Destinasi Wisata Liburan di Bali yang dapat menjadi tujuan Anda bersama Keluarga

Siapa yang sudah pernah ke  Bali? Pasti kamu mau kaan ke Bali? Pastinya dong ya. Bali itu merupakan  provinsi di Indonesia yang terletak di salah satu di Kepulauan Nusa Tenggara. Bali juga   termasuk salah satu daerah yang memiliki keistimewaan tersendiri yang tidak dimiliki oleh daerah lainnya di Nusantara. 

Bali memiliki anugerah alam sekaligus potensi budaya dan masyarakat yang sangat menarik untuk dikunjungi. Dengan luas 5.633 km persegi atau sekitar 0,29% dari luas kesatuan Republik Indonesia Bali memegang peranan penting dalam promosi budaya dan potensi alam Indonesia di mancanegara.

Wisata bali
Sumber :pixabay



Secara geografis provinsi Bali terletak pada 8°3'40'' - 8°50'48" Lintang Selatan dan 114°25'53"-115°42'40" Bujur Timur dengan sebelah Utara berbatasan dengan Laut Bali, sebelah Timur berbatasan dengan Selat Lombok sebelah Selatan berbatasan dengan Samudera Indonesia dan sebelah Barat berbatasan dengan selat Bali.

Provinsi Bali terbagi menjadi delapan kabupaten dan satu kota. Yaitu kabupaten Jembrana, Tabanan, Bandung, Gianyar, Karangasem, Klungkung, Bangli, Buleleng, dan Kota Denpasar.

Wisata alam

Bali memiliki wisata alam yang indah memukau. Wisata Bali termasuk yang lengkap mulai dari pantai, pegunungan, bukit hingga hutan. Tak heran jika wisatawan yang berkunjung ke Bali bertambah setiap tahunnya. Alam Bali sungguh indah, ada pantai dengan panorama laut dan dukungan pembangunan pemerintah serta swasta yang bahu membahu menjadikan Bali menjadi tempat indah nan menawan.

Selain pantai alam Bali menyediakan persawahan yang dapat menjadikan pengalaman berlibur Anda ke Bali menjadi sangat menyenangkan, persawahan dengan sistem terasering karena mengikuti kontur tanah Bali yang berundak-undak akan sangat indah terlihat. Selain itu perumahan di Bali sangat erat dengan alam masyarakat Bali membuat hunian menyatu dengan alam dengan ciri khas tanaman hias yang diatur sedemikian rupa sehingga menjadi indah terlihat.

Tempat wisata di Bali yang tidak boleh Anda lewati antara lain Pura Luhur Uluwatu, Seminyak, Mandala wisata menara, Pantai Sanur dan Gunung Batur.

Pura Luhur Uluwatu

Wisata ini merupakan tempat peribadatan umat Hindu, namun terbuka untuk umum, di lokasi Pura Hindu Kuno dengan pemandangan laut, posisi pura tepat berada di atas tebing dengan menghadap ke laut. Pura Luhur Uluwatu berada di wilayah Desa Pecatu kecamatan Kuta Badung.

Seminyak

Terletak di Kecamatan Kuta kabupaten Badung Bali Indonesia Seminyak memiliki pantai yang indah memukau. Di lokasi ini banyak berdiri resort, hotel, restoran, kafe dan bar yang dapat dikunjungi oleh wisatawan dengan tarif yang beragam.

Beberapa pantai yang terkenal di daerah Seminyak antara lain Pantai KuDeTa, Pantai Seminyak, pantai Double Six yang sering dikunjungi para wisatawan dari berbagai negara.

Mandala Suci Menara Wana


Wisata bali
Sumber :pixabay

Lokasi ini merupakan cagar alam dan kompleks candi. Hewan Monyet yang hidup di tempat ini merupakan daya tarik wisatawan dan dapat Anda abadikan atraksi lucunya.Sekitar 749 ekor monyet ekor panjang hidup dan dipelihara disini.


Lokasi beralamat di Jl. monkey Forest, Ubud, kec. Ubud Kabupaten Gianyar Bali 80571. Lokasi dibuka pukul 7.30 sampai 17.30 wib.

Pantai Sanur

Wisata bali
Sumber :pixabay



Pantai Sanur adalah salah satu tujuan wisata yang direkomendasikan karena memiliki ombak yang cukup tenang, sehingga bisa dijadikan tempat untuk bersantai bersama keluarga.

Untuk menuju lokasi Anda bisa tempuh dengan pesawat udara menuju bandara Ngurah Rai selanjutnya dapat menggunakan kendaraan darat seperti taxi, menuju ke arah timur Kota Denpasar.

Gunung Batur

Wisata bali
Sumber : pixabay


Apabila Anda memiliki nyali untuk berwisata di pegunungan maka Gunung Batur tempatnya, terletak di kabupaten Bangli Bali Indonesia gunung Batur memiliki ketinggian 1717 m dengan status gunung api aktif.

Selain pemandangan kaldera di gunung Batur terdapat kolam air panas yang dapat dikunjungi masyarakat. Pada pagi hari Anda akan melihat pemandangan gunung yang sangat indah dibalut awan putih tebal dengan udara dingin yang cukup menusuk tulang.

Untuk menuju lokasi wisata Gunung Batur Anda dapat menggunakan kendaraan darat dari bandara Ngurah Rai Denpasar sekitar 2 jam perjalanan.

Air Terjun Nung Nung

Air Terjun Nung Nung terletak di Banjar Nungnung Desa Pelaga Kecamatan Petang Kabupaten Badung Bali. Lokasi wisata air Terjun Nungnung sangat asri dengan curahan air Terjun yang sangat cantik. Pengunjung dapat berwisata sekaligus mandi di curahan air Terjun Nungnung yang mencapai 50 meter.

Lokasi Air terjun Nungnung cukup tinggi terletak 900 meter di atas permukaan air laut. Sehingga suhu cukup dingin.

Untuk menjangkau lokasi pengunjung dapat menempuh perjalanan darat sekitar 1,5 jam atau kurang-lebih 45 km dari kota Denpasar. Lokasi cukup mudah dijangkau, apabila sudah berada di Desa Pelaga akan ada jembatan Tukad Bangkung yang merupakan penanda menuju lokasi air Terjun. Kurang lebih 5 km mengikuti arah papan penunjuk maka Anda akan sampai ke lokasi dengan mudah. Terdapat anak tangga yang harus Anda lewati agar dapat ke lokasi air Terjun, jangan khawatir apabila Anda lelah di perjalanan tersedia gazebo dan toilet umum untuk beristirahat.

Pura Ulun Danu Beratan Bedugul

Wisata ini merupakan sebuah pura yang merupakan tempat peribadatan umat Hindu. Ada candi air besar yang dapat Anda kunjungi dan diabadikan di lokasi wisata.

Lokasi Pura Ulun Danu Beratan terletak di Danau Beratan Candi kuning Baturiti Tabanan Regency Bali 82191. Pengunjung dapat menikmati panorama alam pura yang terdapat di sekeliling danau. Untuk menuju lokasi pengunjung dapat mencoba naik perahu dengan pemandangan taman air yang sangat indah.

Nusa Lembongan

Apabila Anda memiliki nyali yang cukup besar sebaiknya mencoba menjajal tempat wisata Nusa Lembongan yang memiliki daya tarik tersendiri yaitu pulau kecil dengan pemandangan alam laut dan pantai yang indah. Pemandangan pantai dan ombak yang membentur karang di Nusa Lembongan akan menjadi pemandangan indah tak bisa Anda lupakan.

Di Nusa Lembongan Anda dapat melakukan  snorkeling dan diving dengan pemandangan bawah laut yang indah. Air yang jernih serta laut uang bersahabat adalah kondisi yang sangat mendukung untuk melakukan aktivitas diving.

Untuk menuju lokasi Anda dapat menggunakan perahu atau kapal yang banyak disewakan untuk menuju Nusa Lembongan dari pelabuhan Benoa dan Pantai Sanur.

Goa Gajah

Goa Gajah merupakan Goa yang biasa digunakan sebagai tempat ibadah, ada relief kuno dewa Hindu yang diperkirakan dibangun abad ke-9. Goa Gajah terletak di Desa Bedulu kecamatan Blahbatu kabupaten Gianyar Bali. Terletak sekitar 27 km atau sekitar 1 jam dari Denpasar Bali.

Goa Gajah memiliki keunikan antara lain : pintu masuk yang hanya dapat dilalui oleh satu orang, terdapat tujuh patung widyadara-widyadari yang sedang memegang air suci yang merupakan simbol dari tujuh sungai di India sebagai tempat kelahiran agama Hindu dan Budha.


Wisata Budaya


Budaya Bali erat kaitannya dengan ritual keagamaan. Masyarakat Bali menganut agama yang majemuk, ada Hindu, Islam, Budha, kristiani, dll. Mereka hidup berdampingan tanpa saling terusik. Mayoritas masyarakat Bali asli menganut Hindu yang kental. Mereka menjadikan alam Bali sebagai bagian dari tempat peribadatan, di berbagai sudut tak sulit kita menemukan bangunan Pura yang merupakan tempat peribadatan mereka. Ritual keagamaan umat Hindu di Bali dijadikan sebagai momen spesial dan dijadikan sebagai acara resmi yang mendatangkan tamu bersalah dari wisatawan mancanegara.

Berikut ini Destinasi Wisata Liburan di Bali yang dapat menjadi tujuan Anda bersama keluarga yakni berwisata budaya di Bali antara lain : 

Tirta Gangga

Tirta Gangga adalah bekas istana kerajaan yang terletak di bagian timur pulau Bali. Lokasi ini merupakan area spiritual dan taman yang elegan yang dikelilingi mata air alami.

Pengunjung dapat melakukan aktivitas renang dan piknik serta mengabadikan lokasi Tirta Gangga yang sangat indah.


Tirta Gangga terletak di Jalan Raya Abang Desa Adat, Ababil kabupaten Karangasem Bali. Untuk menjangkau lokasi Anda bisa menggunakan kendaraan umum.

Turis dari berbagai negara mengenal Bali dari budaya nya dan sering mengabadikan budaya Bali yang sangat sakral tersebut sebagai bahan jurnalisme mereka dan dipublikasikan di dalam dan luar negeri. Hal ini tentunya sangat menguntungkan bagi pulau Bali khususnya maupun Indonesia umumnya, masyarakat dunia mengenal Bali menjadi destinasi wisata yang patut di kunjungi.

Apalagi dengan adanya media sosial seperti saat ini, yang setiap orang punya media sosial dan bisa saja mempublikasikan dengan cara mereka masing-masing tentu lebih menguntungkan bagi Bali dan Indonesia khususnya.

Nah, untuk itu dukungan dari berbagai pihak sangat diperlukan guna menjadikan Bali sebagai tempat wisata yang aman untuk dikunjungi.

Salah satu fasilitas yang harus dimiliki oleh daerah wisata adalah sarana akomodasi yang harus memadai. Yakni keberadaan Hotel di Bali yang harus lengkap, dan terjangkau.


Wisata Religi

Untuk menambah lengkap Destinasi Wisata Liburan di Bali yang dapat menjadi tujuan Anda bersama keluarga, Nah, Selain wisata alam dan wisata budaya, di Bali banyak juga ditemukan wisata religi. Hampir setiap waktu tertentu ada upacara agama Hindu yang dilaksankan di berbagai tempat peribadatan di Bali. 

Taman Ayun Temple

Wisata Taman Ayun Temple adalah tempat ibadah umat Hindu yang berlokasi di jalan Ayodya kecamatan Mengwi Badung Bali. Di lokasi ini pengunjung dapat menikmati pemandangan yang indah dari pura yang dikelilingi kolam pemandian  serta taman yang indah.

Kompleks pura bertingkat-tingkat khas bangunan pura Bali. Relief pada bangunan pura sangat apik karya para pemahat patung yang profesional.

Untuk menuju lokasi wisatawan dapat menggunakan kendaraan darat seperti taxi, angkutan umum online dari Denpasar ke Singaraja - Bedugul selanjutnya berhenti di desa Mengwi untuk menuju lokasi yang berjarak sekitar 250 meter.


Di waktu tertentu umat masyarakat setempat sering menggelar upacara adat serta pertunjukan tari tradisional.

Pura Besakih

Pura Besakih terletak di Desa Besakih kecamatan Rendang Kabupaten Karangasem Bali Indonesia. Di lokasi ini sering dilakukan upacara keagamaan dan festival yang dapat menjadi tontonan menarik wisatawan.

Pura Besakih adalah salah satu pura terbesar di Bali dan merupakan tempat menarik dikunjungi para wisatawan mancanegara. Lokasi ini sangat sakral dan terdapat banyak benda sakral yang dijadikan tempat sembahyang umat Hindu.


Hotel-Hotel di Bali

Tempat wisata tak lengkap rasanya jika tidak memilih hotel. Hotel adalah salah satu penunjang tempat wisata agar mudah untuk dikunjungi wisatawan baik lokal maupun internasional.

Hotel di Bali memiliki banyak kelas sesuai dengan budget wisatawan. Seperti hotel kelas melati, hingga berbintang lima.

Pengalamanku saat memilih hotel untuk liburan antara lain :

Pilih hotel yang satu lokasi dengan tempat berlibur yang akan dituju, karena hal ini memudahkan kita untuk mengakses lokasi. Pastinya liburan kan sangat identik dengan suasana ramai pengunjung jadi jika lokasi hotel berada di lokasi wisata kita menghindari macet perjalanan. Hitung-hitung bisa berjalan kaki dan mengabadikan sekitar tempat wisata.

Booking hotel yang ada fasilitas extra bed apabila kita mengajak serta keluarga. Yah bisa untuk penghematan juga kaan? Namun kalau Anda memiliki budget lebih besar tidak ada salahnya memesan lebih dari satu kamar, namun perlu juga mempertimbangkan usia anak nih jika kita memilih memisah dengan kamar anak. Untuk anak dibawah 7 tahun sebaiknya tidak dibiarkan kamar sendiri kecuali ada saudara/pendamping yang lebih besar.

Nah, untuk pengalaman berlibur maksimal Traveloka memang pilihan yang tepat. Fitur-fitur nya sangat memudahkan perjalanan kita. Antara lain :

Pilihan hotel lengkap mulai dari kelas melati hingga berbintang.

Akses transportasi mudah, ada layanan mobil jemputan dari bandara ke hotel.

Booking tiket pesawat dan hotel bisa jauh jauh hari sehingga kita bisa memaksimalkan perjalanan tanpa membuang banyak waktu saat mencari hotel.

Fitur Baru Traveloka



Saat ini Traveloka terus menjadikan pengalaman berlibur pelanggan menjadi lebih menyenangkan dengan menyediakan fitur -fitur baru loh. Diantaranya fitur family friendly yaitu untuk pelanggan yang memilih berlibur bersama keluarga. Fitur ini menyediakan informasi hotel yang memiliki fasilitas yang nyaman untuk anak, ramah anak, pilihan extra bed hingga arena bermain anak.

Selain itu ada fitur plihan villa atau apartemen untuk Anda yang menginginkan berlibur lebih privasi. Lokasinya juga sangat strategis dengan tempat wisata yang dituju.

Berikut ini hotel-hotel di Bali yang dapat Anda jadikan tempat bermalam untuk menikmati liburan Anda dengan tarif yang terjangkau:

Hardys Rofa Hotel

Hardys Rofa Hotel terletak di Jalan Nakula Timur  No. 9 Legian Kuta Bali Indonesia 80361 dengan tarif mulai dari Rp 245.250/malam.

Horison Legian

Terletak di Jl. sunset Road no.150 Legian Kuta Bali Indonesia 80361 dengan tarif mulai dari Rp 365.000/malam.

Atanaya Kuta Bali

Terletak di Jalan Sunset Road 88 A Kuta Badung Bali Indonesia 80361 dengan tarif mulai dari Rp 445.000/malam.

The Aliya Seminyak Hotel

Terletak di Jalan Cendrawasih no. 78 Petitenget Seminyak Kuta Bali Indonesia 80361 dengan tarif mulai dari Rp 327.081,/malam.

Berry Biz Hotel

Terletak di Sunset Road No.99 Legian Kaja Kuta Bali Indonesia 80361 dengan tarif Rp 249.000 / malam.

The One Legian

Terletak di jalan Legian No 117 Badung Bali Indonesia  80361 dengan tarif Rp 760.450/malam.

Selain Hotel-hotel yang telah diulas diatas Anda dapat memilih hotel murah di Kuta Bali dengan tarif yang terjangkau. Mulai dari 200 ribuan hingga 500 ribu/malam, Pilihan kamar juga sangat bervariatif, jangan khawatir jika Anda mengajak serta keluarga Anda bisa mendapatkan kamar yang sesuai dengan keinginan Anda. 


Mesjid di Bali

Apabila Anda seorang muslim, tak lengkap rasanya jika belum mengunjungi mesjid-mesjid di Bali. Anda dapat juga berwisata religi dengan mengunjungi mesjid -mesjid di Bali untuk menyempurnakan ibadah Anda. Berikut daftar mesjid-mesjid di Bali yang dapat Anda kunjungi saat berlibur di Bali. 

  • Mesjid Ar-Rahmat Kuta Bali. Mesjid ini terletak di Jl. raya Kuta No.75
  • Mesjid Agung Sudirman. Mesjid ini terletak di Jl. Slamet Riyadi
  • Mesjid Al-Mujahidin Kuta Bali. Mesjid ini terletak di Jalan Raya Kuta Gang Rai Yasa No.10
  • Mesjid Baiturrahman. Terletak di J. Ahmad Yani Bali
  • Mesjid Baitul Makmur, Monang Maning Bali
  • Mesjid Ahmad Dahlan SMU Muhammadiyah I, Jl. Batanta Denpasar, Bali
  • Mesjid Nurul Huda, Bandara Ngurah Rai Bali
  • Mesjid Agung Sudirman, Jl. PB Sudirman, Denpasar, Bali
  • Mesjid An-Nur Terletak di Jalan Diponegoro Denpasar Bali

Nah, bagaimana sudah siap untuk berlibur di Bali? Siapkan destinasi wisata liburan di Bali bersama Traveloka. Anda bisa memesan tiket, hotel dan kendaraan darat dalam satu paket liburan hemat tanpa ribet? Selamat menikmati Destinasi wisata Liburan di Bali yang dapat menjadi tujuan Anda bersama Keluarga

Selamat berlibur

2 comments

  1. ya ampuuuun lengkap bangettt mbaaa :D. akutu tiap thn pasti ke bali, acara kantor. tapiiiii krn dibiayain kantor, mau ga mau , ga bisa milih tempat wisata :(. mentok2 ubud, ama denpasar. itu doang. sampe bosan sih kadang. tapi setidaknya kuliner di sana enaj2, jd agak sedikit terhibur walopun tempat yg didatangin itu lagi itu lagi :D

    ReplyDelete
  2. Bali, always dan selalu jadi tempat wisata favorit. Banyak tempat wisata dengan pemandangan luar biasa, kulineran lengkap, dan mudah pula akomodasi, apalagi kalau pesannya lewat Traveloka

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.