Walikelas Oh walikelas






Beberapa waktu yang lalu sebuah pesan masuk ke smartphone lewat pesan WhatsApp pribadi. Foto beberapa orang anak yang tertangkap basah sedang merokok saat jam istirahat solat.


Sebagai Walikelas anak tersebut aku segera cek dan ricek kebenaran info tersebut dan mengkonfirmasi apakah benar si anak adalah siswa binaanku dan ternyata benar 100 %.

Proses selanjutnya adalah menindaklanjuti temuan tersebut dengan membina anak itu. Yah, tentunya hal ini melibatkan beberapa orang antara lain guru BK, orang tua anak dan anaknya sendiri.

Yah, beberapa kejadian yang saya temui ketika menangani anak-anak bermasalah tentu tidaklah sama. Ada banyak karakter orang tua yang ditemui mulai dari yang kooperatif sampai menyerahkan sepenuhnya proses pembinaan ke guru. Ada pula orang tua yang tak mau tau anaknya dimatanya adalah yang paling benar sekolahlah yang membentuk anak menjadi nakal, ada pula yang senang sekali beradu argumentasi hingga berhamburan kalimat songong yang kalau diukur sepanjang jalan kenangan.

Yah, semua karakter orang tua dan anak itu harus dihadapi dengan kepala dingin dan hati yang tak ikut memanas. Sebab sedikit saja kita terpancing maka alamat akan ada rentetannya kasus lainnya yang menanti apalagi di zaman now semua orang punya power untuk mempermalukan seseorang.
Pada dasarnya beberapa Walikelas yang termasuk bisa mengambil hati anak anak dan orang tua adalah dengan beberapa karakter seperti berikut:

Perhatian

Wali kelas yang perhatian dambaan orang tua dan murid tentunya, apalagi untuk usia sekolah dasar yang tentunya anak anak klakan semakin nyaman belajar bersama guru yang selalu memperhatikan kebutuhannya.

Beberapa jenis perhatian memang berbeda untuk semua usia. Misalnya jika di sekolah dasar sikap ramah, tersenyum dan mendengarkan cerita mereka adalah bentuk perhatian yang diinginkan oleh anak. Berbeda lagi jika anak sudah memasuki usia remaja misalnya anak SMA tentunya perhatian yang dibutuhkan adalah sebagai teman bicara dan curhat adalah bentuk aktivitas yang sangat mereka butuhkan.

Komunikasi dengan orang tua 

Zaman yang kian maju, dengan fasilitas komunikasi yang beragam tentunya memungkinkan pola komunikasi dengan orang tua semakin mudah. Walikelas bisa memanfaatkan aplikasi chatting, grup untuk menyampaikan pesan kepada orang tua tentang perkembangan anak mereka. 

Suka tersenyum dan ramah

Walikelas yang ramah adalah dambaan bagi setiap anak maupun orang tua, apalagi yang memiliki tutur sapa yang baik. Sehingga apa yang menjadi keinginan orang tua dan anak dapat tersampaikan dengan baik.

Tegas dan tanggung jawab

Sikap Walikelas yang tegas adalah bentuk kinerja yang benar artinya tidak melunak saat ada peraturan yang dilanggar siswa atau menerapkan disiplin pada siswa yang tak mau diatur.


1 comment

  1. makin berat saja jadi walikelas :),, tapi itulah tantangannya :)

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.