Cara Kerjasama Blog Agar Menghasilkan

Halo Keluarga Daring apa kabar? Kali ini aku akan berbagi tentang bagaimana langkah-langkah mendaftarkan blog agar menghasilkan uang. Seperti yang diketahui bahwa blogger adalah salah satu pekerjaan yang bisa ditekuni dengan serius dan menjadi salah satu sumber mata pencaharian di zaman digital saat ini.

.

Cara Kerjasama Blog Agar Menghasilkan Uang

Cara kerjasama Blog agar menghasilkan uang antara lain: 

1. Review
2. Affiliated
3. Kerjasama Backlink 
    3.1 Sosiago
          3.1.1 Cara Mendapatkan Penawaran Kerjasama di Sosiago
          3.1.2 Cara Mengerjakan Task di Sosiago
          3.1.2 Cara Menarik Saldo di Sosiago
    3.2 Rajabacklink
          3.2.1 Cara Mendaftarkan Blog di Rajabacklink
          3.2.2 Cara Mengerjakan Penawaran kerjasama di Sosiago
          3.2.3 Cara Menarik Saldo di Rajabacklink
    3.3 Vira.id
          3.3.1 Cara Mendaftarkan Blog di Vira
          3.3.2 Cara Mengerjakan Bid di Vira
          3.3.3 Cara Menarik Saldo di Vira
4. Adsense
    4.1 Cara Mendaftar Blog Google Adsense
    4.2 Cara Gajian dari Google Adsense
    4.3 Cara Menarik Uang dari Adsense

Baiklah sekarang akan kita kupas satu persatu tahapannya ya. 

Apa itu blogger

Blogger adalah orang yang membuat blog dan konsisten mengisi blog untuk dibagikan kepada orang yang membutuhkan menggunakan internet. Blogger adalah mereka yang mengelola blog, menulis dan menerbitkan artikel sehingga bisa dilihat oleh banyak orang di internet.

Menulis artikel di blog dapat dilakukan oleh siapa saja yang memiliki blog. Blog sendiri adalah layanan situs pribadi yang diberikan oleh perusahaan raksasa  mesin pencari seperti Google maupun Yahoo sebagai tempat mempertemukan para pencari informasi dengan penyedia informasi.

Ibarat toko, maka blog adalah toko dimana banyak informasi barang-barang yang dibutuhkan oleh banyak orang. Karena ada pengunjung yang mencari informasi di mesin pencari lalu ada blog yang memberikan informasi yang dibutuhkan oleh pengunjung maka blog itu juga dapat diartikan toko tempat bertemunya penjual dan pembeli dalam hal ini penjual adalah pemilik blog sedangkan pembeli kita sebut sebagai pengunjung.

Semakin lengkap informasi yang dicari oleh pengunjung maka blog akan semakin ramai dikunjungi sehingga blog akan semakin baik kredibilitasnya di mesin pencari. Hal ini menjadi hubungan timbal balik yang dapat menguntungkan kedua belah pihak. Pihak pemilik blog akan memiliki reputasi yang baik, pengunjung akan semakin betah berkunjung ke blog tersebut.

Apabila blog memiliki reputasi baik maka tentu ada pihak lain yang akan mempercayakan barang yang mereka jual direview oleh pemilik blog sehingga pengunjung secara tidak langsung akan melihat barang tersebut lalu tertarik membeli. Bukankah hubungan yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak?

Nah, selain itu blog juga dipercaya oleh para pengusaha untuk menaikkan reputasi barang mereka. Seperti yang diketahui saat ini semua lini perusahaan apapun bentuknya memiliki website/situs sebagai tempat pengunjung mencari informasi namun kendalanya website tersebut kadang sulit ditemukan oleh pengunjung karena belum direkomendasikan oleh mesin pencari. 

Yang harus dilakukan oleh pemilik website/situs agar dapat ditemukan oleh pengunjung adalah memgoptimasi blog mereka sehingga direkomendasikan oleh mesin pencari dan tentu saja mudah ditemukan oleh pengunjung.

Review

Cara pertama yang dilakukan setelah kamu membuat blog adalah Mengoptimasi Blog mu agar memiliki reputasi yang baik di mata pengunjung. Blog yang memiliki reputasi baik di mata pengunjung akan banyak dicari oleh brand-brand untuk direview oleh blogger. Lihat saja jika kamu mencari sesuatu informasi sebuah produk lalu mencarinya di mesin pencari maka akan muncul review atau artikel yang ditulis oleh blogger tentang produk tersebut. 

Untuk dapat dipercaya oleh brand saat mereview sebuah produk terlebih dahulu kamu harus memiliki kemampuan dalam menulis dengan gaya story telling yang baik. Review yang ditulis dengan sangat baik oleh blogger akan dicari oleh pengunjung dan tentunya akan menggiring pengunjung sehingga mendapatkan informasi produk tersebut.

Cara menulis Review yang baik 

  •  Membaca keseluruhan info produk
  • lebih baik jika menggunakan langsung produk tersebut agar mendapatkan pengalaman sendiri tentang produk tersebut. 
  • Menuliskan tentang pengalaman pribadi saat menggunakan produk tersebut
  • Melengkapi dengan gambar-gambar yang bagus, fokus dan tidak blur
 

Cara Mendapatkan Job Review dari Blog


Setelah kita memiliki blog dengan performa yang baik dimata google meliputi Domain Authority (DA) yang tinggi (sebagian klien menginginkan DA tinggi untuk kerjasama), Pengunjung organik, DR baik, Spam Score kecil, View tinggi maka saatnya kita menawarkan blog untuk bekerjasama dengan klien. 

Cara nya dengan banyak jalan seperti bergabung di grup-grup blogger yang akan mencari blog-blog dengan kriteria yang diinginkan oleh klien. Selain itu berinteraksilah dengan baik di semua grup-grup blogger agar memiliki citra yang baik. 

Anda juga bisa menawarkan secara langsung kepada klien atau agen yang dapat menghubungkan blogger dan klien. 

Affiliated

Program Affiliate dimaksudkan untuk menghubungkan influencer dan pelanggan. Pemilik blog akan memberikan space di blognya baik berupa banner, backlink ataupun gambar agar dapat di klik oleh pengunjung blog. Pengunjung yang akan mengklik lalu melakukan transaksi di situs klien tentunya akan membayar sejumlah uang dan klien mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan produk tersebut. Keuntungan inilah akan dibagi kepada blogger yang berhasil membawa pengunjung blognya membeli produk klien. 

Misalnya ada suatu e-comerce menawarkan diskon tertentu. Lalu kita menulis tetntang produk tersebut. Pihak pengunjung tertarik membeli karena mendapatkan informasi dari blog kita. nah, hasil tracking data pelanggan akan terlihat bahwa sumber pengujung adalah berasal dari blog kita. Dari sanalah affiliate itu terjadi. 

Memasang Backlink

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menghasilkan uang dari Blog adalah dengan kerjasama backlink dengan pihak yang pembeli backlink. 

Lalu bagaimana kita bisa bertemu dengan pihak pembeli backlink?


Caranya adalah mendaftar sebagai influencer di situs/penyedia  sehingga blog tersebut memberikan rekomendasi untuk website/situs tersebut. Semakin banyak blog yang merekomendasikan maka semakin baik kredibilitas website/situs tersebut di mata mesin pencari.


Lalu bagaimana pihak website/situs menemukan blog kita?

Pihak pembeli backlink Inilah peran dari Pihak ketiga yang menghubungkan antara advertiser (pemilik website/blog/brand) dengan influencer (pengelola blog)

Ada beberapa jasa penghubung advertiser dan influencer yang sudah saya kenal sejak lama dan secara konsisten menjadi tempat saya mengumpulkan recehan dari blog. Berikut ini ulasannya. 

Kita akan kupas tuntas bagaimana menjadikan blog sehingga menghasilkan uang dan menjadi salah satu sumber penghasilan tiap bulannya. Jangan salah loh mereka yang konsisten di bidang blog ini banyak yang telah memiliki karyawan, memberdayakan pemuda di linkungan nya tinggal sampai merekrut pegawai dari blog. Ingatlah jika segala sesuatu ditekuni dengan serius maka akan membuahkan hasil yang maksimal.

Sosiago

Sosiago adalah layanan pihak ketiga yang mempertemukan advertiser dan influencer. Setiap orang bisa menjadi advertiser yaitu orang  yang ingin mempromosikan barang yang mereka jual melalui backlink yang dipasang di blog influencer. Sedangkan influencer adalah mereka yang memiliki blog sebagai tempat memasang backlink di dalam artikel yang mereka tulis. 


Cara bergabung di Sosiago

  1. Buka situs https://www.sosiago.id
  2. Pilih bergabung sebagai influencer 
  3. Register dengan nama akun, email, nomor hp. Lalu jika sudah berhasil login dengan email dan password yang didaftarkan.
  4. Lengkapi profil di bagian akun meliputi nama, minat. Minat ini adalah ketertarikan menulis tema apa, Niche blog kita apa, dll
  5. Memasang kode tracking di blog. Daftarkan blog yang sudah siap yaitu TLD, trafick, dan berhasil di tracking oleh Sosiago dengan bukti bahwa blog berhasil diregistrasi di bagian blog.
  6. Lihat task yang ditawarkan pada bagian dashboard. Klik task yang ditawarkan lalu pilih blog kita. 
  7. Setelah semua profil, informasi blog dan infomasi akun rekening bank, kontak pribadi sudah berhasil diregistrasi saatnya mencari task (penawaran ) yang cocok untuk kita.
  8. Tunggu hingga advertiser memilih blog kita. Akan ada pemberitahuan di email jika task kita diterima.

Cara Mengerjakan Task di Sosiago


Apabila blog kita terpilih mendapatkan task maka akan ada pemberitahuan di email bawa task kita diterima. Langkah yang dilakukan adalah:

  • 1. Login ke Sosiago, masukkan email dan password
  • 2. Buka task lalu akan muncul task yang diterima
  • 3. Klik pada bagian CREATE untuk memulai membaca task yang diberikan. Bacalah dengan hati-hati task tersebut. Seperti Keyword, Landing page, backlink, dll.
  • 4. Jika task berupa tulis sendiri maka kita harus menulis sendiri di blog sesuai dengan rahan dari task tersebut. Namun jik task tersebut berupa conten placement maka kita bisa download materi lalu copy pastekan ke blog. Jangan lupa untuk emnambahkan backlink dan keyword yang diminta. 
  • 5. Tambahkan gambar yang relate dengan artikel tersebut. lalu publish.
  • 6. Setelah selesai publish kita buka lagi web Sosiago lalu kirimkan url artikel yang sudah kita kerjakan di blog 
  • 7. Apabila sudah diaprove  oleh klien maka Uang akan masuk ke saldo akun kita di Sosiago.
  • 8. Tunggu sampai klien menerima hasil review mereka terhadap url artikel di blog. Apabila mereka menerima maka akan ada pemberitahuan bahwa Task yang sudah kita kerjakan di approve
Pada bagian create di gambar ini silahkan di klik lalu akan ada brief yang wajib diperhatikan oleh blogger dalam artikelnya terkait backlink, keyword, landingbpage dsb.

Cara mencairkan Uang di Sosiago


Apabila kita selesai mengerjakan task dan berhasil di approved oleh klien maka saatnya menunggu job selanjutnya. Jika dalam kurun waktu satu bulan kita tidak mendaatkan job, maka saldo otomatis akan ditransfer oleh sistem ke rekening yang kita daftarkan sebelumnya pada bagian profil. Uang akan cair setiap hari kamis minggu ke-2. Di Sosiago tidak ada minimal saldo untuk pencairan semua akan dikirim ke rekening pribadi kita tiap bulan asalkan kita tidak sengaja  ditabung.

Rajabacklink

Rajabacklink adalah situs penghubung antara influencer dan adverticer. Rajabacklink akan mempertemukan blog yang dicari oleh adverticer untuk memasak backlink dengan tujuan untuk meningkatkan performa situs mereka sedangkan untuk influencer akan mendapatkan imbalan berupa uang. 

Sama halnya Sosiago Rajabacklink juga terbuka untuk siapa saja pemilik blog untuk mendaftarkan blognya ke adverticer. 


Cara mendaftarkan blog ke Rajabacklink


Untuk mendapatkan uang dari blog langkah yang harus dilakukan adalah mendaftarkan blog ke Rajabacklink. dengan cara sebagai berikut : 

1. Register di Rajabacklink dengan email, nomor hape dan nama aku. 
2. Periksa email apakah sudah berhasil notifikasinya akan masuk. 
3. Login ke Rajabacklink 
4. Lengkapi data diri pada bagian profil lalu
5. Pada bagian blog tuliskan blog yang akan didaftarkan.
6.  Masukkan kode tracking di blog agar rajabacklink dapat men-tracking blog kita. 
7. Apabila sudah berhasil maka  kita tinggal menunggu mendapatkan Order

Cara Mengerjakan Order di Rajabacklink


Penawaran di Rajabacklink kita sebut sebagai Order. Order akan di dapat apabila blog kita terpilih oleh advertiser. Pihak Rajabacklink akan mengirim pemberitahuan di email dan sms pada nomor yang kita daftarkan. 

1. Login ke Rajabacklink setelah sebelumnya register
2. Isi semua data diri di bagian profil 
3. Lengkapi akun bank untuk mentransfer uang yang diperoleh dari Rajabacklink 
4. Lengkapi blog yang akan di daftarkan untuk kerjasama backlink. Boleh lebih dari satu blog jika ada.
5. Pasang kode tracker yang diberikan oleh sistem rajabacklink di dashboard blog yang kita daftarkan. Tunggu beberapa saat hingga sistem mentracking kode dari blog kita. Setelah berhasil maka blog kita sudah siap untuk menerima order backlink.
6. Apabila ada order backlink maka akan ada SMS pemberitahuan di nomor smartphone yang kita daftarkan. Selain itu pemberitahuan juga ada di email. Jadi sering seringlah membuka email.
7. Silahkan kerjakan orderan apabila ada pemberitahuan 

Cara mengerjakan orderan di Rajabacklink


Untuk mengerjakan order ikuti langkah-langkah berikut: 

1. login ke Rajabacklink, 
2. lalu buka pada menu jual backlink. 
3. Klik bagian update.
4. Ikuti arahan/brief dari sistem tentang keyword, landing page, backlink, dll
5. Setelah artikel selesai copy link artikel paste kan ke bagian kirim link.
6. Tunggu hingga artikel diapprove oleh klien. Apabila artikel diapprove maka saldo akan langsung masuk ke dompet akun kita.


Cara mencairkan saldo di Rajabacklink



Apabila saldo dompet pada akun kita di Rajabacklink sudah ada maka kita bisa mencairkannya dengan meminta sistem mentransfer saldo tersebut ke rekening kita. Caranya dengan menuliskan jumlah saldo yang akan kita tarik. Besar saldo Minimal 250.000 jika kurang dari jumlah tersebut maka kita harus menunggu hingga mencapai saldo minimal. Uang akan masuk ke rekening setiap Minggu pertama hari senin tiap bulannya. Pastikan rekening yang kamu isi di akun tidak salah ya.

Vira 


Vira.id adalah salah satu website penyedia layanan penghubung advertiser dan influencer. Kamu yang memiliki blog bisa mendaftarkan blog mu di Vira dan mendapatkan bid (tawaran) kerjasama dari klien. 

Saya baru juga mendapatkan penghasilan di Vira dari blog ini. Tapi jangan khawatir tidak sulit kok beradaptasi dengan sistem kerja di Vira jika kamu sebelumnya telah sering mengerjakan job serupa di website layanan jual beli backlink  lainnya.

Cara mendaftarkan blog di Vira


  • 1. Register di situs Vira.id menggunakan email, hp dan nama akun. Jika sudah berhasil maka akan ada pemberitahuan di email.
  • 2. Login ke situs Vira dengan email dan password yang telah di registrasi.
  • 3. Lengkapi data profil 
  • 4. Daftarkan blog dengan domain TLD Anda di bagian my blog.
  • 5. Pasang kode tracking di blog TLD yanh anda daftarkan, tunggu beberapa saat hingga sistem berhasil mentracking blog Anda.
  • 6. Jika sudah berhasil maka lengkapi bagian akun bank, Niche blog dll.
  • 7. Tunggu hingga Anda mendapatkan bid.


Cara mengerjakan bid di Vira 





Ini adalah tampilan aplikasi Vira, silahkan ajukan bid di bagian sponsored Conten.


Lakukan bid now untuk menawarkan blog kita kepada pihak advertiser. Klik tombol berwarna hijau diatas lalu baca brief yang dimaksud. Masukkan blog dan keyword yang kita inginkan.




Cara Mencairkan Saldo di Vira


Untuk mencairkan saldo di Vira maka kita tinggal menuliskan nominal saldo yang mau ditransfer ke rekening kita. Batas minimal yang boleh dicairkan adalah 300.000 jadi jika saldo kalian masih dibawah itu berarti harus menunggu hingga mencapai limit tersebut. Pastikan rekening yang didaftarkan benar dan aktif. Untuk pencairan biasanya dilakukan Minggu pertama tiap bulan.


Hiip


Hiip adalah platform influencer terkemuka di Asia Tenggara yang menghubungkan advertiser dan influencer. Hiip saat ini memimpin pasar influencer di Thailand, Malaysia, Indonesia. Untuk mendapatkan Tawaran kerjsama di Hiip Terlebih dahulu register ke situs Hiip dan lakukan pendaftaran dengan email dan pasword. 

Hiip akan menawarkan kerjasama dengan terlbih dahulu memberitahukan lewat email. Di email kita akan diberikan brief yang harus dikerjakan dengan deadline yang harus ditepati oleh blogger. Setelah pekerjaan selesai maka pihk Hiip akan memberikan imbalan berupa fee yang telah disepakati sebelumnya pada brief yang terdahulu. 


Adsense


Menghasilkan Uang dari Adsense sudah diketahui oleh blogger pada umumnya. Namun untuk bisa mendapatkan uang dari Adsense tetnu membutuhkan effort yang kuat dari dalam diri kita. jangan hanya berangan-angan untuk mendapatkan uang dari blog tapi kita tidak mau berusaha lebih keras. Menghasilkan uang dari Adsense bagi sebagian orang mudah tapi belum tentu bagi blogger lainnya. Tentu setiap orang punya tantangan tersendiri. 

Sebelum menghasilkan uang dari Adsense kita sebaiknya memperbaiki performa blog kita terlebih dahulu karena syarat diterima adsesnse ditentukan oleh perpforma blog kita di mata google. 

Cara Mendaftarkan Blog ke Google Adsense


Untuk mendaftarkan blog ke goole adsense terlebih dahulu harus memenuhi syarat-syarat antara lain : 

  • 1. Blog mendapatkan trafik yang stabil diatas 100 kunjungan perhari
  • 2. Blog Memiliki postingan minimal 30 postingan
  • 3. Blog tidak melanggar aturan google
  • 4. Klik pada bagian Penghasilan di dashboard blogger lalu lihat pemberitahuan apakan blog kita lulus untuk dipasangkan adsense?jika lulus maka id penayangan google adsense akan ada di blog kita. 
 

Cara Memasang adsense di blog

Untuk memasang iklan di blog mesti diterima google adsense terlebih dahulu. Setelah blog didaftarkan di google adsense dan mendapatkan ID Publisher maka kita boleh memasang di blog untuk menampilkan iklan. Ikuti aturan yang telah ditetapkan oleh google adsense mengenai penayangan iklan di blog kita. Jika sudah sampai di tahap ini maka kita tinggal memperbanyak trafik ke blog kita dengan membuat artikel yang bermanfaat dan dikunjungi oleh pengunjung. 

 Cara mencairkan uang dari Adsense


Untuk mencairkan uang di google adsense ada beberapa syarat yaitu : 

  • 1. Mendapatkan PIN yang dikirim oleh Google adsense ke alamat rumah kita
  • 2. Verifikasi PIN di laman google adsense
  • 3. Saldo di akun google adesnse melebihi $100 atau setara dengan Rp1.400.000 sesuai kurs dolar saat ini. 
  • 4. Mengambil ke kantor pos atau dikirim ke rekening pribadi sesuai yang kita inginkan. 

Nah, Keluarga Daring apakah sudah siap untuk mendaftakan blog mu sehingga bisa menghasilkan ? Yang paling penting adalah tetap menjaga performa blog kita sehingga tetap bagus dan dipercaya oleh brand-brand dan situs-situs yang terpercaya. 

Selamat mencoba!







2 comments

  1. Vira nya cuma 1 blog ya Mbak. Bagusnya daftar aja beberapa yang ada. Soalnya pengalamanku, klien yang udah pernah order kita, nanti akan order lagi jika puas. tetapi, akan pilih blog yang lain kalau ada blog lain.

    ReplyDelete
  2. Sudah pernah dapet job dari Vira dan Rajabacklink, Sosiago yg belum dapet sama sekali 🤭

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.