Tips Interview Kerja untuk Meningkatkan Peluang Lulus

Siapa yang sudah bersiap terjun ke dunia kerja? Tentu siap dong ya bagi kamu yang sudah lulus dari sekolah atau kuliah. Untuk itu pada artikel kali ini kita akan berbagi tips Interview Kerja untuk memasuki dunia kerja agar dapat diterima oleh perusahaan impianmu.



Berikut ini Tips Interview Kerja agar meningkatkan peluang lulus

Siapkan Surat Lamaran Kerja

Jika kamu sudah siap masuki dunia kerja artinya kamu juga bersiap untuk menyiapkan segala sesuatu seperti surat lamaran kerja. Surat ini harus tulisan tanganmu sendiri. Beberapa perusahaan bahkan memberi persyaratan menulis surat lamaran pekerjaan dengan berbahasa Inggris. 

Surat lamaran kerja dapat dikirim melalui kantor pos atau diantar langsung ke perusahaan yang kamu tuju. Gunakan kata-kata formal dan baku dalam surat lamaran pekerjaan. Lampirkan segala data diri yang dibutuhkan.

Siapkan portofolio prestasi 

Apabila kamu memiliki prestasi atau pengalaman magang maupun kerja sebelumnya jangan lupa untuk mencantumkannya ke dalam surat lamaran pekerjaan, portofolio tersebut dapat digunakan untuk bahan pertimbangan perusahaan menerima kamu. Jika kamu mengikuti kursus bahasa asing cantumkan hasil ujian TOEFL atau IELTS yang kamu peroleh.

Berpakaian sopan dan rapi

Bersiap interview pekerjaan artinya kamu sudah harus siap menjadi karyawan di perusahaan tersebut. Pihak perusahaan tentu menginginkan calon karyawan yang memiliki tampilan yang baik. Gunakan pakaian pantas, rapi dan sopan. 

Pelajari cara berbicara formal

Atur gaya bicaramu agar terlihat formal namun tidak kaku. Agar menghindari grogi saat interview berlangsung, hendaknya kamu mempelajari pengetahuan umum, berkaitan dengan latar belakang pendidikanmu, visi misi perusahaan dan isu global yang ada saat itu. 

Gali Pengetahuan tentang perusahaan tempat mu melamar

Jika kamu melamar di sebuah perusahaan internasional maka akan memberikan nilai plus jika kamu mengetahui prestasi perusahaan tersebut, penting juga mengetahui posisi apa yang kamu lamar dan juga apa tugas umum yang berkaitan dengan posisi tersebut.

Banyak membaca

Pihak perusahaan tentu sangat terkesan jika memiliki karyawan yang cerdas, solutif serta berwawasan luas untuk itu kamu harus memiliki pengetahuan luas. Banyak membaca artikel berbobot, pengetahuan umum serta isu global sangat memperkaya wawasan Anda.

Percaya diri 

Pentingnya kepercayaan diri calon karyawan akan sangat memberikan kesan baik bagi pewawancara. Untuk itu bersikaplah percaya diri saat interview kerja. Penting sekali menjaga penampilanmu agar menumbuhkan sikap percaya diri. Oleh sebab itu jangan sepelekan masalah pribadimu misalnya jika kamu memiliki masalah dengan keringat maka sebelum  tips interview kerja berlangsung kamu harus mempersiapkan diri dengan baik. Agar interview bisa lancar dan berkesan.

No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.