Kelengkapan Administrasi Guru yang Wajib diketahui 2020-2021

Konten [Tampil]

Kelengkapan administrasi guru yang wajib diketahui 




Guru sejatinya adalah seorang pahlawan yang memperjuangkan buta huruf bagi anak bangsa. Namun tugas guru dari zaman ke zaman terus mengalami perkembangan. 


Kelengkapan Administrasi Guru yang Wajib diketahui 2020-2021


Jika dahulu guru hanya berkewajiban mengajar dan mendidik anak-anak didiknya sehingga dapat lulus saat ujian namun tidak dengan kondisi saat ini yang mengharuskan guru memiliki kelengkapan administrasi guru untuk memenuhi tuntutan yang diberlakukan dalam undang-undang.

Administrasi guru bermanfaat untuk guru itu sendiri. Sesuai dengan fungsi dan tugas pokok seorang guru seperti yang telah diamanatkan oleh Peraturan Pemerintah Nomor 74 tahun 2008 tentang guru yakni merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, membimbing dan melatih peserta didik. Maka kelengkapan administrasi guru ini diperlukan guna memenuhi funsi dan tugas pokok guru tersebut. 

Beberapa kelengkapan administrasi guru yang wajib dibuat oleh guru tahun 2020-2021 antara lain:

1. Buku Kerja 1
    1.1 Analis Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
    1.2 Analisis KI/KD
    1.3 Rencana pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
    1.4 Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
2. Buku Kerja 2
    2.1 Kode etik guru, 
    2.2 Ikrar guru, 
    2.3 tatatertib guru, 
    2.4 Pembiasaan guru
    2.5 kalender pendidikan, 
    2.6 Alokasi waktu, 
    2.7 Program tahunan dan 
    2.8 program semester
3. Buku Kerja 3
     3. 1 Absensi siswa
     3.2 Jurnal
     3.3 Daya Serap Siswa
     3.4 Peniilaian 
     3.5 Daftar Buku Guru
     3.6 Analisis Ulangan Harian
     3.7 Kumpulan Soal-soal
     3.8 Kisi-kisi Soal Ulangan Harian
     3.9 Analisis Butir Soal
4. Buku Kerja 4
    4. 1 Program Evaluasi Diri
    4. 2 Program Tindak Lanjut


Buku kerja 1

Buku kerja 1 guru meliputi Analisis Standar kompetensi lulusan (SKL), analisis Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar, Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Kriteris Ketuntasan Minimal (KKM). teman-teman bisa memperoleh buku kerja 1 dan download di file berikut ya!

Analisis SKL

Analisis SKL berisi tentang hasil analisis Standar Kompetensi lulusan. Silahkan download disini. Analisis SKL artikel lainnya 

KI/KD

Analisis KI/KD berisi tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar. Silahkan download disini. KI/KD

Silabus

Silabus berisi tentang materi yang akan diajarkan selama satu tahun kedepan. Silahkan download disini. Silabus

Perangkat Lengkap RPP Matematika Wajib dan Peminatan kelas X, XI, XII MA

Administrasi Guru

Administrasi guru yang wajib diketahui ada beberapa bagian seperti yang telah disebutkan diatas bahwa administrasi guru meliputi Buku kerja 1, Buku Kerja 2, Buku kerja 3 dan Buku Kerja 4. Masing-masing buku kerja tersebut memiliki beberapa komponen yang wajib dipenuhi oleh guru untuk melaksanakan tugasnya. 

Setiap guru berkewajiban mengumpulkan Buku kerja 1, Buku kerja 2 dan buku kerja 3 serta buku kerja 4 ke bagian kurikulum untuk disahkan dan ditandangani oleh kepala sekolah pada awal tahun ajaran. Administrasi guru ini bertujuan untuk memudahkan guru dalam melaksanakan kewajiban nya yang meliputi merencanakan, melaksanakan pembelajaraan dan evaluasi serta pengembangan diri dan publikasi ilmiah. 


RPP

RPP merupakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang akan dilaksanakan oleh guru di kelas.  RPP disusun oleh guru saat awal tahun pelajaran ditandatanagi dan disahkan oleh Kepala sekolah sebagai bukti kesiapan guru dalam mengajar. Silahkan download.

RPP 1 : Persamaan dan Petidaksamaan Kuadrat

RPP 2 : Pertidaksamaan Nilai mutlak

RPP 3 : Sistem Pertidaksamaan Linear

RPP 4 : Sistem Pertidaksamaan kuadrat

RPP 5 : Fungsi

RPP 6 : Trigonometri


KKM

KKM atau Kriteria Ketuntasan Minimal adalah ambang batas kelulusan peserta didik sebagai syarat untuk lulus atau tidak lulus terhadap suatu materi tertentu. KKM ini kelak akan menjadi panduan bagi guru untuk menentukan apakah siswa layak mendapatkan materi lainnya  atau harus mengulang materi atau remedial. Apabila siswa dalam satu kelas banyak yang tidak mencapai KKM maka guru harus mengevaluasi apakah proses KBM yang telah dilakukan sudah sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai? jika tidak maka perlu diadakan revisi terhadap cara mengajar maupun metode yang dilakukan. 

Buku kerja 2

Buku kerja 2 guru meliputi Kodeetik guru, Ikrar guru, tatatertib guru, Pembiasaan, kalender pendidikan, alokasi waktu, Program tahunan dan program semester. Untuk file buku kerja 2 silahkan download pada link berikut ya.

Adm Guru


Nah sampai disini apakah rekan-rekan bapak dan ibu guru telah memahami adm guru yang wajib dimiliki oleh setiap guru? Adm guru ini akan menjadi panduan bagi guru saat melaksanakan proses pembelajaran, hingga evaluasi pembelajaran. 

Adm guru yang meliputi buku Kerja 1, buku kerja 2, buku kerja 3 dan buku kerja 4 lengkap telah disampaikan di dalam postinga ini Silahkan dipergunakan sebagai mana mestinya tapi mohon jangan di copas postingan ini ya, demi keikhlasan dan kelancaran kita semua. 

Kode etik guru

Kode etik guru adalah aturan yang harus dijalankan oleh guru atau rambu-rambu yang harus diingat oleh guru saat menjalankan tugas dan fungsinya sebagai guru. Dalam kode etik guru mengikat aturan yang tidak boleh dilanggar dan tetap menjadi panduan bagi guru dalam kehidupan sehari-hari.

Guru sebagai seorang pengajar baik di lembaga pendidikan resmi maupun di lembaga kursus baik kursus online maupun offline sebaiknya juga mematuhi kode etik guru.

untuk link download Kode etik guru silahkan diunduh di sini.

Ikrar guru

Ikrar guru adalah janji atau ikrar yang akan mengiringi tugas guru saat menjalankan tugasnya mendidik. Guru tidak boleh mendidik dan mengajar semaunya tanpa ada janji yang sungguh-sungguh harus di ingat selalu.

untuk link download Ikrar Guru silahkan diunduh di sini.

Tata Tertib

Tata tertib guru adalah aturan yang berlaku untuk guru saat menjalankan fungsinya sebagai guru dan bertatap muka langsung dengan anak didiknya.

untuk link download Tata Tertib Guru silahkan diunduh di sini

Pembiasaan Guru

Pembiasaan guru dimaksud agar guru dapat membiasakan diri sebagai tenaga pendidik dimana saja berada tanpa paksaan dan sudah menjadi jiwa sebagai seorang pendidik

untuk link download Pembiasaan Guru bisa diunduh disini 

Administrasi Pembelajaran


Untuk memenuhi tugas nya guru harus membuat administrasi pembelajaran sebagai bukti pelaksanaan tugas KBM. Administrasi pembelajran memang tugas guru yang dicetak dan di buat guru saat mengajar. Tujuannya adalah untuk membantu guru mengorganisir semua tugas-tugas guru yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, pengembangan diri dan publikasi ilmiah. 

Bagi guru membuat administrasi pembelajaran adalah upaya untuk menyempurnakan tugas-tugas guru sehingga saat dilakukan evaluasi guru dapat menunjukkan bukti bahwa pembelajran telah dilaksanakan. Tugas membuat administrasi guru ini adalah kewajiban semua guru baik guru pelajaran matematika, bahasa, PKN, kesenian, maupun guru TIK yang membimbing siswa belajar teknologi komputer dan informatika. Baik belajar online mengikuti kelas online atau kelas reguler.


Kalender pendidikan

kalender Pendidikan adalah kalender yang diterbitkan oleh kepala sekolah atau dinas pendidikan dalam satu tahun pelajaran.Kalender pendidikan penting di ketahui oleh sekolah untuk mengambil kebijakan terkait dalam kebijakan-kebijakan di sekolah. 

untuk link download kalender pendidikan silahkan di unduh di sini

Alokasi waktu

Alokasi waktu adalah jumlah jam wajib mengajar dalam satu semester yang telah ditetapkan oleh kepala sekolah yang bersangkutan. Alokasi waktu akan menggambarkan berapa jam seorang guru bertatap muka dengan siswa, waktu libur maupun waktu tidak efektif selama satu semester.

Untuk link download Alokasi waktu silahkan diunduh di sini

Kelengkapan Administrasi Guru


Guru yang melaksanakan tugas dengan benar harus memiliki kelengkapan administrasi guru yang meliputi buku kerja 1, buku kerja 2, buku kerja 3 dan buku kerja 4. Pada postingan ini telah disampaikan semua bentuk kelengkapan administrasi guru. Silahkan dipergunakan untuk kelancaran proses belajar mengajar. 

Tugas guru meliputi perencanaan telah dibuktikan dengan adanya RPP, silabus, Prota, Prosem, Analisi KKM, analisis KI/KD, kemudian tugas guru selanjutnya yaitu melaksanakan proses pembelajaran yang diwujudkan dalam bentuk jurnal pembelajaran, jurnal kelas, absen siswa, alat tes alat penilaian. Serta pelaksanaan evaluasi yang dibuktikan dengan analisis butir soal dan hasil penilaian. Inilah kelengkapan administrasi guru yang wajib diketahui


Prota

Prota atau program tahunan adalah rancangan materi yang akan diberikan kepada siswa selama satu tahun pelajaran. Program tahunan menggambarkan berapa kali pertemuan dan siswa materi apa saja dan jadwal ulangan harian maupun penilaian akhir semester.

untuk link download Program Tahunan silahkan diunduh di sini 

Promes 

program semester atauPromes adalah rancangan materi yang diberikan kepada siswa selama satu semester dalam tahun pelajaran. Program semester akan memberikan gambaran bagi guru apa saja yang diberikan kepada siswa dan jadwal penilaian yang dilakukan selama satu semester.

untuk link download Program semester silahkan diunduh di sini.

Buku kerja 3


Buku 3 ini meliputi :

Absensi

Absensi adalah bentuk daftar hadir siswa yang wajib dimiliki oleh guru sebagai syarat dalam melakukan kegiatan pembelajaran di kelas. 


Jurnal


Jurnal guru adalah catatan kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru dalam rangka memenuhi tugas KBM. Jurnal diperlukan untuk melihat perkembangan materi yang disampaikan di kelas serta catatan tentang aktivitas dalam kelas. Link download jurnal guru

Penilaian

Penilaian adalah administrasi hasil belajar yang digunakan untuk mendokumentasikan hasil penilaian tiap kompetensi materi. Link download penilaian 

Daya serap

Daya serap adalah ketercapaian materi setiap mata pelajaran. Link Download Daya Serap 

Jurnal pembelajaran

Jurnal pembelajaran adaah jurnal yang diliki kelas untuk mendokumentasikan kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru.

Daftar buku guru/siswa

Daftar buku guru/siswa wajib dicantumkan sebagai referensi bagi siswa untuk belajar di rumah. Buku guru dan buku siswa bisa didapatkan secara gratis pada situs situs resmi kementrian pendidikan. Link download buku pegangan guru

Analisis butir soal 

Analisis butir soal digunakan untuk mengukur tingkat kesulitan soal soal buatan guru. Guru waib menganalisis soal-soal yang akan diberikan ke siswa berdasarkan hasil uji yang dilakukan kepada siswa. Link download analisis butir soal

Analisis ulangan harian

Analisis ulangan harian siswa dibuat bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa berapa persen ketercapaian materi dengan pemahaman siswa serta sebagai langkah bagi guru untuk memberikan materi pengayaan dan remedial. Link Analisis ulangan harian


Agenda Mengajar Guru

Agenda mengajar guru adalah bentuk dokumen yang berisi tentang kegiatan yang dilakukan guru pada satu semester. Agenda mengajar ini adalah rencana yang akan dilaksanakan guru dalam menuntaskan materi selama satu semester. Berisi tentang kompetensi dasar, hari/tanggal, kelas, pertemuan dan isi materi. Link download agenda mengajar

Soal dan kisi-kisi ulangan harian

Soal dan kisi-kisi ulangan harian dibuat oleh guru dengan tujuan agar siswa dapat mempelajari materi apa saja yang akan diujikan serta dapat menghindari kesalahan siswa dalam belajar untuk penilaian materi. Link Download 

Kelengkapan administrasi kelas


Selain administrasi yang harus dimiliki oleh guru kelengkapan administrasi kelas juga harus ada. Dalam kelas harus ada beberapa hal yang dapat membantu guru melaksanakan pembelajran. Kelengkapan administrasi kelas meliputi absen harian, daftar nama siswa, jurnal guru, jurnal kelas, daftar hadir, dll.

Biasanya kelengkapan administrasi kelas disusun dan dicetak oleh guru atau walikelas, kurikulum atau bagian tata usaha untuk kelancaran proses belajar mengajar atau administrasi. 

Buku kerja 4

Program evaluasi diri

Program evaluasi diri dibuat untuk mengukur apakah guru layak memberikan materi kepada siswa agar guru senantiasa membranding diri dan selalu mengupgrade diri. Program Evaluasi diri 


Program tindaklanjut


Program tindaklanjut adalah kegiatan yang dapat dilakukan oleh guru dalam rangka upgrade diri agar proses pembelajaran dapat sukses dan berhasil.

Demikian Kelengkapan administrasi guru yang wajib dipenuhi oleh guru untuk memenuhi administrasi guru. selamat mengajar dan mengabdi!

Part 2 Untuk Buku Kerja 3 dan 4 ya. 

2 comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.