5 Hal yang Harus dihindari bagi Penderita Gejala Bronkitis

Yang Harus Dihindari bagi Penderita Penyakit Bronkitis. Penyakit bronkitis adalah penyakit yang menyebabkan radang selaput saluran bronkial yang akan menyebabkan penderita mengalami kesulitan dalam pernafasan, batuk-batuk hingga demam.


Meskipun begitu penderita penyakit bronkitis akut bisa sembuh dengan sendiri seiring dengan waktu. Namun dalam kasus tertentu gejalan bronkitis akan semakin parah jika ada kontamitasi virus, dan bakteri yang terdapat pada saluran nafas.

Apa itu Penyakit Bronkitis


Gejala umum penyakit bronkitis antara lain : 


Mudah menyebar
Dapat dirawat sendiri 
Dapat didiagnosa sendiri
Reda dengan sendiri 

Gejala awal penyakit bronkitis mulai dirasakan penderita yaitu : 

  • Bersin bersin tidak berhenti
  • Keluarnya lendir dari hidung secara berlebihan
  • Hidung dan tenggorokan terasa gatal
  • Kesulitan pernafasan.
  • Keadaan parah akan menyebabkan Asma atau kesulitan pernafasan.

Bagi penderita penyakit bronkitis ada beberapa kondisi yang harus selalu diperhatikan yaitu:

1. Gaya hidup sehat dan bersih

Penderita bronkitis harus mulai hidup bersih dan sehat. Bersihkan diri dengan mandi menggunakan air bersih dan sabun minimal dua kali sehari. Begitu juga dengan apa yang digunakan seperti pakaian, makanan dan tempat tinggal, harus diperhatikan kebersihannya.

2. Menghindari dari debu 

Penderita bronkitis tidak bisa menghirup udara kotor termasuk debu, maupun serbuk sari yang berasal dari pepohonan. Hindari melakukan kegiatan bersih bersih tanpa menggunakan pelindung seperti masker. Gunakan alat penghisap debu untuk membersihkan lantai dan perabotan. Selalu mencuci sprei, membersihkan sofa, karpet secara berkala.

3. Menghindari asap rokok dan asap kendaraan 

Jauhi kontak dengan perokok atau asap kendaraan. Asap yang terhirup akan memperparah para penderita bronkitis karena akan cepat bereaksi dengan lendir di hidung. 

4. Makanan pewarna, pengawet dan penguat rasa

Para penderita gejala penyakit bronkitis tidak bisa mengkonsumsi makanan mengandung penguat rasa, pewarna dan pengawet. Zat aditif akan menjadi pemicu sekresi lendir di hidung dan tenggorokan sehingga akan meradang. 

5. Hindari bekerja terlalu keras 

Penderita bronkitis tidak bisa bekerja terlalu keras karena akan menyebabkan kelelahan. Bagi penderita bronkitis kemampuan untuk menghirup udara terasa melemah, akibatnya otot pada paru-paru akan ekstra bekerja memompa paru-paru memasukkan udara bersih dari luar, Jika bekerja keras maka akan sangat banyak energi yang dikeluarkan untuk mengambil udara sehingga penderita akan semakin merasakan lelah yang luar biasa.

No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.