Manfaat Media Sosial untuk Branding

#Day5Challenge Blogger Perempuan



Hai semua, sudah hari kelima ya kali ini Challenge BP membahas tentang Manfaat Media Sosial untuk Branding bagi seorang blogger. Sebenarnya seberapa manfaatnya sih media sosial untuk seorang blogger.


Mba Shintaries pernah mengatakan bahwa media sosial dan blogging dua hal penting yang saling berkaitan satu sama lain. Blog adalah tempat para blogger menulis sedangkan media sosial adalah salah satu tempat para blogger memperkenalkan blog yang mereka miliki dan menarik pengunjung.

Beberapa manfaat media sosial bagi blogger adalah sebagai berikut:

Share artikel

Media sosial seperti Facebook, Twitter dan instagram dapat digunakan untuk menyebarluaskan artikel yang telah kita post di blog. Bahkan di facebook, kita bisa membuat halaman yang dapat diikuti oleh banyak orang yang tidak terbatas.

Personal Branding

Media sosial juga dapat menjadi personal branding. Orang lain akan melihat kita sebagai apa. Misalnya kalau kita sebagai blogger parenting, media sosial bisa dijadikan tempat berbagi tulisan dan foto-foto tentang tumbuh kembang anak, tips mendidik anak atau segala aktivitas anak. Jika kita sebagai beauty blogger, media sosial dapat menjadi tempat memeberikan tips-tips cantik, perawatan muka dan tips cantik lainnya, Selain itu foto-foto yang masih berhubungan dengan beauty juga dapat dijadikan tema utama pada media sosial yang kita miliki.

Tips-tips sederhana memasak, share tentang foto-foto makanan tepat sekali untuk food blogger. Sehingga follower akan semakin percaya bahwa apa yang kita tulis dan kita share adalah sesuatu yang berhubungan dengan ilmu apa yang kita miliki.

Status baik = branding baik

Dalam berinteraksi di media sosial sama halnya dengan kehidupan bermasyarakat antar teman, tetangga maupun keluarga. Apabila kita sering share kebaikan, sering menyampaikan hal baik, bermanfaat untuk banyak orang maka kita akan disenangi orang banyak. Begitu juga dengan media sosial, bermedia sosial dengan baik dapat mempererat hubungan antar teman atau follower. Sebaliknya jika kita sering share berita maupun status buruk maka orang yang membaca status kita akan menjauh. 

Menjadi blogger pun demikian, buatlah semua status media sosial sebagai sarana menyebar hal baik, agar hubungan pertemanan tetap awet. Branding diri juga akan baik. Follower akan mengenal si Anak yang selalu share tentang resep masakan, tips sederhana menyusun perangkat memasak di dapur akan selalu dikenal oleh banyak orang. 

Hingga mereka akan mencari kita dengan kata kunci apa yang mereka kenal dengan style kita.

Aku mengingat beberapa teman media sosial yang konsisten membranding diri mereka seperti Grace Melia dengan ilmu parenting nya, Jalan KeNay dengan family traveling atau Didie dengan stile cooking nya. Serta masih banyak lagi blogger-blogger yang sukses menjadikan media sosial mereka sebagai personal  branding.

Inilah beberapa manfaat media sosial yang dapat menjadi branding bagi kita yang berprofesi dokter.

No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.