10 Usaha Minim Modal yang Dapat Menghasilkan Uang

Beberapa bulan belakangan ini semakin banyak keluhan tentang sulitnya mencari kerja. Namun tidak perlu berputus asa masih banyak ide bisnis yang dapat kamu kerjakan dengan serius untuk bisa sukses.

Bisnis Polaroid


Bisnis Polaroid adalah ide bisnis percetakan stiker maupun kartu ucapan yang saat ini makin banyak peluang usahanya. Banyak anak anak muda yang memulai berbisnis Polaroid dan berhasil mengumpulkan pundi-pundi uang. Modalnya pun tidak terlalu besar, kamu hanya membutuhkan jaringan pemasaran yang luas untuk memasarkan produkmu. Modal utama bisnis Polaroid adalah mesin printer warna perangkat gadget. Namun tak perlu berkecil hati bagi yang tidak memiliki mesin cetak printer bisa bekerjasama dengan jasa percetakan. Kamu tinggal konsen mencari pelanggan saja.

Youtuber

Youtuber adalah profesi yang cukup menjanjikan saat ini. Kamu cuma butuh smartphone dan koneksi internet saja untuk menjadi youtuber. Mulailah dengan apa yang paling dekat denganmu. Pikirkanlah konten yang benar benar bisa kamu bagi kepada orang lain. Misalnya jika kamu memiliki hobi bertanam maka membuat konten tanaman memiliki peluang bagus untuk dibagikan kepada orang lain. Jika kamu suka memasak buatlah konten masak dengan ide-ide unik. 

Contoh youtuber yang dapat ditiru adalah Channel Liziqi dengan konten kehidupan di desa. Channel Kimbab Family dengan konten Family dan parenting bahkan ada channel Jonshone, mereka hidup dengan membangun rumah dari mulai membuka lahan hingga menjadi hunian tanpa bantuan orang lain.


Selebgram/admin media sosial

Menjadi selebgram cuma bermodalkan smartphone atau akun Instagram serta kemampuan memotret yang baik. Menjadi selebgram dapat dilakukan dengan konten konten foto yang bagus dan disukai banyak orang. Misalnya akun masakan, tanaman, travel, dll. 

Menjadi admin media sosial saat ini bukalah pekerjaan yang dipandang sebelah mata. Apalagi jika akun tersebut memiliki follower yang banyak. Misalnya akun selebritis, akun perusahaan, akun pemerintahan atau yayasan akan banyak dipercayai oleh masyarakat. 


Fotografer

Fotografer adalah salah satu profesi yang dapat dilakukan oleh siapa saja. Saat ini sudah banyak ornag yang ahli memotret dengan menggunakan smartphone dan menghasilkan foto foto bagus. Bisnis fotografer dapat menjadi salah satu ide bisnis dengan hasil foto yang dapat kamu jual ke web web penyedia foto. 


Fotografer makanan juga banyak dicari oleh para pengusaha bisnis kuliner. Fotografer akan dibayar jasanya untuk memotret hasil masakan sehingga konsumen tertarik dengan tampilan foto yang bagus. 

Penulis artikel 

Menjadi penulis artikel yang sukses diawali dengan pengetahuan yang baik tentang tata bahasa penulisan. Jika kamu tertarik di bisnis penulisan artikel maka hal dasar yang harus diketahui bagi penulis artikel adalah teknik penulisan sesuai dengan KBBI, menulis dengan berbagai gaya bahasa baik formal maupun santai. 

Kamu bisa menjadi penulis artikel dan menawarkan jasamu kepada para pemilik website/blog yang membutuhkan konten artikel tiap hari. Harga satu tulisan juga beragam tergantung kemampuan mu dalam membuat artikel yang disukai oleh pembaca.

Dropshiper

Dropshiper adalah ide bisnis yang nyaris tanpa modal. Mengapa disebut tanpa modal karena yang dibutuhkan adalah smartphone dan koneksi internet. Saat ini semua orang sudah memiliki smartphone dan koneksi internet sehingga bisnis dropshiper mudah dilakukan oleh semua orang. 

Untuk memulai bisnis ini kamu harus memiliki koneksi kepada pemilik brand, atau toko yang menyediakan barang yang hendak kamu jual. Komunikasikanlah keinginan mu untuk menjadi dropshiper. Setelah diizinkan maka lakukan langkah-langkah seperti membangun jaringan pemasaran, mencari pelanggan. Saat ini semua dilakukan dengan smartphone. Hal yang dapat kamu lakukan adalah dengan membuat akun di marketplace, promo di media sosial untuk menjaring konsumen sebanyak-banyaknya.


Berbisnis dropshiper juga menggunakan rekening bank untuk transaksi oleh karena itu buatlah rekening bank, akun GoPay, Dana, OVO dsb yang memungkinkan segala jenis transaksi uang diminta oleh pelanggan.

Tanaman 

Bisnis tanaman hias juga nyaris tanpa modal. Kamu perlu banyak membaca, praktek dan membangun jaringan dengan baik. Saat ini peminat tanaman hias mulai banyak, jenis tanamanpun banyak yang diperoleh disekitar kita, di hutan, pinggiran sungai maupun di rawa-rawa yang dulunya tak pernah dilirik orang. Media tanam bisa dengan memanfaatkan sampah untuk dijadikan kompos, sisa gabah padi, arang kayu, sabut kelapa dll. 

Jualan Online 

Jualan online dapat dilakukan dari rumah tanpa perlu banyak modal. Produk pun bisa kamu tentukan sendiri, asal kita memiliki kemampuan berkomunikasi dan membangun jaringan pemasaran dengan baik. Beragam produk bisa kamu jual misalnya makanan, pakaian, perabotan hingga tanaman. 

Bisnis kerajinan tangan dari Bahan Daur Ulang


Sampah yang ada di lingkungan kita saat ini menjadi masalah yang serius, bahkan secara global pun masalah sampah ini menjadi perhatian yang cukup besar. Namun taukah kamu jika sampah bisa juga menjadi ladang bisnis yang menjanjikan. Membuat kerajinan tangan berbahan dasar sampah saat ini sudah mulai dilirik. Kita harus memiliki ide kreatif bagaimana mengolah sampah agar menjadi bernilai. 


Misalnya plastik diolah menjadi perabotan, meja, kursi, keranjang, kantong belanja dll. Kamu dapat membuat kerjinan berbahan dasar sampah lalu di potret dengan baik dan dipajang pada akun media sosial atau martketplace yang kamu punya. 

Nah, bagaimana sudah siap untuk memulai usaha dengan modal minim?


No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.