Penyebab Sakit Perut selain Haid




Pernah merasakah sakit perut? Biasanya wanita memiliki kerentanan mengalami sakit perut. Pada sejumlah perempuan sakit perut bisa saja terjadi karena siklus bulanan yakni datang bulan atau haid. Namun sakit perut juga bisa disebabkan oleh hal lainnya. Inilah yang akan kita bahas saat ini,  4 Penyebab Perut Selain karena Haid.


Penyebab perut kram pada wanita itu sangat bermacam-macam faktornya. Mulai dari yang bisa dikatakan ringan sampai pada kondisi serius seperti hanya radang usus dan juga beragam masalah lambung contohnya seperti gastroparesis atau bisa kita sebut sebagai gastritis. Gejala kram perut biasanya ditandai dengan ditandainya rasa nyeri yang sangat berlebihan. Yang muncul secara mendadak sampai bisa berkembang secara bertahap dan juga dapat menimbulkan kronis bila tidak segera diobati.

Faktor haid tidak lancar biasanya seringkali diabaikan oleh banyak orang. Kram perut juga bisa dikarenakan datang bulan biasanya terjadi selama 5 sampai 12 hari menjelang akan datang bulan. Bila anda sering mengalami kram perut di luar waktu tersebut, maka perlu di waspadai juga.

Berikut Beberapa Penyebab  Perut Kram pada wanita yang bukan disebabkan oleh Haid

1.     Endometriosis

Endometriosis adalah salah satu kondisi saat jaringan yang semestinya melapisi rahim (endometrium) tumbuh dan menumpuk di organ lain di luar rahim tersebut. Biasanya lapisan rahim akan menjadi lebih tebal dari sebelum di waktu ovulasi buat mempersiapkan calon janin untuk menempel di rahim, dalam kasus pembuahan. Ketika pembuahan tidak terjadi, ini akan melarutkan lapisan rahim dan keluar dengan darah menstruasi.

2.     Kista Ovarium

Kista ovarium adalah kantong kecil pada cairan yang terbentuk di ovarium. Penyakit ini bisa menjadi penyebab utama kram perut di luar haid. Kista ovarium biasanya dapat hilang dengan sendirinya, tetapi dikebanyakan wanita itu membutuhkan obat atau operasi karena penyakit kista cukup parah.

3.     Fibroid Rahim

Fibroid rahim adalah suatu keadaan di mana ada penyakit tumor jinak yang berkembang biak di rahim. Beberapa gejalanya adalah kram perut, kembung, nyeri di saat berhubungan seks dan rasa sesak di saluran kemih atau saluran usus.

4.     Timbulnya Jaringan Parut atau Keloid

Jika anda pernah menjalani operasi panggul atau perut, maka berisiko mendapatkan jaringan parut (keloid) yang dapat menyebabkan rasa sakit. Organ di sedekatnya menjadi kaku dan menimbulkan trauma di bagian rahim.

5. Anyang-anyangan

Sakit perut bisa saja disebabkan oleh penyakit anyang-anyangan. Namun biasanya penyakita anyang-anyangan lebih menyerang saluran kencing. Bagi yang tidak bisa membedakan sakit perut bagian mana maka sakit anyang-anyangan bisa juga dikatakan sakit perut. 

Kalau kita mengalami sakit perut dengan gejala seperti diatas maka segera periksakan ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Semakin dini kita mengetahui jenis penyakit apa dengan gejala sakit perut yang kita alami maka semakin baik. Dokter akan bisa menangani keluhan yang kita rasakan dan melakukan tindakan yang tepat. 

Jika mengalami faktor haid tidak lancar segera berhati-hati dengan memeriksakan ke dokter kandungan. Selain itu pola hidup tidak sehat mengancam kesehatan kita apalagi untuk usia diatas 40 tahun. Jangan menunggu hingga penyakit menggerogoti tubuh kita. 

Yuk, jaga terus kesehatan kita. Perbaiki pola hidup agar tetap sehat. 

No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.