Tips Anak Sehat dengan Jajanan buatan sendiri



Weekend kita kemana ya? Yang punya agenda liburan keluarga selamat berlibur aja ya, kalau aku dan keluarga lagi di rumah aja gak kemana-mana nih.

Ceritanya aku lagi mau buat cemilan sehat anak tanpa harus jajan di luar nih, karena memang kalau jajan di luar biasanya anak-anak selalu jajan makanan yang bervetsin, entah itu ada di gorengan, cemilan dll. Pastinya semua tidak sehat kan ya?

Beberapa dampak buruk jajanan yang mesti diwaspadai antara lain :

vetsin yang tinggi

Anak anak sangat menyukai makanan yang gurih, makanan gurih banyak terdapat di camilan instan di warung-warung. Vetsin yang tinggi membuat anak tidak menyukai makanan yang hambar atau makanan sehat seperti sayuran, sehingga kita mesti ekstra memberikan anak makanan yang mau mereka makan.

pemanis tinggi

Pemanis yang tinggi akan berdampak buruk bagi kesehatan anak, makanan dan minuman berpemanis akan menumpuk dalam tubuh sehingga lama-kelamaan akan menjadi sumber diabetes.

kolesterol tinggi

Makanan atau jajanan anak anak terutama yang instan sangat banyak mengandung kolesterol karena dibuat dengan cara yang praktis yaitu digoreng dengan minyak yang banyak akibatklnya kandungan kolesterol juga banyak pada makanan tersebut.

Oleh karena melihat bahaya jajanan tadi aku mulai berpikir bagaimana nih caranya membuat makanan sehat sendiri di rumah dengan bahan-bahan seadanya.

Karena di rumah ada stok daging, tepung terigu, telur jadinya resep dibawah ini adalah kegiatanku mengisi weekend bersama anak. Nah, aku punya ide membuat camilan Roti Isi Daging.

Camilan Roti isi daging

Bahan

Tepung terigu 2 mangkuk
Telur 1 buah
Fermipan 1 sdt
Gula 2 SDM
Garam secukupnya

Bahan isi

Daging cincang 100 gr
Bawang Bombay 1/2
Bawang putih 2 siung
Bawang merah 2 siung
Daun bawang,
Garam, gula
Saus tiram
Susu 100 ml
Tumis bahan isi lalu tambahkan air masak hingga air mengering.

Cara membuat

Campur semua bahan-bahan kulit uleni hingga kalis. Diamkan 30 menit. Setelah adonan mengembang, kempiskan lalu bagi bagi adonan sebesar bola pingpong, tipiskan adonan isi dengan bahan isi. Panggang roti yang diatasnya diolesi campuran kuning telur dan madu selama 20 menit suhu 180 derajat.

Siap dihidangkan

Bagaimana mudah bukan? Camilan ini sangat baik dan sehat untuk anak. Jadi ayo Bunda kita buat sendiri camilan untuk anak agar sehat dan ceria.

Selamat mencoba

No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.