Kominfo Ingatkan Pengawasan Gadget Menjelang Hari Anak

Kominfo Ingatkan Pengawasan Gadget Menjelang Hari Anak 



Di berbagai tempat di dunia peringatan hari anak diselenggarakan pada tanggal yang berbeda-beda. Misalnya Hari Anak Internasional diperingati setiap tanggal 1 Juni, Hari Anak Universal diperingati setiap tanggal 20 November, dan setiap masing-masing negara di seluruh  dunia memperingati Hari Anak pada tanggal yang berbeda.

Di Indonesia sendiri, Hari Anak Nasional diperingati setiap tanggal 23 Juli sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 1984 Tanggal 19 Juli 1984. Adapun maksud dari Perayaan Hari Anak ini bertujuan untuk menghormati hak-hak pada anak di seluruh penjuru dunia. 

Peringatan Hari Anak Nasional, diharapkan bukanlah hanya acara seremonial semata yang hanya diperingati saja dengan tidak mengindahkan essensi dari perayaan tersebut. Karena Perayaan Anak Nasional itu harus dibarengi dengan peningkatan kualitas pola pengasuhan anak yang baik sebagai generasi penerus bangsa ke depannya. Karena kalau melihat kondisi yang terjadi saat ini, perlindungan dan pemenuhan hak anak belum dilakukan secara maksimal. 

Hal ini bisa dilihat dengan masih terbatasnya wadah partisipasi anak dalam proses pembangunan, masih sering terjadi kekerasan pada anak, kekerasan seksual pada anak, banyaknya konten-konten yang tidak layak dilihat oleh anak di internet atau TV, masih banyak anak yang belum memiliki akta kelahiran, masih banyak anak yang putus sekolah, dan lain sebagainya. Untuk itu dalam hal ini semua elemen bangsa, harus bahu-membahu dalam meningkatkan pola asuh anak, sehingga kelak anak-anak kita akan menjadi penerus bangsa yang bisa membawa bangsa ini menjadi lebih gemilang. Terlepas dari hal itu, berikut ada 5 tips dari Kominfo untuk pengawasan gadget terhadap anak :

1. Pilihlah konten yang tidak hanya menarik, namun juga mendidik.

2. Gunakanlah gadget yang khusus memiliki pengaturan untuk anak.

3. Memberikkan durasi yang sewajarnya dalam penggunaan gadget pada anak.

4. Selalu memperhatikan setiap konten yang dipilih oleh anak.

5. Hindari konten yang mengandung unsur kekerasan dan unsur pornografi, meskipun dalam bentuk film kartun.

Demikian pesan dari Kominfo agar orang tua melakukan pengawasan gadget menjelang hari anak. 


No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.