Tips Membuka Tabungan untuk Masa Pensiun

Halo Keluarga Daring kali, Apa kabar? Siapa yang sudah siap pensiun? Sudah punya bekal apa untuk masa pensiunmu? Banyak diantara kita yang khawatir jika memikirkan masa pensiun loh karena belum punya persiapan apa-apa. Nah agar kita siap menghadapinya jika sewaktu-waktu kita terpaksa pensiun karena sesuatu hal maka memiliki persiapan untuk menghadapi pensiun wajib kita lakukan.  Kali ini kami akan berbagi tentang Tips Membuka Tabungan untuk Masa Pensiun.

Tabungan untuk Masa Pensiun



Bagi pegawai swasta atau wiraswasta tentu mempersiapkan dana pensiun ini adalah wajib dilakukan. Karena saat pensiun kita sudah tidak akan bisa produktif bekerja, kehilangan penghasilan serta sudah mulai sakit-sakitan. Bahkan beberapa orang di hari tuanya sudah tidak mampu melakukan apapun karena sakit parah seperti stroke.

Nah jika kondisi ini sudah bisa kita prediksi sejak dini maka harus kita persiapkan bagaimana untuk menghadapi segala kemungkinan yang akan terjadi di hari tua. Memang yang namanya takdir sudah pasti akan menimpa setiap manusia namun apabila kita telah merencanakan dengan baik tentu kita akan meminimalisir kendala yang kita hadapi dikemudian hari. 

Banyak kejadian di masa tua yang tidak mengenakkan seperti terlantar, sakit keras yang tidak ditangani dengan baik, maupun ditinggal oleh kerabat. Nah kita tentu tidak pernah menginginkan hal ini terjadi bukan? Lalu apakah dengan dana pensiun yang telah kita persiapkan akan hilang segala kemungkinan terburuk? Tentu tidak kitabhanya berikhtiar mengurangi segala kemungkinan terburuk yang akan dihadapi saat sudah tidak mampu lagi bekerja.


Yuk simak Tips Membuka Tabungan Masa Pensiun


Pos Wajib

Saat masih produktif dimulai saat kita menerima gaji pertama kali maka yang kita lakukan adalah menabung. Menabung dengan rumus tertentu bisa saja dilakukan misalnya 10 persen dari gaji yang diterima adalah untuk tabungan. Sehingga berapapun besaran gaji kita tetap konsisten menabung sebesar 10 persen. Jadikan tabungan adalah pos wajib setelah kebutuhan pokok. 



Tabungan Ayam

Untuk tabungan jangka pendek boleh dilakukan dengan menyimpan tabungan ayam di rumah. Jangan sepelekan uang receh loh, karena jika dikumpulkan tentu akan menjadi sesuatu yang besar. Pilihlah tabungan ayam yang terhindar dari rayap atau serangga, misalnya secara konsisten menaruh anti rayap didalamnya hal itu untuk menghindari kemungkinan uang akan hancur termakan serangga. Apabila sudah penuh segera pindahkan tabungan ayam ke tabungan yang lebih aman. Menyiapkan tabungan ayam juga bermaksud agar kita menghargai uang, misalnya saat mendapatkan uang receh sisa parkir, sisa belanja langsung masukkan ke tabungan ayam.

Rekening Pensiun

Membuka rekening pensiun bisa dilakukan secara mandiri. Tidak harus mengikuti program yang diberikan oleh perbankan atau asuransi loh. Kita bisa melakukannya sendiri secara konsisten, misalnya menyisihkan gaji sebesar 5-10 persen tiap bulan untuk dimasukkan ke rekening pensiun. Jika besar gaji diawal hanya Rp 1.000.000,00 artinya kita menyisihkan 50.0000- 100.000 untuk tabungan pensiun. Dalam satu tahun kita sudah bisa menabung sebesar Rp 600.000- Rp1.200.000,00. Lalu bagaimana kalau selama 10 tahun kemudian 72.000.000 - 144.000.000. Usia seseorang tidak produktif/ pensiun biasanya sekitar 55-60 tahun. Seandainya Dia mulai bekerja usia 25 tahun maka ada waktu sekitar 30 tahun usia produktif yang bisa digunakan untuk menabung loh. Jadi besar tabungan pensiun yang dikumpulkan selama kurun waktu 30 tahun saat masih bekerja adalah 360 bulan atau jika dalam 10 tahun Dia mengumpulkan 72.000.000 maka dalam 30 tahun tabungan yang dikumpulkan adalah sebesar 216.000.000-432.000.000. Wah, dengan tabungan pensiun sebesar ini maka kita akan bisa dengan tenang menghadapi masa pensiun bukan? 

Analogi ini untuk gaji yang tetap loh, bagaimana kalau gaji naik setiap periode tertentu pastinya akan semakin banyak tabungan pensiun yang dapat kita kumpulkan. 


Menabung Emas

Menabung emas sudah dilakukan oleh orang-orang tua zaman dahulu, nilai emas selalu stabil bahkan akan terus meningkat sehingga tidak akan rugi jika menabung emas. Menabung emas artinya kita membeli emas dari uang gaji yang kita dapatkan dengan noinal tertentu. Misalnya setiap kali gajian kita membeli 0,5-1 gram emas. Atau jika terlalu kecil kita bisa menabung per jangka waktu tertentu misalnya setiap 2 gr, 5 gr, atau 10 gr emas tiap 3 bulan. Jika tiap bulan belum cukup uang yang kita sisihkan untuk tabungan maka tunda dulu sampai beberapa bulan sehingga cukup untuk membeli emas sesuai dengan yang kita inginkan. 

Emas memiliki kelebihan memiliki nilai tukar yang cenderung stabil. Selain itu emas juga mudah penyimpanannya, tidak membutuhkan banyak ruang dan tempat, dapat juga digunakan sebagai perhiasan. Namun harus diingat bahwa kita menabung emas bukan dalam rangka pamer loh. Hindari menggunakan perhiasan yang mencolok dan lebih dari satu meskipun kita memilikinya. 

Membeli aset

Membeli aset juga bisa dilakukan untuk persiapan pensiun misalnya kebun, sawah, tanah, rumah, dll. Tentu tidak mudah dilakukan untuk membeli aset jika tidak ada persiapan. Untuk mengatasinya maka mulailah mempersiapkan pembelian aset dari yang terkecil. Misalnya mengumpulkan uang lalu setelah terkumpul pada jumlah tertentu dibelikan aset. Membeli aset tidakakan ada ruginya karena seiring dengan waktu harga aset menjadi semakin naik.

Cara yang bisa dilakukan dengan menabung sedini mungkin. Misalnya dalam jangka 3 tahun kita menabung coba lihat nominalnya apakah sudah cukup untuk membeli properti? jika sudah ada maka belilah segera. Carilah properti yang tidak ribet perawatannya, cenderung naik nilainya. Tanah di perkotaan akan lebih bernilai tiap tahun 

Memelihara hewan ternak 

Nah cara ini bisa dilakukan jika kamu memiliki akses dengan orang-orang yang tinggal di area pedesaan maupun peternak. Ternak seperti sapi, kerbau, kambing bisa dijadikan aset untuk tabungan masa pensiun. Bekerjasama dengan peternak juga bisa dilakukan jika kita tidak bisa merawat ternak sendiri. Sistem bagi hasil bagi pemilik modal dan peternak akan menguntungkan semua pihak. Biasanya untuk sepasang ternak sapi maka akan dibagi 3:1. Punya 1 anak untuk pemodal, anak ke-2 untuk peternak. Anak ke-3&4 untuk pemodal, anak ke-5 untuk peternak begitu juga jika keturunannya melahirkan akan berlanjut terus.

Nah, bagaimana apakah sudah siap memiliki tabungan pensiun? Tentunya setiap pilihan tabungan memiliki resiko yang berbeda-beda. Misalnya Tabungan hewan resikonya adalah kematian hewan ternak karena sakit, wabah atau kecurian. Namun jika kita memiliki pengetahuan yangbaik tentang dana pensiun ini tentunya kita juga mempersiapkan kemungkinan terburuk yang terjadi di kemudian hari. 

Sampai Jumpa di artikel finance yang akan datang. Selamat menabung Keluarga Daring. 

23 comments

  1. Untuk masa pensiun sebenarnya harus dipikirkan sejak pertama kali menerima penghasilan ya Mbak. Di zaman sekarang ada beberapa cara ya ternyata.

    ReplyDelete
  2. Ishh bener banget nih Mak, kita kudu siapkan dana untuk masa pensiun ya.
    Supaya bisa hidup damai, perbanyak ibadah.
    Tdk membuat anak kita jadi generasi sandwich
    semangaatt :D

    ReplyDelete
  3. benar sekali ya mbak, masa pensiun harus disiapkan jauh jauh hari ya
    klo aq sekarang lagi coba menabunh emas buat investasi mendatang

    ReplyDelete
  4. Aku dan suami prefer menabung dalam bentuk usaha, dan insya Allah mulai nabung emas lagi.

    Kalo 5 tahun belakangan memang karena kebutuhan, tiap ada uang larinya ke gadget terbaru, sekarang karena anak anak udah terpenuhi kebutuhannya jadi mulai mikir uang yang bisa dipetik saat usia udah mulai menanjak

    ReplyDelete
  5. Suami 10 tahun lagi pensiun, saat itu si bungsu belum kelar kuliahnya..maka meski disiapkan tabungan untuk dana pensiun sejak mula. Memang penting ya, karena pastinya pilihan tabungan ada lebih kurangnya dan bisa disesuaikan dengan situasi kita

    ReplyDelete
  6. Setuju Mba, dengan banyaknya pilihan, dana pensiun ini memang sebaiknya disiapkan sesuai kemampuan ya. Penting untuk kita menjalani masa tua yang baik dan berkecukupan. Lifestyle di masa muda tentunya berpengaruh terhadap adanya tabungan masa tua/Pensiun ini

    ReplyDelete
  7. Aku n suami lbh ke beli aset mba. Tp kekurangannya ssh dijualnya kalo mepet perlu. Wkwk. Jd lbh ke bagi 2 gt asetnya. Jangka pendek n panjang. Pensiun jls ke jangka panjang ya mba.

    ReplyDelete
  8. mau banget punya dana pensiun dan enggak tergantung dengan anak-anak kelak. Maen investasi atau beternak mungkin solusi keren nih.

    ReplyDelete
  9. Setuju banget mbj. Penting banget punya dana pensiun, apapun bentuknya. Btw, bener banget lho.. Jangan sepelekan tabungan ayam, pas penuh, dihitung.. Pasti kaget hehe

    ReplyDelete
  10. Baca artikel ini jadi sadar ya betapa pentingnya tabungan dimasa pensiun. Betul banget harus kita pikirkan agar ketika masa tua tiba, kita tak lagi dihantui ini itu... Mungkin tabungan emas dan investasi bisa jadi pilihan tepat ya?

    ReplyDelete
  11. Setuju mbak, sebenarnya banyak cara ya menyisihkan sebagian gaji untuk dianggarkan sebagai dana pensiun. Jika konsisten, maka saat memasuki masa pensiun akan lebih tenang karena take ada masalah dengan finansial

    ReplyDelete
  12. Wah, banyak juga ya pilihan tabungan untuk masa pensiun. Kebanyakan berupa barang ya. Huhu aku jadi keingetan belom punya tabungan untuk masa pensiun. Kudu mulai sekarang. Harusnya malah dari dulu.

    ReplyDelete
  13. Dulu di kampungku masih bisa nitip sapi atau kambing ke peternak. Cocok untuk tabungan

    ReplyDelete
  14. punya dana pensiun tentunya penting yaa biar anak2 ga perlu repot tanggungan ortunya juga. aku tipe yg ngumpulin dikit2 ituu, tapi sekarang dimasukin ke saham juga, dan beberapa instrumen lain karena tentunya inflasi tetep ada yaa..

    hehehe

    ReplyDelete
  15. Karena bukan PNS yang nota bene dapet pensiun, aku juga lagi berusaha menyiapkan dana masa depan di hari tua. Harapannya sehat selalu ya, tapi jangan sampai nyusahin orang lain. Aku baru punya tabungan emas dan rekening danareksa nih, Mak. Ide tabungan ayam dan pencegahan rayapnya cakep. Aku tiap mau beli celengan ayam keramik gagal maning. Padahal the power of receh itu emang laur biasa kalau dikumpulin

    ReplyDelete
  16. Jadi tenang yaa hidup di hari tua kalau sudah punya tabungan masa pensiun seperti ini. Tinggal menikmati hari aja, impian semua orang banget nih.

    ReplyDelete
  17. Kalau aku nyiapin dana pensiun lewat produk investasi jangka panjang mbak. Mumpung masih produktif kerja sih harus dimanfaatkan dengan baik. Aku maunya pensiun dini di usia 45 gitu hehe.

    ReplyDelete
  18. punya hewan ternak nih, belum. entah kayaknya gak bisa deh, meski mungkin orang lain yang urus. nabung follower baelah untuk pensiun, hahaha

    ReplyDelete
  19. Aplagi aku yg sempat kepikiran mau pensiun dini dulu.
    Mau nabung atau investasi apa ya utk masa pensiun nanti...
    Thanks sharingnya yaa...
    Tp emang harus niat banget nyisihin nih dr THP bulanan

    ReplyDelete
  20. Sepertinya yang lebih menjanjikan adalah menabung emas untuk pensiun ya Mbak. Secara nilai emas dari tahun ke tahun semakin naik dan stabil.

    ReplyDelete
  21. Selalu bercita2 jadi org tua yang kelak gak merepotkan anak. Memang kudu ada investasi mulai sekarang ya mbak. Emas salah satu investasi yang bagus, mungkin no dua setelah properti ya, bahkan lbh mudah dijual sewaktu2

    ReplyDelete
  22. Iya lo, kak..
    Kami juga sendang bikin sawah di daerah Lembang.
    Menyenangkan...kegiatan kala sedang liburan.
    Dan berharap, semoga bisa menjadi tabungan untuk kami sampai tua nanti.

    ReplyDelete
  23. Saya baru mau mulai nabung lagi. Kemarin tabungannya habis buat hidup selama pandemi, nasib. Tapi tetap ada hikmahnya, sekarang jadi lebih detil mengatur keuangan.

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.