5 Buku Dongeng Inspiratif yang dibuat Film

Apa kabar keluarga Daring semoga selalu sehat dan terus menebar kebaikan. Kali ini aku akan berbagi cerita tentang buku dongeng. 

dongeng yang dibuat film



Siapa yang sering mendengar dongeng? Siapa yang masih membacakan dongeng untuk Ananda sebelum tidur? Hehe dongeng itu bayak sekali manfaatnya ya Moms, dongeng memang bukan cerita sebenarnya namun dongeng dapat membangkitkan imajinasi seseorang sehingga memiliki daya imajinasi yang tinggi yang akan mengasah kemampuan berpikir  kreatif dan imajinatifnya. Kelak kemampuan berpikir kreatif dan imajinatif ini akan berguna membuat  ide-ide baru dalam pekerjaan atau kehidupannya. Orang yang memiliki ide baru akan bisa bertahan hidup di tengah kesulitan yang dihadapinya. 

Nah sudah tau kan manfaat dongeng? Jadi tidak ada salahnya jika kita mencari tau tentang dongeng dongeng yang bagus untuk dibacakan kepada putra putri kita di rumah.

Berikut ini ada beberapa dongeng terkenal yang di jadikan film loh. Bahkan ada cerita dari buku dongeng yang sukses setelah dibuatkan film.


5 Buku Dongeng Inspiratif yang dibuat Film 



1. A Spring Day's Dog

Dongeng ini sukses dalam materi cerita pada drama Korea It's Okay not be okay yang ditayangkan sekitar pertengahan 2020. A Spring Day's Dog mengisahkan tentang seekor anjing yang hidup di sebuah desa. Anjing yang pandai menyenangkan hati setiap warga desa tersebut. Setiap hari ia akan menyapa orang yang lewat sehingga mereka yang melihat si anjing akan merasa senang dan terhibur. Ia bersemangat menghibur warga kampung. Namun ia tidak bisa bebas karena terikat di sebuah teras rumah. 

Bila malam tiba ia menangis merengek sedih. Hingga suatu saat datanglah seorang warga yang menyapanya dan menanyakan mengapa ia harus merasa sedih saat malam tiba. Ia bisa saja melepas tali ikatan tersebut jika mau. 

Namun si Anjing berkata bahwa ia lupa cara melepaskan ikatan di lehernya karena sudah terbiasa berbahagia dengan ikatan yang ada di lehernya tersebut. Ia berbahagia dengan ikatan tersebut. Makna yang tersirat dari dongeng ini adalah sebuah kebiasaan yang membelenggu kita kadang kala membuat kita berbahagia namun ada kebahagiaan yang lebih besar lagi di depan mata kita yang tidak bisa kita dapatkan karena kita terlalu sibuk dengan kebiasaan yang ada. 

Dongeng ini telah di buat dalam bentuk drama di Its Okay to be not be Okay yang diperankan oleh Kim So Hyun dan Seo ye Ji pada pertengahan tahun 2020. 

2. The Teenage Boy Who Grew Up Eating Nightmares

Dongeng ini mengisahkan tentang seorang anak laki-laki yang selalu mengalami mimpi buruk. Ia putus asa karena setiap malam selalu mengalami mimpi buruk yang membuat hidupnya tersiksa. Lalu ia datang kepada seorang penyihir dan meminta agar tidak memiliki mimpi buruk lagi. 

Si penyihir pun memenuhi permintaan si anak laki-laki dengan syarat ia harus menuruti apa yang diinginkan oleh penyihir tersebut. Permintaan anak laki-laki adalah agar penyihir mengambil semua mimpi buruknya. Setelah penyihir mengambil semua mimpi buruk si anak laki-laki akhirnya ia sembuh dari ketakutan dengan mimpi buruk yang selama ini menghantuinya. 

Seiring dengan waktu si anak laki-laki mendatangi penyihir kembali dan mengatakan bahwa mengapa Ia tidak juga berbahagia meskipun mimpi buruknya sudah diambil oleh penyihir. Si penyihir mengatakan bahwa mungkin saja hal tersebut bukan berasal dari mimpi buruk yang selama ini menghantuinya tapi berasal dari dirinya sendiri. 

Mungkin saja kebahagiaan seseorang bisa didapatkan bukan dari perginya mimpi buruknya namun karena ia berhasil menghadapi mimpi buruk tersebut dan beradaptasi dengan baik. Sehingga kebahagiaan yang diinginkannya bisa saja berasal dari dalam dirinya sendiri yang mampu beradaptasi bukan karena faktor lain. 

The Zombie Child

buku dongeng anak



Dongeng The Zombie Child berkisah tentang seorang ibu yang memiliki bayi laki-laki. Karena sayang dan cinta nya kepada sang putra ia membesarkan anaknya sendiri tanpa bantuan orang lain. Ia tidak mengizinkan orang lain bertemu dengan putranya  karena tidak ingin anaknya akan memiliki pengaruh buruk dari orang lain. 

Ia menyembunyikan anaknya di gua bawah tanah jauh dari jangkauan manusia. Setiap hari Ibu membawa makanan berupa daging yang sangat disukai oleh putranya. Namun suatu hari di daerah tersebut muncul wabah penyakit yang menyebabkan semua hewan mati dan tidak ada yang dapat dimakan oleh putranya. 

Ibu itu tidak rela membiarkan anaknya kelaparan dan menangis, lalu ia memotong kakinya dan memberikan ke anaknya. Si anak makan dengan lahapnya. Hari berikutnya anaknya masih meminta makanan sang Ibu lalu memberikan tanganya untuk makanan anaknya. 

Hari berikutnya si ibu tidak tau lagi mau memberikan apa kepada anaknya, lalu ia memberikan tubuhnya kepada sang anak. Si anak yang tidak tau lalu berkata "Ibu ternyata hangat ya!" 

Jadi kita bisa mengambil pelajaran dari dongeng si Anak zombi ini bahwa seorang anak tidak semata-mata bisa tumbuh hanya dari apa yang dia makan namun juga dari kasih sayang dan kehangatan si ibu serta orang-orang di sekelilingnya. 


Pocahontas


Dongeng Pocahontas telah dibuat menjadi sebuah film produksi Disney dan sudah ditayangkan di berbagai negara termasuk di Indonesia. Dongeng ini bercerita tentang seorang anak perempuan yagn berasal dari suku Pocahontas yang senang mengeksplore alam di daerah dimana ia tinggal. 

Ia bebas menikmati alam, bermain di hutan, air terjun dan seluruh pelosok negerinya. Suatu ketika ia bertemu dengan seorang pemuda bernama John Smith dan mulai menyukainya. John Smith sendiri menjadi tawanan suku Pocahontas. Saat sedang berdua dengan Smith suku Pocahontas menangkap Jon Smith dan terjadilah peperangan. 

Pocahontas menghadap ayahnya yang merupakan kepala suku dan meminta agar John dibebaskan. Akhirnya karena permintaan putrinya John dibebaskan dan kembali ke daerah asalnya. 

Putri Duyung


Kisah dongeng tentang putri duyung telah banyak dijadikan film dan drama. Kisah ini bermula dari seorang pemuda yang jatuh ke laut lalu diselamatkan oleh putri duyung. Putri duyung jatuh cinta kepada si pemuda namun ia tidak bisa bersama karena alam keduanya berbeda. Lalu putri duyung meminta agar dipertemukan kembali dengan pemuda yang dicintainya tersebut.

Permintaan putri duyung dikabulkan dengan syarat dirinya tidak boleh terkena air. Jika terkena air maka tubuhnya akan kembali menjadi putri duyung. Putri duyung memiliki keistimewaan yaitu Ia mampu menghapus ingatan setiap orang yang dikehendakinya sehingga saat seseorang melihat wujud aslinya ia bisa menghilangkan ingatan orang tersebut kecuali pemuda yang dicintai dan mencintainya dengan tulus. 

Hingga suatu ketika ia bertemu dengan pemuda yang dicintainya tersebut di bumi dan mendapatkan cinta sejati. Namun sayangnya mereka tidak bisa selamanya bersama karena dunia mereka berbeda. Kisah cinta putri duyung inilah yang menarik dijadikan film dan drama. 

Drama yang diadopsi dari kisah putri duyung adalah The Legend of Blue Sea yang dibintangi oleh Ju Ji Hyun dan Lee Min Hoo, serta beberapa film lokal lainnya. 

2 comments

  1. aku paling suka pocahontas <3 Disney always makes a beautiful adaptation!

    ReplyDelete
  2. Suka dongeng yang di buat drama

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.