Tahapan Latihan Basket di Masa Pandemi

Masa Pandemi bukan berarti kita dibebaskan dengan urusan olahraga. Justru kesehatan tubuh hendaknya menjadi prioritas untuk mendapatkan kebugaran. Dengan demikian daya tahan tubuh akan semakin kuat dan harapannya akan terhindar dari virus dan bakteri yang merugikan kesehatan kita. 




Namun kita semua harus menerapkan protokol kesehatan agar saat berolahraga tetap aman dari virus berbahaya. Apalagi saat berolahraga seperti basket memungkinkan kita bersentuhan dengan teman latihan sehingga akan memperbesar kemungkinan penularan virus tersebut.

Mengatasi hal ini maka sejumlah Persatuan olahraga wajib mengeluarkan protokol kesehatan agar melindungi olahragawan saat melakukan latihan bersama. Seperti halnya Latihan Basket maka yang mengeluarkan protokol kesehatan adalah yang berwenang seperti Perbasi.

Ada tahapan penting dalam berolahraga di masa Pandemi seperti dikeluarkan oleh Persatuan Bola Basket Indonesia (Perbasi) yaitu:


Tahapan Latihan Basket di Masa pandemi


Tahap 1

Latihan secara online/daring, atau latihan individu di lapangan outdoor, 1 pemain dan 1 pelatih serta menggunakan peralatan dan perlengkapan latihan seminim mungkin.

Tahap 2 

Latihan dalam grup kecil yang dipegang 1 orang pelatih dan 1 grup terdiri dari beberapa pemain dengan ketentuan 1 pemain menggunakan 1 bola.

Tahap 3

Latihan dalam grup besar terdiri dari pemain dan official tim serta tidak melakukan scrimmage game.

Tahap 4 

Setelah pemerintah memberikan izin untuk  membuka kembali semua kegiatan olahraga, latihan dapat dilakukan sebagaimana biasanya dan sudah boleh melakukan scrimmage game sebagaimana biasanya.

Protokol kesehatan yang diterbitkan oleh Perbasi diatas adalah ikhtiar untuk melindungi masyarakat pencinta olahraga khususnya basket di masa Pandemi. Sebagaimana telah diketahui bahwa sudah lebih dari 9 bulan masa-masa stay at home yang kita lakukan tentu sangat membutuhkan olahraga. 

Bagi mereka yang hobi olahraga basket tentu sangat menginginkan segera dibuka kembali fasilitas untuk latihan basket. Begitu juga untuk olahraga lainnya pasti juga menginginkan hal yang sama.

Namun kita semua sama-sama menahan diri agar terhindar dari penularan virus Covid-19 ini. Memperhatikan protokol kesehatan adalah hal utama agar membatasi penularan virus ini.


Latihan Basket bersama FITCO.ID


Di masa pandemi kamu juga bisa latihan basket secara daring di website FITCO.id dengan cara menginstal aplikasi mobile FITCO Indonesia. Di aplikasi ini kamu akan berlatih dengan coach-coach berpengalaman dengan jam terbang tinggi. Pengalaman para coach ini telah melatih pemain-pemain basket andal loh. 

Ada sekitar 140 video latihan basket dengan teknik-teknik yang tidak kita dapatkan dengan pelatih lainnya. Karena teknik tersebut hanya dibagikan para coach yang telah malang melintang di dunia basket. 

Seperti jargon FITCO sendiri yaitu 

" Jadi pemain basket yang jago itu perlu konsistensi untuk menguasai sebuah skill, perlu komintmen dan waktu. Program latihan ini terbukti bisa membangun sebuah skill seperti pemain dan pelatih internasional"

Nah, sudah siapkah kamu dengan konsistensi latihan basket? Wujudkan mimpimu menjadi pemain basket Andal.  


No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.