10 Bentuk Dukungan untuk Atlet Asian Games 2018 yang wajib diketahui

sumber : s.id/indonesiabaik

Sudah siap-siap mendukung Asian Games 2018 belum? Kita, sebagai warga negara Indonesia memang sudah selayaknya bahu membahu mendukung perhelatan Akbar Asian Games yang sebentar lagi akan dibuka.

Tak lebih dari 2 Minggu lagi momen Asian Games akan menjadi goresan sejarah batu dalam sejarah bangsa Indonesia tercinta.


Nah, apa saja sih hal yang wajib kita ketahui dalam Asian Games 2018 ini? Blog kita tercinta ini akan mengulas tentang 10 bentuk dukungan untuk Atlet Asian Games 2018 :

Venue




Dalam menyambut Asian Games 2018, berbagai sarana pendukung mulai dibangun sejak lima tahun belakang termasuk venue utama yakni stadion, asrama atlet, lapangan olahraga yang ada di 2 kota besar yakni Jakarta dan Palembang. 

Di gelora Bung Karno Jakarta kita akan menyaksikan pertandingan renang, menyelam, atletik, tenis, hoki, panahan, rugbi 7, Polo air, basket, squash dan bulutangkis. Jakarta Convention Centre dipusatkan untuk pertandingan bela diri sepeti Taekwondo, Judo, karate, gulat, sambo, jujitshu, kurash, anggar. 

Pertandingan Golf dapat disaksikan di Pondok Indah, sedangkan di Ancol akan dilaksanakan pertandingan jet ski, gymnastic dan angkat beban.

Di Palembang telah dibangun vanue untuk cabang olahraga antara lain : dayung, sepakbola, tenis, basket, menembak, panjat tebing, sepaktakeraw, skateboard, roler skate. Bahkan vanue olahraga dayung  di Jakabaring Sport City (JSC) akan menjadi vanue terbesar di dunia yang luasnya mencapai 64 hektar, panjang 2.500, dan lebar 200 meter. 


Atlet

sumber foto : indonesiabaik

Asian Games 2018 akan diikuti oleh 40 Cabang Olahraga (Cabor) dan 12.000 atlet, 465 nomor pertandingan serta akan diliput oleh lebih dari 5000 media domestik dan internasional. 

Para atlit Asian Games sudah dipersipkan sejak jauh-jauh hari termasuk berbagai persiapan fisik dan kemampuan di bidang nya masing-masing. Seperti Atlit Cabor atletik yang dikirim dalam mengikuti Korean Open Atlethics Meeting di Korea Selatan pada 16-17 Juni 2018. Atlet Cabor Aquatic dipersiapkan dalam mengikuti Training Camp di China 6-17 Agustus 2018, Atlet cabang Bowling dipersiapkan pada turnamen di Macau dan Thailand pada pertengahan Juni.  



Menurut sejarah awal Asian Games, atlet Indonesia yang pertama kali memperoleh emas adalah Minarni Soedaryanto (1944-2000) pada cabang bulutangkis tunggal putri dan ganda putri.  Sejak saat itu berbagai prestasi ditorehkan oleh atlet Indonesia di berbagai cabang khususnya bulutangkis. Sejarah juga mencatat tentang legendaris bulutangkis putri Susi Susanti juga memapu menorehkan emas pada pertandingan tingkat Asia maupun dunia. 

Perolehan ini adalah tak lain bentuk dukungan dari pemerintah Indonesia yang all out untuk semua atlet Indonesia pada cabang apapun juga. 


Pembangunan Asrama Atlet yang berstandar internasional

Untuk menyambut tamu negara dalam ajang Asean Games 2018, pemerintah telah membangun berbagai sarana dan prasarana termasuk pembangunan asrama atlet yang memenuhi standar internasional. Pembangunan asrama atlet ini meliputi 4 tahap di Jakarta dan Palembang 

Di dukung oleh berbagai komunitas 

sumber foto : s.id/indonesiabaik

Dukungan terhadap atlet juga datang dari berbagai komunitas di tanah air seperti Komunitas Ikatan Motor Indonesia (IMI), Lebih dari 200 komunitas mendukung dan akan memeriahkan Aian Games 2018. Mereka menciptakan panggung dengan menampilkan kebolehan masing-masing dalam rangka menggalang dukungan terhadap Asian Games 2018. 

Cetak prangko Limited Edition

bentuk lain dari dukungan terhadap atlet Asian Games 2018 adalah cetak prangko limited edition, dalam penerbitan prangko seri kusus Asian Games 2018 akan dicetak 11 dari 42 cabang olahraga yang diperlombakan. Beberapa cabang lomba yang dicetak antara lain renang, sepakbola, badminton, renang indah, basket, wushu, judo, berkuda dan atletik. Bentuk minisheet akan dicetak sebanyak 40.000. Sedangkan pada edisi khusus terdapat 2.000 set yang akan dicetak dengan tema kota penyelenggara Asian Games 2018.

Memasang branding berupa spanduk dan banner




Dukungan lainnya adalah berupa branding Asian Games 2018 yang dihimbau kepada kantor pemerintahan untuk mencetak baliho, spanduk dan banner yang di pasang ditempat-tempat strategis agar dapat dilihat dan dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat. Agar gaung Asian Games 2018 sampai ke semua masyarakat. 

Promosi Atlet

Seluruh atlet yang akan dikirim pada ajang Asian Games nantinya telah melewati berbagai tahapan dan saringan sehingga yang terpilih adalah yang terbaik diantara atlet terbaik tanah air. Fakta menarik dari atlet tersebut yaitu atlet wanita yang mencuri perhatian khalayak, karena selain memiliki kemampuan yang tidak diragukan lagi mereka juga memiliki fisik yang menarik. Beberapa diantaranya adalah :

artikel terkait : Lalu lintas Lancar Sambut Asian Games 2018

  • Angelina Magdalena Ticoli  (Billiard)
  • Delly Thresydinda (panahan)
  • Diandra Choirunnisa ( panahan)
  • Lindswell Kwok (Wushu)
  • Portia Fischer (sepakbola putri)
  • Pungky Afrieca (voly putri)
  • Sharon Liman Santoso ( Bowling)
  • Sisilia Agustian Ora (karate)
  • Srunita (karate)
  • Tanya Rouminfer (Bowling)

Selain dukungan yang telah diulas diatas masih banyak lagi dukungan lain yang bertujuan untuk mensukseskan Asian Games 2018. Ayo kita dukung Asian Games 2018 dengan mensuport mereka.

No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.