Hidup Sehat dengan Konsumsi Makanan Sehat

konsumsi minyak goreng sehat



Angin sore berhembus perlahan saat aku mulai menyiangi rerumput liar pengganggu tanaman di kebun mini samping rumah. Benar-benar mini karena tak lebih dari seukuran meja tennis. Di sanalah tempat ku melepas penat dari segala rutinitas harian. Menyiram, memupuk, menanam bibit hinga menyiangi gulma adalah aktivitas yang menyegarkan fikiran dan membuat badan segar kembali. 


Hijau dedaunan dari beberapa tanaman sayuran yang saban hari muncul daun-daun baru menyapa ku adalah pemandangan indah yang sulit untuk ditinggal begitu saja. Kapan hari bila melihat pertumbuhan tanaman cukup baik yang ditandai dengan bertambah tinggi dan semakin banyak jumlah tunas-tunas muda rasanya hati semakin riang hati hilang segala penat dan lelah. 

Hidup sehat dengan berkebun

Berkebun adalah salah satu dari sekian banyak aktivitas seru yang menyehatkan fikiran. Bahkan berkebun juga dapat menyehatkan mental dan meningkatkan  harga diri dan perasaan senang. Hasil survey yang diadakan oleh Carly wood seorang dosen ilmu gizi dan latihan University of Westminster ini menyimpulkan bahwa adanya korelasi aktivitas berkebun dengan kesehatan seseorang.  

Itulah sebabnya mengapa ketika melihat kebun mini di samping rumah yang ditanami sayur-sayuran seperti cabe, tomat, kangkung, terung, bayam dan kacang-kacangan hati lebih terasa fresh dan pikiran lebih bisa fokus. 

Aktivitas lainnya adalah kecenderungan dalam memilih makanan yang lebih sehat dan segar. Karena kebetulan aktivitas harian ku adalah bekerja dengan jam kerja yang monoton maka sangat penting adanya selingan aktivitas yang tidak berat-berat seperti berkebun. 

Konsumsi makanan sehat

Karena umur sudah semakin bertambah, maka vitalitas dan kebugaran tentunya akan semakin berkurang, untuk itu sangat diperlukan asupan makanan dan minuman yang sehat agar tubuh dapat segar dan bugar. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat. Nah, salah satu sumber makanan sehat adalah dengan memanfaatkan hasil kebun. 


Senang sekali kan, apabila hasil kebun berhasil kita panen lalu kita konsumsi sendiri tentunya lebih sehat apalagi kebun di pekarangan tidak menggunakan zat kimia apapun asli organik dan berasal dari alam. Media tanam yang aku pakai adalah dari sisa bakaran sampah daun, batang pohon sesekali menggunakan pupuk kandang yang berasal dari kotoran hewan. 


Menghindari makanan yang tidak sehat

Kapan terakhir Anda makan gorengan? 

Nah, ini yang sulit dihindari kan? Di tengah kehidupan serba praktis dan gempuran makanan instan yang kian menjamur rasanya hampir setiap hari kita menemukan menu makanan yang tidak sehat. Gorengan, fried chiken, nugget, keripik dan beragam makanan instan yang dimasak dengan minyak goreng. Wajar jika di negara kita Indonesia konsumsi minyak goreng adalah yang terbesar di dunia. Namun karena banyaknya permintaan minyak goreng maka produsen minyak goreng juga berlomba-lomba memproduksi minyak goreng. 

Dari sekian banyak kemasan minyak goreng di pasaran ada yang benar-benar menjamin mutu dan memperhatikan kualitas dan nutrisi yang terkandung di dalam minyak goreng namun ada pula yang lalai memperhatikan nutrisi sehingga masyakat terlanjur mengkonsumsi minya yang tidak sehat. 


Zat yang dapat membahayakan kesehatan dalam kandungan minyak goreng biasanya adalah kolesterol. Kandungan kolesterol yang dikonsumsi berlehi akan memperburuk kesehatan karena dapat menyebabkan banyak penyakit diantaranya tekanan darah tinggi, penyumbatan pembuluh darah di jantung hingga stroke. 

Secara langsung berlebihnya kolesterol akan menyebabkan obesitas yang akan menimpa semua usia. Selain itu juga menyebabkan penyakit yang saat ini menghantui banyak negara-neegara di dunia adalah berbagai jenis kangker yang belum ditemukan obatnya. 

Makanan alternatif

Salah satu cara untuk menghindari berbagai dampak penyakit yang ditimbulkan adalah dengan cara mengkonsumsi minyak goreng kelapa sehat  dengan kandungan nutrisi sehat di dalamnya. kandungan minyak goreng yang sehat apabila terdapat nutrisi yang memiliki komposisi seimbang seperti kandungan kolesterol yang rendah, gula dan natrium juga rendah. 

Jika aktivitas hidup sehat sudah kita lakukan dengan baik maka tentunya badan sehat dan pikiran tetap fresh adalah keinginan oleh setiap orang. Jadi tidak ada salahnya jika kita memulai kehidupan yang sehat dari sekarang. 



1 comment

  1. Nice post, kak.
    Mengingatkan kita semua untuk selalu berpola makan sehat dan sadar pentingnya menjaga kesehatan tubuh kita.

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.