20 Pondok Pesantren Terbaik di Bengkulu

Sudahkah Ayah Bunda memilihkan pendidikan terbaik untuk putra putrinya? Jika pilihan Ayah Bunda untuk putra-putri memasukkan ke Pondok Pesantren tentu pilihan ini adalah pilihan yang baik, namun yang perlu diperhatikan adalah kita wajib memberikan pengertian kepada putra putri kita agar mereka dengan senang hati memilih pesantren sebagai tempat mereka menuntut ilmu dan bukan dengan cara terpaksa. Nah, inilah 20 Pondok Pesantren Terbaik di Bengkulu yang wajib Anda ketahui



Pondok Pesantren Islam Internasional Terpadu Rabbani 




Pondok Pesantren Islam Internasional Terpadu Rabbani Ponpes IIT Rabbani terletak di Jalan lintas Tugu Hiu Pondok Kubang tepatnya di desa Dusun Baru I Bengkulu Tengah.

Pesantren ini memiliki dua gedung utama yakni pesantren IIT Rabbani putra dan Pesantren IIT Rabbani putri. Letak kedua gedung terpisah sekitar 2 kilometer. 

Saat ini santri pesantren IIT Rabbani putra menempati gedung utama dengan bangunan yang terdiri dari bangunan utama, ruang kelas, asrama, dan mesjid. Gedung yang terdiri dari 4 lantai ini masih dalam tahap renovasi dan dalam waktu dekat akan dibangun ruang belajar yang kondusif untuk santri.

Pendaftaran masuk pesantren IIT Rabbani biasanya dimulai saat libur semester ganjil setiap tahunnya dengan biaya pendaftaran sebesar 350 ribu rupiah per santri. Santri akan melewati tes baca Alquran, bacaan solat, pengetahuan agama, pengetahuan umum serta wawancara dengan orang tua wali sebelum resmi dinyatakan lulus menjadi santri IIT Rabbani.

Pondok Pesantren Al-hasanah 

Lokasi pesantren terletak di Jalan Talang Pauh Pasar Pedati Pondok Kelapa Bengkulu Tengah. Pesantren ini menerima santri putra dan putri yang berasal dari SD/MI sederajat. 

Pondok Pesantren Al-hasanah termasuk pondok pesantren tua yang ada di Bengkulu. Telah banyak lulusan dari pesantren ini yang sudah berhasil dan sukses mengabdi ke masyarakat.

Program unggulan pesantren Al-hasanah adalah pembinaan tahfidz Qur'an, pendidikan karakter, akhlak, dan kompetensi anak baik di bidang olahraga dan seni.

Pembukaan pendaftaran pondok pesantren Al-hasanah adalah

Pondok Pesantren Alquran Al-fida 




Terletak di Jalan Santai. Parman 6 Kelurahan Padang Jati kelurahan Ratu Samban Kota Bengkulu. Pesantren Alquran Al Fida memiliki program unggulan yakni Tahfidzul Qur'an dan telah meluluskan santri hafidz Qur'an 30 juz tiap periode tahun ajaran. 

Pesantren Al-fida merupakan pesantren Alquran dibawah naungan yayasan Al-Fida yang dipimpin oleh Ust. Dani Hamdani. 

Sejak didirikan pesantren AlFida hingga saat ini berhasil meluluskan santri tahfidz 30 juz dengan predikat yang sempurna. 

Pondok Pesantren Harsalakum

Pondok pesanteren Harsalakum terletak di Jalan Hibrida raya RT.9 RW.02 kelurahan Pagar Dewa Kecamatan Selebar Kota Bengkulu. Pondok pesanteren ini menerima santri dan santriwati lulusan SD/MI yang akan dididik pada jenjang MTS dan SMP.

Pondok Pesantren yang didirikan pada tahun 2000 dan mulai menerima santri dua tahun kemudian ini menerapkan kurikulum madrasah dan kurikulum pondok. Sistem pendidikan pondok yng diadopsi langsung dari sistem pendidikan dari luar negeri khususnya karena pendiri pondok pesanteren ini adalah alumni kampus ternama Al-Azhar Mesir. Oleh karena itu santri dididik untuk memiliki kemampuan bahasa Arab yang baik.

Prestasi yang telah ditorehkan pondok pesantren Harsalakum beragam mulai dari lomba MTQ, Pidato bahasa Arab, dan Bahasa Inggris, kaligrafi, marawis dll.

artikel terkait : 20 Pondok Pesanteren Terbaik dan Terlengkap di Bengkulu

Pondok Pesantren As-salam

Terletak di jalan Depati Payung Negara kelurahan Pagar Dewa Kota Bengkulu ini menerima santri dan santriwati yang berasal dari SD/MI sederajat.

Saat ini lokasi pesantren putra dan putri berada di tempat yang berbeda. Lokasi pesantren putra terletak di Kelurahan Pekan Sabtu depan bandara Fatmawati Kota Bengkulu. Sekitar 100 meter dari gerbang bandara Fatmawati Kota Bengkulu. 

Pondok pesanteren Assalam konsisten mendidik santri agar memiliki akhlak dan kepribadian yang baik serta memiliki pemahaman keislaman yang benar sesuai Alquran dan As-sunah.

Pondok Pesantren Ja-AlHaq

Pondok pesanteren Ja-Alhaq berlokasi di jalan R.E Martadinata No.4 RW.02 kelurahan Muara Dua Kecamatan Kampung Melayu Kandang Mas Kota Bengkulu.

Pondok pesanteren Ja Al-Haq menerima santri dan santriwati lulusan SD/MI untuk di didik pada jenjang Madrasah Tsanawiyah dan lulusan SMP/MTs untuk dididik pada jenjang Madrasah Aliyah. Program unggulan di pesantren Ja-Alhaq antara lain qiroati, Tahfidzul quran dan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris.

Santri pada jenjang Mts memiliki dua pilihan yakni mukim dan PP. Santri yang bertempat tinggal tak jauh dari lokasi pesantren diperbolehkan pulang dengan syarat wajib mengikuti jadwal yang telah di tetapkan oleh kurikulum pondok.

Pesantren yang didirikan oleh KH. Mu'in ini saat ini telah berkembang pesat dengan santri lebih dari 400 siswa yang terdiri dari santri Mts dan MA.

artikel terkait : 10 Pondok pesantren terbaik dan terpopuler di Kota Bengkulu


Pondok Pesantren Pancasila

Pesantren Pancasila salah satu pesantren tertua di Bengkulu. Lokasi pesantren terletak di pusat kota Bengkulu tepatnya di Jalan Danau kelurahan Jembatan Kecil Kota Bengkulu.

Terdapat asrama putra dan putri yang menampung santri berasal dari luar kota. Sedangkan santri yang memilih pulang ke rumah juga dapat memilih program pendidikan di pesantren Pancasila.

Pesantren Pancasila menampung santri jenjang MTs, SMP, MA, dan SMA yang akan dididik oleh tenaga kependidikan yang ada di pesantren Pancasila.

Pondok Pesantren Darussalam

Pondok pesantren Darussalam terletak di Jalan Danau kelurahan Dusun Besar Kecamatan Singaran Pati Kota Bengkulu.

Pesantren Darusaalam menerima santri dan santriwati lulusan SD/MI untuk dididik pada jenjang SMP/MTS dan lulusan SMP/MTS yang akan dididik pada jenjang SMA/MA. 

Pondok Pesantren Mambaul Ulum

Terletak di Wilayah Bengkulu Tengah Pondok Pesanteren Mambaul Ulum berdiri diatas lahan yang tak jauh dari perumahan penduduk tepatnya di Desa Harapan Makmur Bengkulu Tengah. Lokasi berjarak sekitar 20 km dari Pusat Kota Bengkulu menuju Kawasan perkantoran   Kabupaten Bengkulu Tengah. Untuk menjangkau lokasi Anda dapat menggunakan kendaraan umum dari Tugu Hiu menuju Pondok Kubang Bengkulu Tengah. 

Pondok Pesantren Darussalam Kepahiang




Pondok Pesantren Darussalam Kepahiang terletak di Dusun Kepahiang no. 23 Desa Tebat Monok kec. Kepahiang Kabupaten Kepahiang Bengkulu. Memiliki visi yakni berprestasi dalam bidang akademis dan non akademis berdasarkan iman dan takwa serta berakhlakul karimah. Saat ini memiliki ekstrakurikuler yang dapat diikuti santri-santiwati yang bertujuan untuk menyalurkan bakat dan minat mereka antara lain pencak silat, olahraga, drumband hingga kegiatan kesenian. 


Pondok Pesantren Hidayatullah




Pondok Pesantren Pancasila terletak di Jalan Bengkulu Curup desa Nakau Kota Bengkulu. Lokasi Pondok Pesanteren Hidayatullah cukup strategis karena terletak di pinggir jalan poros Bengkulu Curup. Jika Anda dari kota Bengkulu menuju ke arah kabupaten Kepahiang maka lokasi pesanteren akan terlihat saat melintasi jalan tersebut.

Pesantren Hidayatullah memiliki lembaga pendidikan setingkat PAUD, SDIT, SMPIT dan MA. Setiap tahunnya menerima calon siswa siswi yang akan dididik menjadi santriwati beriman dan berakhlak mulia sesuai dengan tuntunan Islam. Selain itu kurikulum pesantren Hidayatullah terintegrasi dengan pelajaran sains.


Pesantren Hidayatullah didirikan oleh KH Lukman Hakim yang pada awalnya memiliki lahan kosong di desa Surabaya. Lahan tersebut dikembangkan menjadi yayasan Hidayatullah yang bergerak di bidang pendidikan dan menerima santri untuk dididik sesuai dengan visi dan misi yayasan.


Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Muhammad Yamin Darunnajah 

Terletak di Kelurahan Sumur Meleleh Kecamatan Teluk Segara Kota Bengkulu. Pondok pesanteren ini dikelola dengan tujuan untuk membina santri menjadi hafidz quran.

Pondok Pesantren Al-Mubarokh


Pondok pesantren ini dikelola sebagai sarana untuk membina dan mendidik santri yatim piatu dan siswa dari keluarga tidak mampu. Pada awal pendiriannya pondok pesantren Al Mubarok yang didirikan oleh KH Ahmad Mufid tahun 1997 dibantu oleh masyarakat sekitar mendidik dan membina beberapa orang santri yang selanjutnya bertambah dari tahun ke tahun. Kepercayaan masyarakat kepada pondok pesantren Al-Mubarok ini menjadikan pondok pesantren dapat menjadi pilihan untuk mendidik putra putri sehingga dapat menjadi santri yang bertaqwa kepada Allah SWT, berakhlaqul karimah. 

2 comments

  1. kepengen anak2 saya ada yang masuk pesantren tapi semua milih sekolah reguler

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.