40 Wisata Terpopuler di Bengkulu untuk Liburan Keluarga

40 Wisata Terpopuler di Bengkulu untuk Liburan Keluarga

Libur masih panjang Yeaayy... saatnya menikmati liburan sepuasnya. Berhubung anak-anak masih memiliki jatah liburan sekolah yang cukup panjang sekitar 3 minggu lagi. Saatnya kita hunting tempat-tempat seru untuk liburan bersama keluarga. Nah, berikut ini 40 wisata terpopuler di Bengkulu untuk liburan Keluarga yang wajib Anda kunjungi.

Bengkulu sangat terkenal dengan wisata Pantai, banyak pantai indah yang dapat Anda temui di Bengkulu dan dapat menjadi destinasi liburan keluarga. Kamu mau tau mengapa Bengkulu banyak sekali pantai? Karena tofografi Bengkulu yang persis berbatasan dengan Samudera Indonesia sehingga sepanjang pesisir Bengkulu terdapat Pantai-pantai indah memukau. 

1. Pantai Panjang

wisata pantai Panjang Bengkulu
sunset Pantai Panjang yang indaah banget


Wisata Pantai Panjang adalah salah satu destinasi wisata yang wajib kalian kunjungi. Lokasi Pantai Panjang terletak di pusat Kota Bengkulu dengan akses jalan yang sangat mudah dijangkau. Anda cukup memesan taxi online menuju Pantai Panjang dengan biaya yang sangat murah. Letaknya persis di sepanjang jalan pariwisata Kota Bengkulu Pantai Panjang menjadi wisata unik dengan spot berfoto ada di sepanjang Pantai. 

suasana jalan sore hari di Pantai Panjang


Anda dapat menggunakan jalur tracking baik bagi pejalan kaki maupun bagi pengendara sepeda. Jangan khawatir apabila Anda tidak membawa sepeda karena di sini banyak tersedia penyewaan sepeda dengan biaya 10.000-15.000/ sepeda. Di sepanjang pantai Anda juga bisa membeli aneka jajanan khas Bengkulu yang diolah dari hasil bumi dan laut Bengkulu. Ada olahan seafood, kue basah dan kue kering hingga minuman segar denganharga yang terjangkau. 

Pemerintah daerah Bengkulu memberikan perhatian tersendiri dengan destinasi pantai Panjang terbukti dengan dibangunnya beberapa area publik yang dapat digunakan oleh pengunjung secara gratis. Tempat parkir yang luas, toilet umum, hingga arena bermain dan fasilitas peristirahatan yang dapat Anda gunakan untuk bersantai bersama keluarga. 

Arena bermain pasir adalah tempat favorit pengunjung di pantai panjang, di Sepanjang pantai Anda dapat membawa serta putra putri tercinta bermain pasir putih dan menangkap kerang-kerangan. Namun Anda tetap harus waspada apabila mandi di pantai, karena ada area tertentu yang tidak diperbolehkan untuk mandi karena keganasan ombak yang sewaktu-waktu bisa saja membahayakan keselamatan Anda dan keluarga.

wisata Pantai Panjang Bengkulu
bermain ombak dan pasir pantai Panjang seruuuu


Persis di area Pantai Panjang terdapat Mall yang menjadi kebanggaan masyarakat Bengkulu yakni Bengkulen Mall. Sehingga Anda tak perlu khawatir jika sudah puas berwisata pantai anda bisa langsung mengunjungi mall atau sekedar nongkrong di pelataran mall sambil menikmati alam pantai yang indah dari lantai tiga Bengkulen Mall.

Yuk kita lanjut eksplore Bengkulu dengan 40 wisata Terpopuler di bengkulu untuk liburan keluarga berikutnya :

2. Sport Centre

Spot Centre adalah pusat kegiatan olahraga yang dibangun oleh pemerintah Kota Bengkulu. Lokasinya persis berhadapan dengan plang merek Pantai Panjang. Setiap sore lokasi Sport Centre ramai dikunjungi warga Kota Bengkulu maupun dari luar kota untuk berolah raga sore atau sekadar duduk-duduk santai menanti sunset tiba. Berbagai fasilitas olahraga ditawarkan di sini antara lain, lapangan bola voly, lapangan basket, futsal, arena bersepeda, arena lari, lompat jauh dll.

wisata bengkulu


Pada hari-hari tertentu lokasi sport centre sering dijadikan pusat kegiatan pameran maupun hiburan masyarakat. Di sini juga pernah diadakan kegiatan lari marathon tingkat internasional yang mengundang peserta dari berbagai negara sahabat. 

3. Pantai Berkas


pantai pelabuhan lamo bengkulu


Pantai berkas menawarkan panorama alam pantai yang indah memukau, apalagi saat sunset tiba lokasi ini menjadi favorit pengunjung yang akan menikmati sunset bersama orang-orang terdekat. 

Masyarakat sekitar memanfaatkan lokasi pantai Berkas dengan berjualan aneka makanan ringan seperti sate ceker, seafood cripsy, opak dan minuman segar seperti es kelapa. Di sepanjang pantai terdapat meja dan kursi yang dapat Anda sewa sebagai tempat duduk menikmati pemandangan pantai nan indah. 

Apabila Anda memiliki nyali bisa berjalan-jalan di karang yang menyembul di pantai saat air surut. Di sini banyak sekali kerang maupun umang-umang muncul di sela-sela lobang karang. Biasanya pengunjung membawa pulang kerang-kerang tersebut untuk oleh-oleh atau mainan anak-anak.

Untuk menuju lokasi Anda dapat memesan taxi online menuju jalan pariwisata Pantai panjang dan berhenti di Pantai berkas. 

4. Pantai Zakat

pantai zakat bengkulu
perahu nelayan yang bersandar di pantai zakat

Pantai Zakat berlokasi sekitar 2 kilometer dari arah pantai Panjang. Di sini Anda dapat menikmati alam pantai sekaligus mandi pantai. Jika Anda berkunjung sore hari Pantai Zakat akan sangat ramai pengunjung yang mandi. 

Apabila Anda membutuhkan pelampung atau ban, disini banyak tersedia penyewaan ban atau pelampung untuk membantu Anda mandi pantai. Tetapi tetap saja harus berhati-hati saat mandi di pantai, meskipun ombak di antai Zakat terkenal bersahabat namun bisa saja karena keteledoran pengunjung dapat membahayakan nyawa. Namanya juga bermain di air tetap harus waspada, apalagi jika alam pantai sedang tidak bersahabat sebaiknya Anda menunda keinginan untuk mandi di pantai.


Di pinggir Pantai Zakat Anda dapat menjumpai berbagai penjual makanan dan minuman ringan,bahkan ada rumah makan yang cukup favorit persis berada tak jauh dari pantai zakat dapat Anda nikmati apabila membutuhkan. 

5. Benteng Marlborough

Benteng Marlborough Bengkulu
Benteng marlborough jika diakses dari jalan raya


Benteng Marlborough adalah benteng peninggalan penjajah Inggris yang terletak di pesisir pantai Kota Bengkulu. Untuk menuju lokasi Anda cukup memesan taxi online dengan biaya yang sangat terjangkau. Pintu masuk Benteng ada dua, yaitu gerbang depan dan gerbang belakang. Gerbang depan berada menghadap ke arah pasar Barukoto Kampung Cina sedangkan gerbang belakang menghadap ke arah kelurahan pondok Besi yang bisa diakses melalui simpang SDN 4 simpang bundaran Bank Indonesia.

Untuk berwisata di Benteng Marlborough pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar 5.000/orang . Pengunjung bebas mengambil gambar dan video sepuasnya di area benteng tanpa ada batasan apapun. Takheran jika di lokasi ini ramai sekali pengunjung dengan berbagai kepentingan, seperti pre wedding, membuat konten video atau sekedar berwisata sejarah.

6. Pelabuhan Lama

pelabuhan lama dilihat dari Benteng Marlborough


Lokasi pelabuhan lama persis di depan Benteng Marlborough. Akses masuk cukup untuk dilalui kendaraan hingga ke pinggir pantai. Di sini Anda dapat bermain pasir Pantai dengan batuan bekas pelabuhan peninggalan zaman penjajah Inggris yang masih kokoh. Ada jankar raksasa sebagai bukti kejayaan penjajah Inggris dahulu. 

Banyak spot menarik di sini. Lokasi jangkar yang sangat cantik jika di foto karena persis berada menjorok ke tengah laut sehingga sering dijadikan spot berfoto yang instagramable bagi anak milenial. 

Beberapa bagian terlihat sudah disekat dan diberi pagar pembatas oleh pihak swasta yang mengelola menjadi kawasan resto dan cafe sehingga spase untuk pengujung yang ingin menikmati secara gratis harus melalui jalan sempit di samping resto tersebut. 

7. Pantai Kualo


pantai kualo Bengkulu
Abang lagi termenung hehe (foto lama saat perpisahan Paud Abang Fajar


Pantai Kualo terletak di ujung Pantai Panjang atau persis berada di muara sungai Bangkahulu. Dahulu tempat ini dikelola swasta dan sempat menjadi kawasan favorit namun saat ini Pantai Kualo tidak begitu terawat. Namun demikian keindahan pantai Kualo tetap tidak bisa di pandang sebelah mata apalagi keberadaan pepohonan cemara laut yang besar-besar menjadikan kawasan pantai sangat tepat sebagai arena bersantai bagi keluarga. 

Untuk menuju lokasi Anda dapat menyusuri pantai panjang ke arah sungai hitam, lokasi persis berada di bawah jembatan yang menghubungkan pantai jakat dan sungai hitam. 

8. Rumah Soekarno


rumah Soekarno bengkulu


Berkunjung ke Kota Bengkulu tidak lengkap rasanya jika tidak berwisata ke rumah pengasingan Soekarno. Rumah peninggalan presiden pertama RI ini teletak di kelurahan Anggut Atas. Saat ini rumah pengasingan Soekarno ramai dikunjungi warga untuk berwisata sejarah. Ada banyak benda bersejarah di rawat di sini seperti sepeda ontel milik Soekarno yang merupakan alat transportasi yang digunakan oleh Soekarno saat berada di pengasingan. Selain itu beberapa stel jas, baju maupun buku-buku miliki Soekarno masih di rawat di sini. 

Pengunjung banyak menggunakan air sumur di Rumah Soekarno yang dipercaya dapat membuka aura apabila digunakan untuk mencuci muka. Selain itu Di sini juga dapat diperoleh aneka oleh-oleh khas Bengkulu seperti makanan dan kain Besurek kain batik khas Bengkulu.

artikel terkait : Destinasi Liburan di Bali yang dapat menjadi Referensi bagi Anda Sekeluarga

9. Rumah Fatmawati

Tak jauh dari Rumah Soekarno terdapat rumah Fatmawati yang merupakan ibu negara penjahit bendera pusaka pertama kali. Rumah Fatmawati berada persis di pinggir jalan tak jauh dari lampu merah simpang lima Kota Bengkulu. Di sini Anda dapat melihat mesin jahit yang digunakan pertama kali oleh ibu negara fatmawati saat menjahit bendera merah putih serta berbagai gaun peninggalan ibu fatmawati. 

10. Mesjid Jamik


mesjid jamik bengkulu


Mesjid Jamik adalah salah satu mesjid bersejarah di Kota Bengkulu. Mesjid ini dibangun dan dirancang atas sumbang saran dari presiden RI yaitu Soekarno. Tak heran arsitektur bangunan mesjid persis seperti arsitektur mesjid-mesjid di Jawa yakni mengadaptasi dengan kubah bangunan joglo yang bertingkat-tingkat. 

Anda dapat beristirahat sekaligus solat di mesjid jamik, lokasinya tepat berada di pusat kota Bengkulu yaitu di  Jalan Suprapto.

11. Mesjid Raya baitul Izzah

Mesjid Raya Bengkulu


Mesjid Raya Baitul Izzah adalah salah satu mesjid kebanggaan provinsi Bengkulu. Anda dapat istirahat, solat dengan area parkir yang luas. Di sini sering diadakan acara-acara keagamaan dan perayaan hari besar islam. Di samping mesjid Raya baitul Izzah dibangun suatu ruang khusus untuk acara resepsi aau acara hajatan yang dapat di sewa oleh masyarakat.

12. Taman Tugu Tomas Parr


Taman Tugu Thomas Parr berada tak jauh dari gerbang Benteng Marlborough. Posisinya tepat berada di depan pasar Barukoto berhadapan dengan lapangan tugu kampung Cina. Ada area bermain anak yang sering dipergunakan oleh warga sekitar bermain mobil remot atau komunitas anak anak muda kreatif di sini. Namun tak begitu luas cukup untuk kumpul-kumpul.

13. Lapangan Tugu Kampung Cina

lapangan tugu Bengkulu
rusa rusa di depan rumah dinas Gubernur depan lapangan tugu 

Lapangan tugu Kampung Cina adalah salah satu tempat favorit keluarga sejak dahulu. Di sini Anda dapat duduk-duduk sore sambil menunggu magrib. Banyak keluarga kecil membawa serta anak-anak mereka bermain sambil makan sore.


Tak jauh dari lapangan tugu, persis di depan lapangan ada Balai Kota yang merupakan rumah dinas Gubernur yang lapangannya dipelihara rusa-rusa dengan tanduk yang sangat cantik. Pengunjung diperbolehkan memberi makan rusa-rusa tersebut dengan makanan yang banyak disediakan oleh para penjual buah di sekitar Balai Kota.

lapangan tugu Bengkulu
area parkir lapangan tugu yang luas 

Apabila Anda berlibur di hari-hari tertentu misalnya pada perayaan Tabut Bengkulu, di Lapangan tugu adalah pusatnya. Selama 10 hari bulan Muharram masyarakat Bengkulu akan dihibur oleh berbagai atraksi menyemarakkan upacara Tabut. Ada arena permainan rakyat ikan-ikan, hiburan rakyat, telong-telong, hingga pameran dan berbagai perlombaan yang melibatkan berbagai provinsi tetangga bahkan sampai ke internasional. 

14. Perkampungan Cina

Kampung Cina Bengkulu
Kampung Cina dan angkot kuning yang merupakan angkutan umum melayani rute ini

Perkampungan Cina terletak di depan Benteng Marlborough. Dahulu di sini merupakan pusat kegiatan perekonomian pertama di Bengkulu. Tak heran di Kampung Cina masih banyak kita jumpai bangunan kuno peninggalan masyarakat Tionghoa baik yang masih dihuni maupun yang sudah ditinggal pemiliknya. 

Oleh pemerintah saat ini kampung cina diperbaharui dengan memperbaiki jalan dan menambah ikon kekinian di sepanjang jalan Barukoto. 

15. Pantai Pondok Besi


pantai pondok besi



Pantai Pondok Besi saat ini lebih tepat disebut sebagai TPI (Tempat Pelelangan Ikan) di sini dibangun TPI untuk memfasilitasi para nelayan Kota Bengkulu memasarkan Ikan hasil tangkapan mereka di laut. Tak heran di sepanjang pantai banyak ditemukan perahu nelayan yang bersandar menanti malam tiba untuk kembali ke laut. 

16. Pantai Sungai Hitam

pantai sungai hitam bengkulu
pondok-pondok di tepi muara pantai sungai hitam


Pantai Sungai Hitam terletak di belakangan terminal Sungai Hitam, tak jauh dari kampus Universitas Bengkulu. Jangan tertipu dengan namanya, Pantai Sungai Hitam sama saja seperti Pantai lainnya yang merupakan pantai berpasir berhadapan dengan Samudera Indonesia. Namun karena berada di muara Sungai Hitam maka pantai ini dikenal dengan Pantai Sungai Hitam.

Di sini juga terdapat Taman wisata family yang menawarkan banyak arena permainan air yang cocok untuk wisata keluarga.

taman wisata family pantai sungai hitam Bengkulu
taman wisata family Pantai Sungai hitam

Pengunjung dapat melakukan aktivitas menikamti alam pantai sambi bermain dan berolahraga di sekitar pantai. Di pagi hari pantai Sungai Hitam banyak dikunjungi warga yang berolahraga ringan di sekitar pantai. 

17. Danau Dendam Tak Sudah

Nah, siapa bilang di Bengkulu cuma ada pantai. Ternyata kota kecil ini memiliki danau cantik bernama Danau Dendam Tak sudah yang dahulu merupakan sebuah bendungan yang dibangun pada masa penjajahan Belanda untuk mengairi sawah-sawah penduduk di sekitar danau. Saat ini danau dendam masih terlihat cantik dan sangat berjasa mengairi sawah-sawah penduduk kota Bengkulu. 

Apabila Anda ingin menikmati pemandangan di sekitar danau bisa saja duduk-duduk di pondok-pondok yang disediakan di sepanjang danau. Ada minuman es kelapa muda yang sangat segar banyak dijajakan oleh masayarakat sekitar dapat Anda nikmati dengan harga yang cukup terjangakau.

18. Bukit Kandis



Lokasi Bukit Kandis berada di Desa Karang Tinggi Kabupaten Bengkulu Tengah Kota Bengkulu. Jaraknya sekitar 25 kilometer dari Kota Bengkulu dapat ditempuh dengan kendaraan darat menuju Bengkulu Tengah.  Di sini Anda dapat menikmati pemandangan bukit Kandis dan area motor trail. Bagi Anda yang memiliki jiwa petualangan Anda bisa saja mencoba jelajah alam di sekitar bukit Kandis tanpa dipungut biaya.  Area camping ground juga sangat cocok untuk Anda berpetualang di alam.

19. Wahana Surya

wahana surya Bengkulu
lokasi parkiran di taman wahana surya Bengkulu

Masih di  Bengkulu Tengah Anda dapat menjumpai lokasi Wisata Wahana Surya. Perjalanan menuju Wahana Surya dapat Anda tempuh dari Kota Bengkulu menuju Pasar Pedati melewati terminal Sungai Hitam. Berjarak sekitar 7 kilometer dari kota Bengkulu Anda dapat mengakses lokasi dengan mengikuti panduan google map atau peta jalan. Jarak lokasi dari jalan raya sekitar 1 kilometer menuju parkiran kendaraan. 

Di area Wisata Wahana Surya pengunjung dapat melakukan aktivitas piknik di bawah pepohonan kelapa serta area peristirahatan yangbanyak disediakan pengelola. Ada kolam renang, waterboom, flying fog, area berkuda dan perahu balon yang dapat kunjungi bersama keluarga di lokasi ini.

20. Sungai Suci

Sungai Suci adalah salah satu tempat wisata yang telah populer sejak lama. Wisata ini merupakan pantai namun karena mengalami abrasi sehingga keindahan sungai Suci sedikit luntur. Namun jangan khawatir, di lokasi ini banyak yang bisa Anda eksplor diantaranya adalah pemandangan pantai yang dapat Anda abadikan dari ketinggian, jembaatan gantung yang dapat menguji nyali anda berada di tengah-tengan lautan dengan keganasan ombak di bawah jembatan. Serta pulau kecil mirip Bali yang berada terpisah dengan daratan merupakan lokasi yang tepat untuk berwisata sambil berfoto cantik. 

21. Taman Berkas

Taman Berkas merupakan wisata baru yang dikembangkan oleh pemerintah kota Bengkulu. Ada banyak arena permainan anak yang dapat anda gunakan seperti ayunan, perosotan, jembatan diatas pohon cemara dan arena sepatu roda. Berbagai penjual makanan minuman tak sulit dijumpai di sekitar Taman Berkas serta area parkir yang cukup luas. 

22. Wisata Mangrove Kampung Nelayan




Apabila Anda penyuka wisata mangrove jangan lupakan wisata mangrove Kampung Nelayan yang terletak di kelurahan Kampung Melayu Kota Bengkulu. Di sini Anda dapat berwisata menggunakan perahu menikmati panorama hutan mangrove dengan berbagai ketenangan alamnya. Ada spot berfoto yang cukup diminati oleh warga Bengkulu saat berada di taman hutan Mangrove.

Untuk menuju lokasi Anda dapat menggunakan kendaraan darat menuju kelurahan kampung melayu Pulau Baii.

23. Pelabuhan Pulau Baii

Pelabuhan Pulau Baii adalah salah satu tempat favorit yang dikunjungi warga Bengkulu terutama di hari-libur panjang. Anda dapat melihat kapal-kapal bermuatan barang bersandar di Pelabuhan Pulau Baii. Jika beruntung Anda dapat melihat kapal khusus seperti Kapal perang maupun kapal pesiar yang sedang beristirahat di pelabuhan Baii. 

24. Taman Badrika


taman badrika bengkulu
anak-anak sedang mengamati kepiting dan ikan kecil


Masih di dalam Kota Bengkulu Ada lokasi wisata hutan mangrove sekaligus tempat makan bernama Taman Badrika. Di sini pengunjung dapat makan di pinggir hutan mangrove dengan menyewa perahu berkeliling di sepanjang hutan mangrove. Pemandangan yang dittawarkan sangat indah. Pondok-pondok makan berada di pepohonan mangrove sehingga udara sangat sejuk dengan produksi oksigen berlimpah. Anda dapat mencium aroma lumpur dari hutan mangrove yang sangat khas disertai kicauan burung yang hidup di pepohonan hutan mangrove.

25. Lapangan Golf


lapangan Golf bengkulu
udah cocok jadi lokasi prewedding nih

Tak jauh dari lokasi Taman Badrika terdapat Lapangan Golf yang dapat Anda kunjungi. Di lokasi Anda dapat menikmati pemandangan alam pantai sekaligus area bermain golf, warga sekitar banyak menjadikan tempat ini sebagai lokasi prewedding karena sangat indah dengan rerumputan yang terawat. Latar pantai sekaligus danau kecil tak jauh dari lapangan golf menjadikan area lapangan golf salah satu spot favorit anak muda kota Bengkulu.

26. Pantai Lais

pantai lais bengkulu


Pantai lais terletak di Kecamatan Lais Kabupaten Bengkulu Utara. Lokasi berjarak kira-kira 30 kilometer dari Kota Bengkulu. Di sini pengunjung dapat menikmati pemandangan alam laut luas dengan keunikan pulau kecil yang berada terpisah dengan daratan. 

Pemandangan unik ini lah yang menjadi keistimewaan pantai lais. Selain itu masyarakat biasanya beristirahat melepas lelah perjalanan di sini sambil menkmati es kelapa muda.

27. Green Wisata Kebun Teh Kabawetan

green wisata kebun teh kabawetan bengkulu
wisata petik teh kabawetan 

Jika tadi kita sudah berwisata pantai saatnya melihat yang segar-segar. Mari kita melanjutkan perjalanan menuju lokasi Green Wisata Kebun Teh Kabawetan. Lokasi ini merupakan wisata petik daun teh yang menawarkan keindahan Kebun teh. 

Pengunjung dapat menikmati pemandangan indah hamparan kebun teh yang indah menakjubkan seperti bukit teletubis. Hamparan kebun teh dikelilingi oleh perbukitan dan pepohonan semakin menambah kesejukan saat berada di sana.

artikel terkait : Green wisata Kebun Teh Kabawetan Bengkulu

Untuk menuju lokasi Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun travel sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Bengkulu menuju kabupaten Kepahiang.

28. Pemandian  Suban Air Panas

pemandian suban air panas Bengkulu
kolam renang air dingin di Pemandian suban air panas


Berlokasi di Desa Suban Kabupaten Rejang Lebong Bengkulu Anda dapat berwisata di kolam pemandian air panas. Di lokasi juga disediakan kolam pemandian tertutup maupun terbuka. Jika Anda menyukai aktivitas berenang di air dingin di sini juga disediakan kolam renang terbuka untuk anak dan dewasa dengan air yang sangat menyejukkan. 

29. Air Terjun Curug Embun

Lokasi Curug Embun berada di desa bukit Kabupaten Bengkulu Tengah yang menawarkan air terjun dan pemandian alam. Untuk menjangkau lokasi Anda dapat menuju Kabupaten Benteng, tepat di desa Kembang seri ada pertigaan anda harus belok kanan menuju desa bukit yang berjarak sekitar 10 kilometer dari simpang kembang seri. 

Setelah sampai di lokasi Anda dapat memarkirkan kendaraan tak jauh dari lokasi air terjun. Aktivitas yang dapat Anda lakukan di lokasi Curug embun adalah mandi di air terjun atau sekadar berfoto di lokasi. Lokasi ini juga cocok untuk area camping karena terdapat aliran air yang bersih serta alam yang bersahabat. 

30. Pantai Linau

pantai Linau wisata Bengkulu
pantai Linau 

Pantai Linau terletak di Kabuaten Kaur sekitar 120 km ke arah selatan Kota Bengkulu. Di sini Anda dapat menikmati pemandangan pantai yang indah memukau, pasir putih mandi pantai dengan air yang sejuk. Terlebih jika cuaca cerah di sore dan pagi hari. Pengunjung juga bisa melihat-lihat bawah laut yang indah memukau dengan biota bawah laut yangg sungguh indah. Ada kerang-kerangan, bebatuan yang beraneka warna serta gradasi pantai yang sangat indah. 

artikel terkait : Mengunjungi pantai Linau

Apabila Anda lapar dan haus ada banyak pedagang kecil yang menjajakan makanan dan minuman khas Bengkulu.

31. Wisata Petik Jeruk



Wisata petik jeruk adalah salah satu agrowisata yang dapat Anda pilih saat berkunjung ke Provinsi Bengkulu. Lokasi berada di Kabupaten lebong berjarak sekitar 250 km dari Kota Bengkulu. Di sini Pengunjung dapat memetik langsung buah jeruk dan membawa pulang oleh-oleh dari kebun jeruk. Apabila pengunjung tidak berniat memetik jeruk secara langsung hanya membeli buah segar maka pengelola juga menyediakan jeruk yang siap di bawa pulang.

Anda cukup membayar tiket masuk sebesar 10.000 rupiah dan jeruk yang dipetik juga bisa dibawa pulang dengan harga yang cukup murah perkilo nya. Selain itu Anda juga bisa membeli bibit jeruk siap tanam sehingga bisa dibawa pulang dan ditanam di rumah masing-masing.






32. Taman Bunga


Wisata taman bunga terletak di Kabupaten Rejang Lebong yang menawarkan spot foto instagramable dengan warna-warni bunga yang indah tertata dengan rapi. Bunga-bunga di sini sengaja di rawat dann dijadikan tempat wisata sehingga pengunjung dapat menikmati pemandangan kebun bunga yang sangat indah.

33. Bukit Kaba

Masih di Kabupaten Rejang Lebong, Wisata yang dapat Anda kunjungi adalah Bukit Kaba. Bukit ini merupakan gunung api aktif yang banyak dijadikan areal kamping oleh pencinta alam. 

Ada kawah belerang yang dapat menjadi tujuan para pendaki sekaligus area berfoto yang keren. Tidak sulit medan yang akan ditempuh para pendaki karena tepat dibawah bukit banyak perumahan penduduk maupun penginapan untuk pengunjung yang berasal dari luar kota. 

34. Danau Mas Hitam

Danau Mas Hitam terletak di jalan poros Provinsi Bengkulu tepatnya di Kabupaten Rejang Lebong. Disini menawarkan spot berfoto berlatar danau mas hitam yang dibuat sebagai spot berfoto instagramable. Kebun bunga yang dijadikan area berfoto adalah tempat favorit yang dapat dikunjungi para wisatawan. 

35. Air Terjun Batu Layang

Air terjun batu Layang terletak di desa Batu Layang Bengkulu utara menawarkan air terjun yang indah memukau. Untuk menuju lokasi Pengunjung dapat menggunakan kendaraan darat menuju desa Batu Layang yang berjarak sekitar 80 km atau 2 jam perjalanan Bengkulu Lubuk Durian bengkulu Utara. 

36. Air Terjun Datar Lebar

Terletak di Desa Datar Lebar Kabupaten Taba Penanjung Bengkulu Tengah Di sini Anda dapat berwisata Air terjun yang sangat sejuk. Lokasi air terjun memang jauh ke dalam hutan melewati perkebunan penduduk. Apabila Anda berniat menuju lokasi air terjun sebaiknya mengajak serta pemandu yang dapat Anda hubungi di sekitar perkampungan penduduk. 

37. Air Terjun Curug Sembilan

Air terjun Curug Sembilan terletak di Kecamatan Padang Jaya Bengkulu Utara. Di sini Anda dapat menikmati pemandangan air terjun bertingkat –tingkat hingga sembilan tingkat sehingga dikenal dengan air terjun Curug Sembilan. Curahan air terjun yang berasal dari hutan tropis sangat sejuk sebagai area jelajah alam. Area yang sangat diminati oleh para penjelajah alam dengan tracking yang lumayan menantang.

38. Pantai Laguna Kaur


Pantai laguna Kaur Bengkulu
gradasi pantai laguna Kaur yang sangat indah

Pantai Kaur menawarkan panorama alam pantai yang indah memukau. Pengunjung dapat berwisata sekaligus mengenal biota laut unik yang hanya dapat ditemui di Pantai kaur yaitu Gheite. Gheite adalah gurita yang dikeringkan dan dapat dijadikan panganan sedap nikmat tiada tara. Berbagai panganan khas dari gheite dapat Anda temukan di sini antara lain rendang Gheite, sate Gheite dan kalio Gheite dengan cita rasa unik yang tak akan terlupakan. 

39. Bendungan Seluma

Terletak di Kabupaten Seluma, bendungan Seluma menjadi daya tarik tersendiri pengunjung di sekitar lokasi. Ada tempat pemandian umum yang dapat digunakan oleh pengunjung. Untuk menuju lokasi Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi menuju ke Kabupaten Seluma 

40. Taman Hutan raya Rajolelo

Berlokasi di kabupaten Bengkulu Tengah, Taman Hutan raya Rajolelo menawarkan wisata jelajah alam yang cukup lengkap. Di sini pengunjung dapat menginap di area hotel yang disediakan di taman Hutan Raya Rajolelo. Area ini sering digunakan pengunjung sebagai tempat berwisata alam mengenalkan keanekaragaman hayati, baik berbagai jenis pohon maupun hewan. 

Akses lokasi cukup mudah Anda cukup menggunakan kendaraan pribadi dari pusat kota Bengkulu menuju kelurahan Bentiring- Tugu Hiu – Pondok Kubang. Tidak ada tiket masuk untuk menuju lokasi namun ada baiknya perlu izin dari pengelola apabila hendak berwisata, karena lokasi yang sangat luas dan jauh dari perkampungan penduduk perlu hati-hati sebaiknya kita berombongan karena situasi hutan yang sepi dan kemungkinan sinyal telpon seluler juga berkurang. 

Nah inilah 40 Wisata Populer di Bengkulu untuk liburan keluarga yang dapat Anda kunjungi. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur!

1 comment

  1. Keren banget berasa mudik ke Bnegkulu baca ini, makasih ya Yurma.

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.