Kegiatan Asyik Bebas Stres Sebelum Melahirkan



Si Adek tadi sore tiba-tiba berkata

" Mi, gigiku yang depan sudah terasa goyang lho." Kata Ghaisan sambil menunjukkan gigi depannya dengan lidah.

"Wah, anak umi sudah mau besar ya."

"Bukan, Mi. Itu tandanya aku mau jadi Abang."

"Maksud Adek?" Tanyaku keheranan.

"Iya, aku sebentar lagi mau jadi Abang, bukan adek lagi. Karena kan ada adek baru."


Aku terdiam mencerna apa yang menjadi argumen di Adek. Seingatku belum pernah menceritakan apapun tentang rencana memberinya adik atau apa pun bahasan tentang akan ada anggota keluarga baru dalam kehidupan kami. Tapi si Adek kok pede sekali mengatakan bahwa dia akan menjadi Abang. Haha adek ada-ada saja.

Tapi aku justru kepikiran perkataan si Adek. Memang sih secara usia ia sudah lebih matang jika punya adik. Usia 6 tahun adalah ideal jika memiliki adik. Diantara anak pertama dan kedua jaraknya cuma 2 tahun, lalu si Abang dan Adek 3 tahun, berarti sudah lebih dari siap kan, kalau mau punya adik.

Sebenarnya dari tiga kehamilan yang pernah mampir dalam kehidupan ku, bisa dikatakan tidak ada masalah dalam proses kelahiran anak-anakku, semuanya normal dengan kondisi bayi dan aku sehat. Bahkan dua anakku yaitu adik Ghaisan dan Abang Fajar lahiran di rumah saja dengan bantuan bidan.
Beberapa tips yang dapat aku bagi tentang cara asyik lahiran bebas stres antara lain:

Jalani aktivitas dengan santai

Kegiatan selama hamil sebaiknya tidak perlu dibatas-batasi kecuali memang pekerjaan berat, artinya jika kita sudah terbiasa dengan aktivitas harian di rumah ya jalani saja tanpa harus melakukan pantangan ini itu secara berlebihan. Justru apabila kita berhenti melakukan aktivitas rutin malah akan menjadi beban pikiran yang kelak bisa menimbulkan stres.

Makan dan minum dalam porsi yang proposional

Beberapa mitos mengatakan bahwa makannya orang hamil itu harus dua porsi karena ada anak yang di kandungnya. Sebenarnya porsi makan kita hanya kita sendirilah yang mengetahui. Bila lapar ya kita makan apabila sudah kenyang ya tidak perlu memaksakan diri. Yang paling penting adalah makanan yang masuk ke dalam tubuh kita adalah yang bergizi seimbang.

Pengalamanku, di usia kehamilan 7 bulanan ternyata diprediksi anak lahir dengan berat badan kecil, oleh dokter di minta banyak mengkonsumsi es krim dan ubi jalar. Yah, kalau kitanya makan dengan senang hati tentu saja akan dirasakan langsung manfaatnya oleh bayi meskipun makanan yang kita makan tidak sekomplit orang berada. Ternyata saat lahiran, anaknya cukup besar dan sehat.


Jalani hobi dengan senang hati

Kehamilan tidaklah menjadi penghalang untuk menyalurkan hobi kecuali hobi yang melibatkan fisik. Jadi saat hamil, tetap jalani hobi dengan senang hati dan riang gembira agar bayi yang kita kandung ikut sehat.

Buat ibu hamil yang hobi bernyanyi, maka salurkan lah hobi tersebut, bisa saja dengan membuat karoke mini di rumah, buat ibu hamil yang hobi memasak juga tak ada salah menyalurkan nya dengan resep resep sederhana di dapur.

Kalau aku hobi menulis, jadi saat hamil besar dapat menulis 1 buku solo dan beberapa antologi. Yah, rasanya asyik sekali menulis melepas penat, menyalurkan segala uneg uneg di hati.

Perawatan diri

Ibu hamil memang banyak menyukai aktivitas ini. Apalagi untuk terapi pijat kaki yang sering sekali kesemutan karena menahan beban di perut. Boleh saja kita melakukan perawatan diri baik di rumah maupun di salon, tentu perawatan yang tidak membahayakan bukan? Seperti massage, lulur, dan creambath. Carilah orang yang dipercaya untuk terapis, lebih baik lagi jika dilakukan di rumah sendiri tentu nya lebih rileks bukan?

Komunikasi dengan pasangan

Apa yang kita rasakan hendaknya dikomunikasikan dengan baik dengan pasangan. Hal ini untuk menghindari diskomunikasi yang akan menyebabkan kebutuhan kita sebagai ibu hamil terbengkalai. Misalnya saat kita merasa nyaman ada orang tua yang mendampingi ketika lahiran maka sampaikan lah kepada   pasangan keinginan kita tersebut.


Rutin periksa kandungan

Sebaiknya ibu hamil memiliki jadwal periksa ke dokter kandungan secara rutin untuk mengetahui perkembangan bayi dalam kandungan. Jika ada masalah dengan kehamilan misalnya ada resiko mengalami induksi persalinan, bayi dengan berat badan besar atau kecil maupun kelahiran dini akan cepat diberi tindakan oleh dokter.

Inilah beberapa tips ringan lahiran bebas stres yang dapat dilakukan oleh ibu hamil. Yang paling penting tetap jalani semua aktivitas dengan riang gembira.

No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.