiu Kelurahan Bentiring ke arah Desa Pondok Kubang Bengkulu Tengah. Tidak jauh dari simpang tugu Hiu lokasi pondok pesantren Al-Quran Rabbani.

Santri akan dididik oleh tenaga pengajar yang berasal dari universitas terbaik di dalam maupun luar negeri. Mereka mayoritas adalah alumni pondok pesantren ternama dan mengabdikan diri untuk mengajarkan Al-quran.

Para santri melakukan kegiatan layaknya pesantren pada umumnya mulai dari 4.00 -10.30 WIB. Para santri juga ditargetkan dapat menghafal Al-quran dengan baik serta siap untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

Dengan motto utama Unggul dalam Tahfidz Quran Pesanteren IIT Rabbani memiliki visi dapat membimbing santri menjadi penghafal Alquran. 

4. Pondok Pesantren Al-Quran Harsalakum

Pesantren Al-quran Harsalakum berlokasi di Kelurahan Hibrida Kota Bengkulu. Cukup mudah menjangkau lokasi karena letaknya di pusat kota Bengkulu. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum berwarna putih jurusan terminal Betungan dan berhenti di Kelurahan Hibrida. Letaknya persis di pinggir jalan. Pondok pesantren Al-Quran Harsalakum berada dibawah yayasan Harsalakum dengan pimpinan pondok adalah KH. Harius Rusli.

Untuk masuk ke Pesantren Al-Quran Harsalakum para calon santri mendaftarkan secara langsung dan mengisi data secara lengkap. Santri yang dididik adalah santri putra dan santri putri, mereka akan di bina oleh para tenaga pendidik yang sudah berpengalaman, bahkan bebrapa tenaga pengajar adalah alumni dari universitas luar negeri. 

Prestasi yang telah diperoleh para santri Pondok Pesantren Al-Quran Harsalakum sudah banyak dan diakui di level provinsi bahkan nasional. Bebrapa kali santri menjuarai berbagai lomba ceramah agama, MTQ hingga cerdas tangkas wawasan keislaman diajang yang cukup bergengsi. 

5. Pondok Pesantren Ja Al-Haq

Pondok pesantren Ja Al-Haq berlokasi di Kelurahan Bumi Ayu Kota Bengkulu. Lokasi sangat mudah dijangkau dengan menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum angkot biru dari terminal Panorama menuju ke Bumi Ayu. Lokasi pesantren persis di pinggir jalan raya. 

Pondok pesanteren Ja Al-Haq menerima calon santri berasal dari lulusan Sekolah Dasar untuk melanjutkan ke jenjang Madrasah Tsanawiyah dan lulusan SMP sederjat untuk melanjutkan ke jenjang Madrasah Aliyah Ja Al-Haq.

Santri akan dibina di asrama putra bagi santri putra dan asrama putri bagi santri putri dengan masing-masing pengasuh asrama yang berpengalaman. 

6. Pondok Pesantren Pancasila

Pondok Pesantren Pancasila termasuk pesantren tertua di Bengkulu, didirikan oleh H.Jamaan-Nur pesantren Pancasila menerima jenjang pendidikan setingkat SMP dan SMA sederajat. Lokasi pesantren berada di  Jalan Danau Kota Bengkulu. Cukup mudah menjangkau lokasi pesantren karena berada di tengah kota. Untuk menjangkau lokasi Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum angkot hijau jurusan tanah patah menuju terminal panorama. 

Alumnus dari pondok pesantren Pancasila banyak yang sudah memegang peranan penting di pemerintahan maupun sebagai dosen dan guru. Para santri akan dibina oleh tenaga pendidik yang berasal dari berbagai bidang ilmu baik ilmu agama maupun pelajaran umum. 

7. Pondok Pesantren Darussalam

Pondok Pesantren Darussalam berlokasi di Kelurahan Tebeng dengan akses lokasi yang cukup mudah. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum menuju danau dendam tak sudah. Tak jauh dari danau dendam tak sudah terdapat simpang empat apabila kendaraan Anda berasal dari simpang empat panorama Anda tinggal belok kiri menuju lokasi pesantren Darussalam sekitar 100 meter dari perempatan.

Santri yang diterima di pesantren Darussalam adalah jenjang SMP sederajat dan jenjang SMA sederajat yang akan dididik sesuai kurikulum pondok dan umum.

8. Pondok Pesantren Alquran Al-Fida

Pondok pesantren Alquran Al-Fida merupakan salah satu lembang pendidikan berbasis pesantren milik Yayasan Al-Fida dengan pimpinan Ust. Dani Hamdani. Berlokasi di Jl. S Parman 6 N0. 27 Padang Jati Ratu Samban Kota Bengkulu Pondok Pesantren Al-Fida menerima santri yang akan dididik dan dibina memperdalam ilmu Al-Quran. Para santri diperbolehkan memilih pulang ke rumah atau menginap di pesantren. 

Para pendidik dan pengajar pondok pesantren berasal dari alumnus universitas terkemuka baik dari dalam maupun luar negeri yang akan membimbing santri hingga memahami Alquran dengan baik. 

9. Pesantren Mambaul Ulum 

Pondok Pesantren Mambaul Ulum terletak di Jl. Masjid Muttaqin No. 92 Desa Harapan Makmur Pondok Kubang bengkulu Tengah. Pondok pesantren ini berdiri tahun 1992 dengan visi dan potensi di bidang pertanian/perkebunan dan agribisnis. 

Untuk menuju lokasi Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun taxi online menuju Desa Harapan Makmur Kec Pondok Kubang Bengkulu Tengah. 

10. Pesantren Modern Darussalam Kepahiang

Terletak di Jl. Merdeka Dusun Kepahiang Pondok Pesantren Darussalam Kepahiang berada di Kabupaten Kepahiang, Lokasi berjarak sekitar 85 km dari Kota Bengkulu. Untuk menjangkau lokasi Anda harus menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum menuju kabupaten Kepahiang sekitar 2 perjalanan. 

Demikian informasi Pondok Pesantren di Bengkulu Lengkap dan Terpopuler yang dapat menjadi rujukan bagi Anda yang berniat menyekolahkan anak-anak ke lingkungan pondok pesantren. Semoga bermanfaat.

No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.