tradisi buka puasa di Rumah dari Zaman Baheula #1

Hmmm topik pertama nih yaitu tentang berbuka puasa. Siapa yang selalu rutin berbuka puasa di rumah?

Tradisi berbuka puasa



Cunggg

Buka puasa di rumah dan segala kerepotan di dalamnya adalah tradisi unik yang tidak tergantikan. Biasanya mulai ke dapur pukul 15.30 bada Ashar.

Berikut daftar kegiatan persiapan berbuka puasa :

Masak air

Nah ini adalah aktivitas yang wajib dilakukan untuk persiapan berbuka puasa. Air panas adalah salah satu yang dicari oleh penghuni rumah saat berbuka puasa. Karena berbuka tanpa air hangat tak nyaman di tenggorokan.

Aku memasak air satu dandang besar untuk persediaan minuman. Memang di rumah ada galon air minum isi ulang namun tidak rutin aku isi karena lebih nyaman jika minum air yang dimasak sendiri. Suami juga sering menganjurkan agar air minum dimasak sendiri hingga mendidih agar steril dan aman buat anak anak.

Prepare menu

Kegiatan berikutnya adalah prepare menu masakan yang akan di eksekusi saat berbuka puasa. Biasanya, Aku memasak makanan ada 2/3 menu yang disukai oleh suami dan anak-anak. Karena suami Diyan masakan pedas sementara anak anak tidak terlalu menyukainya jadi mesti membuat menu lebih dari satu.

Prepare menu biasanya mulai dari mengupas bawang-bawangan, bumbu kasar seperti lengkuas, kunyit, jahe, ketumbar dan merica. Kemudian memilahnya berdasarkan menu yang akan dimasak.

Selanjutnya kegiatan menggiling bumbu, iris mengiris dan cincang bumbu jika diperlukan. Aku terbiasa menyiapkan semua bumbu baik bumbu giling maupun bumbu cincang saat akan memasak di atas kompor.

Menu berbuka

Untuk menu berbuka puasa biasanya di rumah menyediakan minuman dan makanan kecil. Minuman terdiri dari teh hangat dan es buah. Ada wadah besar yang sengaja aku gunakan sebagai tempat membuat es buah karena minuman ini adalah favorit anak-anak. Sedangkan suami biasanya cukup dengan satu gelas besar teh hangat dan kue sepotong.

Jika sedang mood atau memiliki bahan yang tersedia di dalam kulkas biasanya menu berbuka akan lebih lengkap dengan hadirnya makanan semi berat seperti rujak mie, soto atau mie celor. Namun tak setiap hari menu seperti ini cuma hari tertentu saja.

Nah kalau sudah makanan berat biasanya anak anak sudah sulit diajak solat tarawih, maka untuk menyiasatinya setelah berbuka puasa dengan yang ringan maka mereka aku arahkan untuk makanan berat seperti nasi dan lauk agar waktu istirahat menjelang solat tarawih lebih panjang.

Menu makanan berat

Makanan berat yang saya maksud adalah makanan pendamping nasi. Di rumah memang harus selalu sedia nasi dan lauk, namun karena kebanyakan menu biasanya anak anak menjadi malas makan nasi dan memilih untuk melahap menu berbuka hingga kekenyangan. Aku tidak menganjurkan hal ini karena mereka tetap butuh makanan berat agar cukup tenaga.

Nah, setelah selesai menyantap menu berbuka puasa sekaligus makan malam kami beristirahat sejenak sambil mempersiapkan diri untuk solat tarawih.

Kalau kamu apa rutinitas di bulan Ramadhan ini?

No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.