Tips mengatasi Iritasi pada tubuh bayi



Punya bayi dan mencium aroma bayi pastilah disukai banyak ibu ya kan, apalagi saat-saat pagi hari ketika bangun tidur aroma bayi sangat khas dan nganenin.

Aroma tubuh bayi ini memang masih alami belum terkontaminasi banyak polusi dan racun-racun serta bakteri yang beragam seperti tubuh orang dewasa. Keringat yang dihasilkan tubuh bayi sedikit dan tak bercampur dengan beragam zat seperti farfum yang di pakai oleh orang dewasa.
Oleh karena mencium aroma badan bayi adalah aktivitas yang sangat dirindukan oleh para Moms dimana pun berada.

Beberapa tips mengatasi Iritasi pada Tubuh Bayi : 

Menjaga kebersihan badan bayi

Bayi baru lahir memang belum memiliki produksi keringat yang lebih namun tetap rawat badan bayi dengan menjaga kebersihannya. Aktivitas yang dapat dilakukan adalah dengan memandikan bayi saat pagi dan sore hari dengan air hangat.


Hindari menggunakan produk shampo, sabun yang berlebihan

Tubuh bayi pada dasarnya masih sangat sensitif, oleh karena itu hindari menggunakan produk pembersih badannya yang berlebihan. Gunakan shampo atau sabun khusus bayi yang kadar deterjen maupun parfum rendah. Bisa saja parfum yang berasal dari shampo dan sabun tidak cocok untuk tubuh bayi sehingga bisa menimbulkan iritasi.

Menghindari kontak langsung dengan produk kosmetika orang dewasa

Seringkali tanpa disadari bayi bersentuhan langsung dengan produk yang biasa digunakan untuk orang dewasa misalnya deterjen, shampo, sabun, pelembut, dll beberapa bayi ada yang tidak cocok dengan produk tersebut sehingga bisa saja tubuhnya bereaksi apabila terkontaminasi.

Tidak menggunakan sembarang bedak

Bedak atau parfum bayi memang banyak sekali dijual di pasaran namun tidak semua produk itu cocok untuk bayi. Terutama di daerah lipatan tubuh bayi seperti ketiak, pangkal paha, dan leher. Bila terkontaminasi dengan bahan kimia tubuh bayi akan mengalami bermacam reaksi yang paling parah adalah iritasi. Untuk itu mesti hati-hati dalam penggunaan beberapa produk bayi seperti bedak bayi.


Gunakan pakaian yang bersih dan kering

Pakaian yang dikenakan bayi juga harus diperhatikan jangan menggunakan pakaian yang lembab dan tidak kering sempurna, karena hal itu dapat menjadi area pertumbuhan yang nyaman untuk bakteri.

Demikian artikel tentang tips mengatasi Iritasi pada Tubuh bayi. Semoga bermanfaat. 

No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.