Cara mengatasi Cegukan pada Bayi



Ada yang masih panik ketika bayi mengalami cegukan? Akupun pernah mengalami hal ini Moms, jadi ceritanya waktu anak pertama lahir, si Kakak kena cegukan dan lama sekali. Aku dan suami panik awalnya karena bayi seperti Susah bernafas. Perutnya seperti naik turun dengan cepat, tentu kami sangat cemas sekali. Apalagi suami yang memang sangat menghawatirkan kondisi bayi kami. 

Beberapa keluarga dekat memberikan masukan kepada kami untuk saat bayi cegukan. Beberapa hal yang dapat mengatasi bayi cegukan antara lain:


Menyusui bayi dengan posisi duduk

Saat menyusui bayi susulah ia dengan posisi ibu duduk atau bersandar pada dinding. Jika malam hari buat posisi ibu duduk bersandar pada bagian depan tempat tidur lalu bayi di angkat dan disusukan. Posisi seperti itu akan mengurangi bayi cegukan yang lama. 

Letakkan bayi di pundak dengan posisi badannya ditegakkan. 

Setelah menyusui letakkan bayi di pundak dengan posisi badannya ditekakkan. Hal ini akan mempermudah udara di lambung bayi keluar dan mengurangi cegukan.

Letakkan bayi dengan posisi tidur di dada kita dengan posisi kita sedang duduk atau berdiri. Tepuk-tepuk perlahan bagian punggung bayi dengan telapak tangan yang ditelungkupkan. tujuannya agar udara keluar dan bayi bersendawa. 


Perhatikan makanan ibu saat bayi masih menyusui ekslusif

Ibu yang sedang menyusi sebaiknya memperhatikan betul makanan yang ia makan. Hindari makanan yang mengandung karbonansi karena akan mengasilkan gas, kubis, cabai serta sejenis ubi. Boleh saja makan makanan tersebut asal tidak terlalu berlebihan.

Memberikan minyak telon pada tubuh bayi

Saat pagi, sore atau malam hari, tuubuh bayi akan mengalami penurunan suhu tubuh akibat koneksi udara dingin. Oleh karena itu baluri tubuh bayi dengan minyak telon hangat di bagian bagian sepeti telapak kaki, perut maupun ubun-ubun bayi.


Pakaikan pakaian yang hangat dan nyaman

Saat udara dingin tetap pakaikan pakaian yang hangat pada tubuh bayi, misalnya dengan menggunakan kaos kaki bayi yang berbahan katun, menggunakan bedong dan topi pada bayi. 

Inilah beberapa pengalaman pribadi kami dalam cara  mengatasi bayi cegukan. Semoga artikel ini bermanfaat. 


1 comment

  1. Paling sering bayi ditegakkan trs di puk-puk sampe dia bersendawa

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.