Pengalaman Berlibur di Kota Serambi Mekkah yang tak Terlupakan

Sudahkah Anda berwisata ke Provinsi Acehatau lebih tepatnya di ibu kotanya, yaitu Banda Aceh? Bila belum, jangan ragu lagi, Anda harus merasakan pengalaman berlibur di kota Serambi Mekkah tersebut. Bagaimana tidak? Di sana terdapat banyak tempat wisata dan hidangan kuliner khas Aceh yang tak akan pernah Anda lupakan. Mau tahu apa saja? Temukan semuanya di sini. 

Museum Tsunami Aceh

Sumber: sportourism


Salah satu pengalaman berlibur di Aceh yang tak akan terlupakan biasanya adalah dengan mengunjungi Museum Tsunami Aceh yang berdiri megah di Jl. Sultan Iskandar Muda, No. 3, Baiturrahman, Banda Aceh ini. Museum yang dirancang oleh Ridwan Kamil (Gubernur Jawa Barat saat ini) pada tahun 2007 ini berhasil membuat setiap pengunjungnya kagum, bangga, sekaligus sedih dan terharuterutama mengingat bahwa museum ini dibangun untuk mengenang para korban musibah tsunami Aceh pada 26 Desember, 2004 lalu. 

Bangunan Museum tsunami Aceh yang berbentuk kapal laut raksasa ini memberi kesan simbolis bahwa masyarakat asli Aceh terkenal dengan mata pencahariannya sebagai nelayan. Selain untuk mengenang para korban musibah tsunami Aceh, museum ini juga dibangun dengan tujuan untuk mengedukasi semua orangterutama warga Acehtentang musibah tsunami dan tindakan yang harus dilakukan bila musibah itu terjadi lagi. 

Monumen PLTD Apung

Sumber : mongaba


Masih dalam rangka mengenang tragedi tsunami Aceh sekitar 14 tahun yang lalu, Monumen PLTD Apung ini juga merupakan saksi bisu musibah yang dahsyat itu. Monumen ini dulunya adalah kapal laut yang mengangkut sumber daya listrik untuk Kota Ulee Lheue. Karena tersapu ombak tsunami yang mengerikan, kapal seberat 2600 ton ini pun terdorong hingga ke Kota Banda Aceh (sekitar 5km). Monumen ini cocok untuk wisata sejarah, edukasi, dan spot berfoto yang cukup Instagrammable. 

Pantai Lhok Nga

Sumber : travel_indonesia


Bagi Anda yang suka berlibur ke pantai. Pantai Lhok Nga adalah salah satu pilihan destinasi wisata Aceh yang menarik. Di pantai yang indah ini, Anda dapat berenang, bermain pasir, berjemur sambil menikmati es kelapa yang segar, atau melakukan kegiatan snorkelling di air lautnya yang jernih. Di sana Anda juga dapat berfoto di atas ayunan yang terlihat romantis seperti di salah satu pantai terkenal di Lombok.

Wisata kuliner Aceh

Sumber : kulina


Jangan lupa, di Aceh juga terdapat beragam hidangan khas yang akan menggoyang lidah Anda. Apa saja hidangan lezat tersebut? Simak yang berikut ini.

Sate Matang

Bila Anda penggemar satai, hidangan ini dapat menjadi salah satu pilihan wisata kuliner utama di Aceh. Satai yang awalnya dipopulerkan penjual aslinya di Kota Matang Geuleumpang Dua bukan sekedar satai biasa. 

Daging yang digunakan adalah daging kambing atau sapi yang dipotong dadu, ditusukkan pada tangkai-tangkai satai, kemudian dibumbui rempah-rempah khas Aceh. Setelah agak lama didiamkan, satai pun dibakar di atas arang. Setelah siap, satai disajikan dengan nasi panas dan kuah kari dari paduan kaldu daging kambing dan rempah-rempah yang lezat. Sate Matang dapat dinikmati di hampir semua penjuru Aceh dan Sumatera Utara.  

Sie itek (kari bebek)

Kari yang satu ini istimewa karena berisi daging bebek. Aroma dan rasanya begitu menggugah selera karena konon katanya terdapat 12 hingga 20 jenis bumbu rempah yang dicampurkan ke dalamnyadi antaranya daun kari, daun temurui, dan daun pandan. Bila Anda ingin menikmati hidangan sie itekyang berarti kuah bebek ini, singgahlah di kedai nasi (warung nasi) di hampir seluruh pelosok Aceh.  

Ingin segera merasakan pengalaman berlibur di Aceh yang tak terlupakan? Yuk, cari dari sekarang tiket pesawat ke Aceh yang murah, aman, dan nyaman. Untuk rekomendasinya, Anda bisa mendapatkan kualitas tersebut di website dan aplikasi Airy. Melalui Airy, Anda akan dengan mudah menemukan tiket promo pesawat Garuda, Sriwijaya Air, Lion Air atau  maskapai lainnya. Semuanya ada di website Airy yang resmi, loh. Jadi tunggu apalagi? Yuk rencanakan liburan bersama Airy sekarang!

No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.