Menikmati Tumbuhan Pegunungan Tropika di Kebun Raya Bali

Happy weekend!



Kali ini traveling kita akan Menikmati Tumbuhan Pegunungan Tropika di Kebun Raya Bali. Kamu sudah tau bukan bahwa Bali adalah destinasi wisata impian bagi wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Sepetinya Bali memiliki wisata yang sangat komplit ya, mulai dari pantai, pegunungan, budaya dan tradisi. 


Sepertinya banyak orang yang belum mengetahui kalau di Bali ada sebuah kebun raya yang besar sekali. Para turis baik domestik maupun mancanegara selama ini lebih mengenal pantai-pantai indah atau tempat-tempat wisata yang lainnya di Bali.

Kebun Raya Bali lokasinya ada di kabupaten Tabanan. Kebun ini memiliki areal yang sangat luas, 157,5 hektar. Berada di ketinggian 1.250-1.450 meter di atas permukaan laut.

Kebun Raya Bali ini sesungguhnya merupakan sebuah kebon botani yang besar sekali, yang didirikan pertama kalinya oleh pemerintah Indonesia pada tanggal 15 Juli 1959. LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) dan Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor turut serta menjadi pengelola dan pembinanya.

Saat ini Kebun Raya Bali atau disebut juga dengan nama Kebun Raya Eka Karya Bali sudah menjadi kawasan konservasi untuk tumbuhan pegunungan tropika. Dahulunya tidaklah demikian, hanya untuk tanaman runjung.

Koleksi yang Ada di Kebun Raya Bali

sumber : wikipedia

Kalau kita berkunjung ke Kebun Raya Bali akan menemukan tanaman dari berbagai macam jenis. Tumbuhan-tumbuhan ini tidak hanya dijadikan penelitian dan dibudidayakan secara terus-menerus melainkan juga dijadikan koleksi.

Ada berbagai jenis tanaman anggrek, kaktus dari beragam jenis, tumbuhan paku atau pakis, tanaman obat, tanaman karnivora, tanaman upacara adat, tanaman air, bambu, palma, begonia dan beraneka koleksi lumut yang cantik.

Jarak Tempuh Menuju Kebun Raya Bali

Di atas tadi sudah disebutkan bahwa Kebun Raya Bali terletak di Kabupaten Tabanan. Tepatnya berada di kawasan bekas gunung berapi, di bagian kalderanya.

Jika berkunjung ke Kebun Raya Bali lewat perjalanan darat maka akan menempuh waktu kurang lebih satu jam tiga puluh menit, dengan posisi berangkat dari Denpasar. Kalau dihitung ke arah Utara Denpasar  menuju Singaraja, akan menempuh jarak kira-kira 55 kilometer.

Sebaliknya jika dihitungnya dari Singaraja ke arah Selatan menuju Denpasar maka akan menempuh jarak kurang lebih 30 kilometer. Kalau dihitung berdasarkan waktu tempuh, jika menggunakan jalur darat, akan menempuh waktu sekitar 45 menit.


Kebun Raya Bali cocok sekali dikunjungi bersama keluarga. Untuk itu transportasi yang direkomendasikan adalah mobil. Banyak persewaan mobil di Bali, salah satunya yang direkomendasikan adalah situs ini.

Tiket Masuk ke Kebun Raya Bali

Pada umumnya tempat-tempat wisata akan lebih banyak dikunjungi di weekend dan pada hari-hari libur. Demikian pula halnya dengan Kebun Raya Bali ini.

Pengunjung dan kendaraan bermotor yang masuk ke Kebun Raya Bali dikenai tiket masuk. Turis lokal membayar 9.000 rupiah, sedangkan untuk turis asing dikanai tiket masuk sebesar 17.000 rupiah.
Bagi pengunjung yang membawa kendaraan roda dua seperti motor dan sepeda, diharuskan membayar tiket masuk 3.000 rupiah. Untuk tiket masuk kendaraan bermotor roda empat sebesar 6.000 rupiah.


Kalau untuk kendaraan bermotor roda enam lain lagi, seperti bus, truk akan dikenai tiket masuk lebih mahal, yakni sebesar 11.000 rupiah. Asuransi dari Jasa Raharja yang merupakan distribusi dari pemerintah kabupaten Tabanan sudah termasuk dalam tiket masuk di atas.



1 comment

  1. Bali memang selalu punya tempat-tempat indah yang harus dikunjungi ya ...

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.