10 model hijab yang pernah Tren



Hijab atau jilbab bukan hanya menjadi penutup kepala itu adalah prinsip buat sebagian wanita muslimah, beberapa tahun belakangan ini hijab telah menjadi trend busana muslimah dimana semua kalangan sudah menyadari pentingnya arti hijab.

Di awal-awal tahun 2000 hijab masih terkesan ekslusif dan hanya menjadi busana wajib para santri di sekolah sekolah islam maupun pesantren.


Setelah beberapa publik figur mulai mengenakan hijab seperti Inneke Kusherawati, Zaskia Adia Mecca, hijab perlahan menjadi salah satu alternatif fashion muslimah. Sejak itu mulai dikenal hijab Inneke, jilbab Astri Ivo, jilbab Zaskia dll. Masyarakat awam juga sudah mulai mengenakan hijab tanpa khawatir menjadi penghalang dalam berkarir.

Hijab Inneke

HIjab Inneke diperkenalkan oleh artis film Inneke Kusherawati. Di awal-awal tahun 2000 artis filmini tampil di layar kaca dengan menggunakan hijab. Hijab yang dikenakannya cukup digandrungi oleh banyak muslimah. Bentuk hijab yang di lilitkan di leher menjadi pilihan karena praktis dan tidak ribet. 

Hijab Zaskia



Zaskia Adia Mecca adalah artis sinetron/ film yang bisa dikatakan sebagai pelopor jilbab di tanah air. Sekitar awal tahun 2000-an, saat masih sedikit bahkan belum muncul di tv artis sinetron yang berhijab Zaskia sudah mengenakan hijab dan menjadi idola anak muda. Saat itu kantor-kantor dan sekolah-sekolah belum begitu familiar dengan hijab. Sehingga kemunculan Zaskian dengan hijabnya menjadi fenomena unik dan cukup menyita perhatian banyak khalayak. 

Mulailah bermunculan model jilbab zaskia, dengan ciri khasnya. Bebrapa tahun belakangan  sejak kemunculan Zaskian adiya Mecca mulailah kantor-kantor dan sekolah memperbolehkan pegawai dan karyawan mengenakan hijab adalakan tetap mengutamakan kerapian dan kepantasan serta tidak mengganggu pelayanan. 

Hijab Astri Ivo



Masih di masa ang sama, tak kalah booming yaitu hijab Astri Ivo yang menggunakan ciri khas sebagai jilbab kaos, praktis dan instan namun tetap nyaman di gunakan. Masayarakat  muslimah yang memiliki pemikiran yang cenderung ke hijab Astri Ivo memilih menggunakan model seperti hijab astri Ivo. 

Hijab Lyra Virna



Hijab Lyra virna booming setelah di kenakan oleh artis sinetron Lira virna, ciri khasnya adalah panjang hingga menutupi bagian tubuh bagian belakang dengan bahan-bahan yang lembut dan berkelas. Lyra virna bisa dikatakan pelopor kemunculan hijab syari yang memiliki ciri khas panjang dan dalam. 

Setelah kemunculan Hijab Lyra Virna banyak bermunculan hijab-hijab dengan tetap mengutamakan prinsip-prinsip syari. Sebut saja hijab .

Hijab Syari



Hijab syari mulai dikenal oleh banyak muslimah sekitar  3-4 tahun belakangan ini. Bebrapa  artis sinetron dan film serta publik pigure mempopulerkan hijab syari dan diminati oleh banyak kalangan. Hijab syari mengutamakan bentuk hijab yang menutupi seluruh tubuh. 

Hijab Dian Pelangi



Dian pelangi adalah salah satu model yang sukses mempatenkan sendiri hijab karyanya. Gaya hijab Dian pelangi banyak digandrungi oleh muslimah baik dari kalangan artis, selebritas mauupun masayarakat pada umumnya. Ciri khas dari hijab dian pelangi adalah pemilihan warna dan bahan yang bekualitas.

Hijab antem

Hijab antem sebenarnya memodifikasi model hijab yang bagian muka dibuat antem sehingga pas di wajah. Pengguna hijab antem akan memiliki wajah panjang dan terkesan lebih lucu dan imut. 

Hijab Penguin

Pertengahan tahun 2017 perkembangan hijab lebih luas lagi, dengan beberapa modifikasi antara lain hijab penguin. Hijab penguin mengadaptasi dari bentuk penguin dengan bagian ekor yang lebih panjang daripada bagian depan.  

Saat ini sudah banyak sekali model maupun artis yang mempatenkan hijab mereka dengan mendirikan outlet busana syari. Sebut saja Irvan hakim, Laudia cyntia bella, Dian pelangi, Zaskia sungkar, dll. 

Keberhasilan para artis dan selebritas menjadi contoh yang baik atas perkembangan hijab di tanah air ini tak bisa dipandang sebelah mata. Peran media juga memberikan andil yang besar dalam menyampaikan kepada khalayak dengan berbagai pemberitaan positif terhadap muslimah berhijab. 

Aku masih ingat saat di awal tahun 1990-an, keberadaan hijab masih di pandang sebelah mata, bahkan cenderung di halang-halangi. Misalnya penggunaan hijab pada instansi pemerintahan lembaga pendidikan formal hingga sekolah kedinasan sudah diperbolehkan. Dengan demikian semakin banyak model hijab yang dapat dijadikan preferensi bagi penikmat model hijab.

Semoga hijab terus menjadi identitas muslimah di negeri ini dan dunia. 

12 comments

  1. Kalau saya lebih sering menggunakan hijab model Zaskia :))

    ReplyDelete
  2. Kalau pakai Hijab Lyra Virna lebih tertutup ya ...

    ReplyDelete
  3. Suka semua sama model-modelnya ;))

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip dah bisa menyesuaikan ke semua kalangan

      Delete
  4. Kayaknya sekarang yang terkenal model hijab syar'i ya ....

    ReplyDelete
  5. kenapa semua nama hijabnya pake nama artis mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena orang taunya dari artess, nanti kalau mba rani jadi artes bisa juga kok jilbab rani hihi

      Delete
  6. aku lagi kumpulin hijab dan baju syari hehehe harganya mahal y mba jadi kudu nabung :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget, agak-agak mehong ya, karena kualitas juga sih

      Delete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.