Tentang Tanaman-tanamanku Pelepas Lelah

Konten [Tampil]


Hmm...

Udara pagi ini terasa sejuk sekali, angin sepoi-sepoi bertiup menggoyang-goyangkan lembut daun kacang panjang yang kian memanjang menjulurkan sulurnya.


Sulur-sulur melilit ranting kayu yang sengaja ditanam seiring dengan bertambah besarnya pertumbuhan tanaman itu. Yah, sulur aja butuh tempat berpegang masa kamu tidak (Halah..).



Pertumbuhan kacang panjang seakan berlomba dengan tanaman tomat dan cabai. Tingginya sekarang sudah mencapai pagar bahkan melebihi batas pagar.



Tadinya niatku mau menanam sayuran seperti terong, tomat, kacang panjang, eh ternyata oleh emak justru ditambah dengan bibit bunga matahari. Nah, karena pertumbuhan bunga matahari cepat banget jadinya yang lain malah terlihat mengalah.
Tapi untung saja beberapa tanaman tomat, cabe sudah lebih dahulu berkembang dan meninggi jadi cukup bertahan dengan sesaknya beberapa tanaman dalam satu area.



Tidak seberapa luas kok lahannya, malah terlihat seperti numpang hidup. Jadi ceritanya didepan rumah ada selokan yang selalu saja terlihat penuh dengan tanah, maklumlah rumah kami berada di pinggir dan sudut jadi sebagai tempat penampungan selokan sebelum menuju ke bawah. Tanah-tanah tersebut jika dibiarkan akan mendangkalkan selokan dan menghambat aliran air kan? Sehingga aku punya inisiatif mengangkat tanah tersebut ke atas.



Eh, ternyata tanah itulah sumber dari suburnya tanaman-tanaman di samping rumah. Ada kacang panjang, tomat, cabai, bunga matahari, pepaya, jambu bahkan kangkung dan bayam.

Pertumbuhan tanaman tersebut sangatlah cepat. Belum sebulan tingginya bahkan sudah melampaui pagar pembatas rumah. Daunnya besar-besar dan terlihat sehat.



Satu persatu tanaman sudah mulai berbunga dan berbuah. Seperti tomat apel, tomat cung, terong hijau panjang, bahkan latest sudah terlihat berbunga.

Aku senang sekali melihatnya, sangat menyegarkan pikiran dan melepas kepenatan. Apalagi saat sore hari selepas pulang kerja, melihat tanaman tumbuh subur rasa lelah hilang seketika.


Beberapa hari ini Ghaisan senang sekali melihat tanaman dan memetik buahnya, yah ternyata cabe sudah mulai memerah. Beberapa kali ia terlihat bahagia banget saat melihat cabe mulai merah itu artinya saat pulang sekolah tujuan pertamanya adalah memetik cabe dan menyimpannya di dapur.

Semoga tanaman-tanaman ini tetap menjadi teman keluarga kami, menghijaukan rumah kami dan melepas Segala kepenatan kami sekeluarga.

No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.