Taman Asri Surabaya yang Membuat Adem

sumber : olvealeorinza.blogspot.com

Bus Pariwisata yang membawa kami tanpa disadari sudah berada di bawah pohon-pohon besar nan rindang. Kalau bukan karena papan nama, spanduk dan baliho yang berada di tiap persimpangan, tadinya aku mengira kami berada di tengah-tengah taman nasional atau di hutan lindung nan sejuk. Pohon-pohon besar itu berbaris rapi di tengah-tengah taman kota, di sepanjang jalan protokol. Pandai nian pemerintah daerah Kota Surabaya menata apik kota hingga sejuk di pandang mata. 


Menurut jadwal, hari ini kami akan mengunjungi Unesa untuk melakukan kegiatan seminar nasional. Itu berarti kita akan melalui pusat kota yang tak pernah terlihat seperti kota dengan penduduk padat, pemukiman kumuh, pedagang dimana-mana serta jalanan semrawut. Sepanjang jalan ke Unesa yang terlihat olehku adalah pepohonan rindang yang ditata sedemikian rupa sehingga menjadi taman-taman asri. Pada bagian bawah pohon ditanami bunga-bunga yang indah baik yang berwarna warni atau yang hijau segar. 

Jalur untuk kendaraan dibuat dua lajur di beberapa tempat ada yang 3 atau empat lajur yang tiap lajurnya  dilalui oleh kendaraan yang berbeda arah. Pembatas antara lajur yang satu dengan yang lain berupa taman yang ditanami pepohonan besar. Bagian bawah pepohonan juga terlihat hijau menyegarkan.

Beberapa taman asri Surabaya yang membuat Adem yaitu : 

Taman Lansia

Terletak di Jalan Kalimantan Surabaya, taman Lansia dapat menjadi pilihan bagi para lansia untuk beristirahat, jalan-jalan dan refreshing. Di sini terdapat jalur refleksi dan kursi roda beberapa tempat disediakan tempat duduk untuk beristirahat melepas lelah. Di tengah-tengah taman terdapat air mancur yang membuat suasana kian sejuk. 

Taman Ekspresi

Ternyata di Surabaya ada Taman Ekspresi yang sangat apik karena merangkul seniman untuk mempercantik taman. Beberapa benda seni yang merupakan karya para seniman dipajang di sini seperti kendaraan yang terbuat dari kayu, sepeda tua dan berbagai benda seni lainnya. Di berbagai sudut terdapat bangku yang bisa digunakan oleh pengunjung taman. 

Bagi Anda penggemar swafoto, taman ekspresi dapat menjadi pilihan untuk menyalurkan keinginan fotografi Anda. Bangku warna-warni yang di buat apik sangat kontras dengan taman yang asri dan sejuk. 

Taman Jayengrono

Di perjalanan kami melewati jembatan merah yang sangat fenomenal tak jauh dari jembatan merah terdapat taman Jayengrono. Beberapa arsitektur taman yang dibuat unik sangat apik terlihat seperti rancangan pola lantai yang tak beraturan yang ada di lantai taman. Hal ini menggambarkan dasyatnya ledakan yang menewaskan Brigjen Mallaby. 

Beberapa spot berfoto di sini dapat Anda gunakan untuk berswafoto dan mengabadikan kenangan di Taman Jayengrono. 

Taman Bungkul

Taman Bungkul adalah salah satu taman yang terbaik dengan lokasi yang sangat strategis. Beberapa Joging track dapat menjadi pilihan Anda untuk berolahraga santai dengan keluarga. Berbagai arena bermain anak dapat ditemukan di sini seingga cukup nyaman jika membawa buah hati. 

Bila akhir pekan tiba, Sering terdapat panggung hiburan yang dapat ditonton oleh pengunjung dengan bebas. Selain itu bagi Anda yang memburu wifi di sini disediakan fasilitas wifi gratis yang dapat diakses secara gratis. 

Di sini juga terdapat makan Sunan Bungkul yang dapat diziarahi oleh pengunjung. Letaknya yang asri dapat menjadi pilihan para pengunjung beristirahat sekaligus berwisata sejarah dengan memanfaatkan situs bersejarah di sini. 

Taman Pelangi

sumber foto : intanichan.wordpress.com

Taman pelangi sangat fenomenal terletak di Jalan Frontage Ahmad yani Gayungan Surabaya. Keistimewaan dari taman ini ketika malam hari pengunjung akan disuguhkan oleh lampu warna-warni seperti pelangi yang sangat indah dan memanjakan mata. 

Inilah taman-taman di Surabaya yang dapat Anda kunjungi jika berada di kota Surabaya. Jangan lupakan untuk mengabadikan kenangan di taman-taman asri ini. Sanyang banget kalau hanya melihat-lihat taman tanpa ada kenangan di sini. 

Selamat traveling!

No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.