Belajar Mencintai Alam dari ART and BRI



Mulanya tidak sengaja menemukan akun YouTube keluarga yang menurutku sangat menarik. Berawal dari kesukaanku dengan kebun dan semua yang bernuansa hijau, sehingga saat itu tertautlah ke sebuah akun you tube menarik dan sangat Kusuka.

ART and ATM

Adalah akun YouTube keluarga yang menceritakan tentang kehidupan mereka di suatu desa. Mereka memiliki 5 anak yang masing-masing anak pertama kira-kira berumur 8 tahun, yang kedua 6 tahun, yang ketiga, 4 tahun, yang kedua 3 tahun dan yang paling kecil sekitar 11 bulan.

Kehidupan mereka sangat damai, kehidupan sehari-hari sebagai petani membuat ku sudah menyukai aktivitas keluarga ART and BRI ini. Seperti kehidupan petani pada umumnya mereka menopang semua kehidupan nya sehari hari dengan tanah yang mereka miliki.

Hidup di negara 4 musim tentunya mereka mesti memiliki proteksi dan ketahanan terhadap anak aman cuaca. Seperti saat musim dingin dan musim gugur tiba, dimana semua tanaman mati dan tak dapat bertahan maka keluarga ART dan BRI memiliki cara sendiri dalam mengawetkan makanan dan persediaan hingga berakhir musim musim tersebut.

Membeli sepasang Kambing

Keluarga ART and BRI memiliki ternak-ternak yang mereka sayangi sepeti keluarga mereka sendiri. Dalam sebuah video diceritakan saat pertama mereka membeli dua ekor kambing yang sedang mengandung dari sebuah keluarga peternak lain. Keluarga ART dan BRI membawa serta anak-anaknya untuk menjemput kambing itu. Mobil keluarga mereka dibuat kan tempat di bagian belakang sebagai tempat untuk membawa kambing tersebut. Wow betul betul speechless dalam mobil keluarga mereka ada lima anak dengan bayi didalam sebuah stroller, lalu dengan dua kambing nya benar benar sebuah aktivitas yang menarik. Di perjalanan mereka harus membeli jerami sebagai tempat kambing tersebut di kandang, lalu pakan satu karung. Sehingga mobil tersebut sangat sesak haha. Tapi mereka bahagia anak-anaknya juga terlihat enjoy dengan suasana seperti itu.

Saat sudah sampai di rumah, mereka lalu membawa kambing kambingnya ke dalam kandang, memberikan air minum di tempatnya serta memberikan makan, yang membuat menarik adalah setiap aktivitas beternak selalu melibatkan semua anak anaknya. Mulai dari yang masih bayi hingga anak tertuanya, sikap penyayang terhadap hewan peliharaan terlihat saat mereka berinteraksi dengan hewan peliharaan mereka.

Pada episode lainnya diceritakan tentang persediaan susu mereka sudah habis. Tapi untung saja kambing kambing mereka ada yang menyusui sehingga mereka mendapatkan susu kambing dari memeras salah satu kambing tersebut.

Meskipun hasil perahan sedikit tapi tetap dapat dibagi dengan ke 7 anggota keluarganya. Satu orang tak lebih dari seperlima dari gelas. Tidak sampai setengah gelas bahkan seperempat pun tak sampai.

Mengolah hasil panen

Keluarga ART dan BRI menanam berbagai tanaman pangan di tanah yang mereka miliki. Tak jauh dari rumah nya ada jagung, kentang, buncis, tomat, paprika, labu, dan sayuran lainnya. Beberapa video memperlihatkan aktivitas keluarga ART AND BRI mulai menanam, hingga memanen.

(bersambung)

No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.