Macam-macam Tumpeng yang perlu Diketahui



Sudah menjadi tradisi jika tumpeng adalah salah satu yang utama saat perayaan tertentu baik itu Ulang tahun, peresmian suatu gedung hingga penanda dibukanya suatu acara.

Tumpeng identik dengan momen sakral yang akan menjadi penanda suatu acara, momen ini ditandai dengan acara pemotongan puncak tumpeng oleh pemimpin tertinggi yang ada di acara tersebut.

Membuat tumpeng cukup mudah lho, bisa dengan bahan-bahan yang biasa kita pergunakan untuk sayuran atau jika tidak mau repot saat ini sudah banyak sekali jasa pesan nasi tumpeng untuk kebutuhan acara Anda.

Dalam perjalanan sejarah tumpeng banyak sekali kreasi tumpeng yang dapat menjadi inspirasi dalam penyajiannya.

Tumpeng nasi kuning

Tumpeng nasi kuning sudah umum dibuat untuk acara-acara seperti ulang tahun, peresmian acara tertentu. Tumpeng nasi kuning terbuat dari beras putih yang dimasak dengan tambahan kunyit. Sedangkan pelengkap nasi tumpeng antara lain berbagai macam sayur yang diolah dengan berbagai jenis masakan. Ayam panggang, berbagai sambal, urap, dan lalapan.

Nasi tumpeng dibentuk menyerupai kerucut sehingga ujungnya lancip. Cara membentuknya bisa dengan memadatkan nasi kuning lalu membuat bentuk kerucut atau bisa juga dengan bantuan alat berbentuk kerucut nasi kuning lalu dimasukkan ke dalam wadah tersebut dan dibentuk di atas sebuah nampan.

Tumpeng buah

Tumpeng buah biasa digunakan dalam acara ritual keagamaan. Dalam budaya Hindu tumpeng buah dibuat sebagai bentuk syukur atas anugerah hasil panen berupa buah-buahan saat musim panen raya. Buah akan disusun menyerupai bentuk kerucut sehingga membentuk menyerupai menara yang indah.

Tumpeng sayuran

Tumpeng sayuran biasa digunakan oleh masyarakat tertentu yang mengadakan upacara keagamaan maupun bentuk rasa syukur atas hasil bumi. Biasanya tumpeng sayuran disusun menyerupai bentuk kerucut yang terdiri dari aneka sayuran. Rangkaian tumpeng akan terlihat sangat cantik apalagi dengan perpaduan warna warni sayur mayur.

Tertarik dengan berbagai jenis tumpeng diatas? tumpeng-tumpeng tersebut bukan tercipta dengan sendirinya, tentu ada sejarah yang mengiringinya. Mari kita lestarikan budaya negeri agar semakin kaya khasanah budaya di Indonesia.

Di berbagai daerah tanah air nasi tumpeng sudah menjadi lahan bisnis juga lho, misalnya daerah Ibukota yang memiliki penduduk dari berbagai status sosial, saat ini sudah sangat umum jika acara-acara tertentu selalu membutuhkan tumpeng sebagai penanda dimulainya atau dibuka suatu kegiatan maupun tempat usaha. Olehkarena itu Anda bisa menggunakan jasa pesan nasi tumpeng jakarta untuk kebutuhan tersebut. Begitu juga dengan daerah lainnya jasa pesan nasi tumpeng selalu akan menjadi lahan bisnis baru yang menjanjikan.

1 comment

  1. Biasanya dikantor kalo ada acara resmi, aku selalu pesenin tumpeng utk makanannya :) . Walopun udh setahun ini blm pesan lagi, krn bosku minta menu lain. Bosan juga dia tumpeng mulu tiap acaara :D. Tp aku pernah beli tumpeng utk acara ultah suami di kantor, dan itu unik sih. Wrna biru nasinya karena pake daun teleng. Jd unik aja , beda dari biasanya yg berwarna kuning

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.