Cara Merawat Rambut Kering dan Rusak dengan Bahan Alami

Rambut adalah simbol kecantikan dan kepercayaan diri bagi sebagian orang. Untuk itu memiliki rambut yang sehat terawat tentulah impian setiap orang. Namun karena pola hidup dan juga ketidaktahuan tentang perawatan rambut menjadikan mahkota tersebut kadang hilang sinarnya. Kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara Merawat rambut kering dan rusak dengan bahan alami. Yuk simak tips berikut ini. 

Cara Merawat Rambut Kering dan Rusak dengan Bahan Alami


Jangan terlalu sering menggunakan catok rambut

Penggunaan catok rambut akan menyebabkan rambut menjadi kering dan hilang kelembabannya. Gunakanlah catok saat benar benar diperlukan, jika tidak simpanlah alat catok mu, alat catok yang tidak langsung terlihat di depan mata biasanya membuat kita lupa  sehingga tidak mudah digunakan. 

Keringkan rambut secara alami

Mengeringkan rambut secara alami bisa digunakan handuk lalu dilanjutkan dengan diangin-anginkan tanpa bantuan alat pengering seperti hair drayer. 

Gunakan conditioner secara berkala

Conditioner akan menjaga kelembaban rambut sehingga mudah diatur. Selain itu conditioner juga akan memberikan kesan wangi dan lembut pada rambut. Penggunaan Conditioner yang tepat juga dapat membantu merawat rambut kering dan rusak

Gunakan shampo yang cocok untuk jenis rambut 

Beberapa jenis shampo memiliki formula yang khusus untuk jenis rambut tertentu misalnya shampo untuk rambut berminyak tentu berbeda dengan jenis shampo untuk rambut kering. Shampo untuk jenis rambut berminyak biasnya ada formula untuk mengatasi minyak berlebih di kulit kepala yang akan menyebabkan rambut rusak oleh karena itu penggunaannya harus secara tepat. Begitu juga shampo untuk rambut berjenis berminyak atau kering akan lebih membutuhkan formula kelembaban yang ada di dalam shampo.



Hindari keramas setiap hari

Keramas setiap hari akan menyebabkan kelembaban rambut menjadi berkurang sehingga rambut menjadi kering dan rusak. Apabila aktivitas kita tidak terlalu berat maka tidak perlu keramas setiap hari. Cukup 2-3 hari sekali keramas untuk menjaga kelembaban rambut. 

Gunakan vitamin untuk rambut 

Sekali seminggu lakukan penambahan vitamin rambut untuk menutrisi rambut dan kulit kepala. Selain itu vitamin rambut berfungsi untuk menguatkan akar rambut sehingga tidak mudah rontok.


Konsumsi makanan sehat 

Pola hidup sehat akan menjadikan tubuh tetap sehat dan bugar konsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin dan mineral dalam jumlah yang cukup untuk kesehatan tubuh Anda. Begitu juga dengan beberapa jenis buah-buahan yang banyak mengandung vitamin B6, B12, asam folat dan protein. akan baik untuk kesehatan rambut. 

Buah Pisang mengandung banyak vitamin B6 yang akan membuat rambut menjadi tebal, berkilau dan menghindari kerontokan. Buah Alpukat mengandung banyak vitamin E yang akan menjaga rambut tetap kuat tidak mudah patah. Kandungan betakaroten pada bayam bermanfaat untuk mencegah kerontokan pada rambut. 

Selain itu kayu manis juga baik untuk rambut agar melancarkan sirkulasi oksigen di area kepala sehingga akar rambut akan tetap sehat. 

No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.