Cara Membuat Donat Kentang Lembut

Apa kabar keluarga Daring, kembali lagi ke postingan Cooking kali ini bersama kami keluarga Adismal. Kali ini kami akan berbagi resep cemilan sederhana yang dapat Keluarga Daring praktekkan di rumah. Kalian bisa juga kok mengajak buah hati untuk ikut membuat camilan ini. Karena cukup mudah cara pembuatannya.



Donat adalah salah satu makanan favorit kami sekeluarga, apalagi jika donat baru keluar dari penggorengan hmm selalu ludes disantap. Anak-anak selalu request donat saat mereka merindukannya. 

Berhubung bahan-bahan donat tidak susah dicari jadi camilan ini sangat familiar di rumah. Aku selalu menyimpan bahan dasar seperti terigu, ragi instan, margarin yang merupakan bahan yang selalu ada di rumah sehingga sewaktu-waktu mereka menginginkan camilan maka siap sedia berkreasi dengan bahan-bahan yang ada.

Nah, kali ini kita akan memasak donat kentang yang menjadi favorit keluarga. Yuk ikutan membuat donat kentang lembut bersama kami. 


Resep Donat Kentang Lembut 


Bahan-bahan

1 kg tepung terigu 
15 gr ragi instan 
250 ml air es
40 gr susu bubuk
Garam 1,5 sdt
1 sdt baking powder
100 gr gula pasir halus
1/2 kg kentang dikukus 
Telur 2 butir
100 gr margarin

Bahan pelengkap 

100 gr gula pasir halus untuk taburan

Langkah-langkah pembuatan

Haluskan kentang menggunakan gelas atau benda tumpul lainnya, sisihkan.

Campur terigu, ragi instan, gula pasir halus, garam, telur, margarin, susu lalu aduk rata. Sedikit demi sedikit masukkan air es hingga adonan menyatu. Aduk terus sampai adonan Kalis, untuk mempercepat adonan Kalis saat mengadon letakkan pada permukaan datar seperti meja kayu, meja keramik. Gunakan bagian pangkal telapak tangan untuk mengadon adonan seperti saat mencuci pakaian.

Saat adonan Kalis bentangkan sedikit jika tidak pecah saat ditarik lebar maka adonan sudah Kalis. Diamkan selama 1 jam dan ditutup menggunakan kain bersih.

Setelah satu jam kempiskan adonan lalu Gilas lagi adonan seperti awal. 

Bentuk-adonan menjadi berbentuk bola lalu tusukkan pada bagian tengah bola sehingga membentuk lubang menggunakan telunjuk.

Simpan adonan yang telah dibentuk ke dalam wadah diamkan selama 30 menit.

Setelah adonan didiamkan selama 30 menit adonan siap di goreng.

Goreng adonan ke dalam minyak panas dengan api sedang. Saat berwarna kecoklatan balik adonan hingga matang merata.

Tunggu sampai adonan dingin. Setelah dingin taburkan gula halus dan donat siap disantap bersama secangkir teh.

Nah untuk Resep donat kentang lembut yang lainnya bisa kamu lihat di Selerasa.com ya! kalian juga bisa kok berkreasi dengan resep donat untuk menghasilkan cita rasa yang unik.

Nah, mudah sekali bukan membuat donat kentang?

Kamu bisa juga menaburkan toping coklat, meses, atau keju sesuai selera. Apabila ingin menabuskan toping sebaiknya dilakukan saat donat sudah dingin.

Selamat mencoba 

No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.