Aktivitas Daring Lancar dengan Internet Jaringan 4.5G Pro

Sebagai guru matematika aktivitas mengajar di masa pandemi ini sangatlah terhambat. Sudah diketahui banyak orang jika belajar matematika itu harus mengerti dahulu teori dan latihan soal-soal. 



Sebagian siswa akan memahami pelajaran matematika jika melihat langsung proses guru nya menjelaskan, tahapan penyelesaiannya hingga operasi yang dilakukan pada tiap tahapan penyelesaian sebuah materi. Nah akan sangat sulit dilakukan jika tidak ada interaksi antara guru dan murid. 


Ada tipe-tipe kecerdasan anak yang memahami secara otodidak materi tanpa perlu penjelasan lebih lanjut dari guru. Namun banyak juga siswa yang harus melalui bimbingan langsung dari guru untuk memahami materi. Inilah dilema bagi guru matematika di masa pandemi. Dimana guru dan murid tidak bisa bertatap muka langsung untuk menuntaskan tujuan pembelajaran. 

Keterbatasan ruang  ini menjadikan guru berpikir keras bagaimana caranya agar proses pembelajaran matematika dapat lebih efektif sehingga materi dapat tersampaikan dan dipahami oleh siswa dengan baik. 

Metode  yang aku lakukan saat mengajar matematika secara daring yakni :  

Mengajar Daring


Mengajar Daring menggunakan aplikasi Zoom, Google meet dilakukan beberapa kali dalam satu pokok bahasan. Hal ini dilakukan untuk menjelaskan materi pelajaran baik itu teori, defenisi, latihan soal dan pembahasannya secara garis besar. Mengajar daring ini tidak bisa dilakukan setiap hari karena keterbatasan kuota yang ada pada anak. Sayapun memahami latar belakang siswa saya tidak semua berkecukupan memenuhi pembelian kuota di smartphone mereka. Apalagi jatah kuota yang diberikan oleh orang tuanya masih harus dibagi dengan pelajaran lainnya. 

Menggunakan aplikasi Zoom memang memakan kuota yang besar untuk ukuran siswa saya. Sehingga agar tidak terlalu membebani mereka saya batasi pertemuan untuk satu bab 2 kali pertemuan. Oleh karena itu sebelum mengajar Daring saya mesti menyiapkan bahan-bahan pembelajaran yang sudah diringkas sedemikian rupa dalam bentuk digital, PPT maupun video pembelajaran yang nantinnya saat disampaikan secara daring dapat lebih efektif diterima oleh siswa.

Menulis materi di Blog

Materi yang akan saya berikan kepada siswa saya sampaikan lewat platform blog, Nah khusus untuk pelajaran  matematika menulis di blog bukanlah perkara mudah hanyak menulis di keyboard lalu upload tidak seperti itu guys!. Matematika banyak sekali simbol-simbol, grafik, diagram, angka yang tidak di suport oleh platform blogger. Oleh karena itu perlu menggunakan situs lain agar dapat menulis simbol matematika. Jadi kadang untuk satu materi perlu waktu beberapa hari agar siap di akses siswa. 

Membuat video penjelasan di Youtube

Video pembelajaran di Youtube dimaksudkan agar anak-anak dapat mengakses materi secara lengkap dan sewaktu-waktu dapat diputar ulang jika mereka memerlukan. Nah saya juga harus memikirkan bagaimana agar konten yang saya upload di youtube dapat dimengerti oleh siswa saya. 

Membuat konten video pembelajaran di youtube tidak semudah yang dipikirkan, butuh banyak properti yang di gunakan seperti kamera, tripod, lighting, software editing, belum lagi kendala penyampaian yang harus tepat agar waktu yang digunakan efektif sehingga tidak menbuang kuota. Nah karena saya masih belajar membuat video yang bagus maka kendala membuat konten di Youtube ini menurut saya paling banyak. 

Suatu waktu mau rekaman video banyak gangguan suar-suara luar yang membuat hasil rekaman tidak bagus, lalu menambahkan animasi, grafik dan lain-lain yang tentunya membutuhkan aplikasi atau software tambahan, kendala suara, bising, lighting pokoknya banyak sekali hambatannya. Tapi demi siswa saya yang menunggu video materi pembelajaran maka harus dijalani juga. 

Dan yang paling miris adalah saat video sudah siap upload ternyata sinyal lemot, hadeuh...Kendala ini paling sering ditemui saat pembelajaran daring. 

Memasukkan aktivitas  di google classroom

Semua aktivitas pembelajaran daring harus di masukkan ke dalam gooogle classroom agar dapat terbaca dengan baik. Aktivitas itu meliputi, absensi, materi blog, video pembelajaran, tugas siswa. Nah tentang tugas siswa ini saya memiliki pengalaman tersendiri yakni mesti harus membuka semua tugas-tugas yang dikirim oleh siswa saya satu persatu. Jumlah siswa yang saya ajarkan sekitar 150 siswa. Jadi ada 150 gambar yang harus saya download, belum lagi jika mereka mengirimkan lebih dari satu gambar dalam setiap tugas. 

Nah, aktivitas pembelajaran daring yang saya lakukan ini selama pandemi masih harus berbagi dengan anak-anak loh. Saya memiliki anak 3 semua anak memiliki aktivtas belajar daring yang sama. Tiap hari ada 2 zoom pembelajaran yang wajib diikuti. Jadi mereka juga memiliki tugas-tugas dari sekolahnya yang hampir mirip dengan apa yang saya lakukan. 

Pemandangan tiap hari di rumah ada 4 perangkat laptop dan  3 smartphone yang online total 7 perangkat ini harus standby di meja. Nah, sudah bisa membayangkan berapa kuatnya jaringan yang kami butuhkan untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut? 

Dunia Tri

Beruntunglah Saya mengenal Dunia Tri yang memahami aktivitas di rumah. Pekerjaan menjadi lebih ringan dengan jaringan yang kuat, Beban pembelajaran daring ini lebih ringan terasa begitu juga dengan tugas-tugas anak-anak saya di rumah. Tidak ada kendala dalam pengirimannya. 


Jaringan 4.5G Pro yang lebih luas dan kuat

Tuntutan pekerjaan dan sejumlah aktivitas digital menjadikan orang ingin melakukan pekerjaan secara cepat dan tidak terhambat. Guru harus mengajar murid-muridnya membutuhkan jaringan yang kuat serta jangkauan yang luas. Mahasiswa membutuhkan jaringan yang kuat dan luas untuk mengakses materi perkuliahan, Anak muda, ibu rumah tangga, yang memiliki bisnis digital juga membutuhkan jaringan yang kuat untuk melakukan aktivitas mereka membuat konten, mengupload konten, memasarkan produk nya kepada pelanggan. 

Semua aktivitas digital tersebut menjadi lebih hidup dengan menggunakan jaringan 4.5G Pro. Jaringan yang luas dan kuat akan memperlancar semua aktivitas digital orang-orang yang hidup di zaman sekaran.  

Gaya hidup Digital

Gaya hidup digital sudah merambah di berbagai kalangan bukan hanya anak-anak muda kaum milenial tapi sudah merupakan tuntutan zaman saat ini mulai dari usia anak-anak hingga orang tua sudah mulai memiliki aktivitas di dunia digital. Anak-anak diharuskan belajar daring, mengakses materi pembelajarang, mendownload video pembelajran, bersosial media, menonton youtube begitu juga dengan orang tua juga sudah mulai eksis terhubung dngan aplikasi di gadget. Sehingga Gaya hidup digital menjadi sebuah fenomena di masa sekarang. 

Mulai dari bermunculnya aplikaasi-aplikasi yang memudahkan kita seperti aplikasi pesan tiket online, aplikasi pesan antar makanan, berbejalja online semua dilakukan secara digital yang mengubah gaya hidup seseorang dari ketergantungan kepada orang lain menjadi berkurang. Gaya hidup digital ini menjadikan semua orang membutuhkan internet dengan kecepatan dan jaringan yang luas. 

Manfaatkan Peluang Digital bagi Generasi Muda

Berada di zaman digital ini harus bisa mengikuti kemana arus menuju. Saat semua orang sudah menggunakan aplikasi untuk berjualan maka kita tak boleh ketinggalan manfaatkan peluang digital sebaik mungkin agar kita tak ketinggalan zaman. Berjualan secara online menggunakanaplikasi, melakukan promosi dengan media sosial,dll. Generasi muda dapat menjadi owner bagi sebuah bisnis, konten creator, penulis, fotografer dengan memanfaatkan internet. 

H3I Mendukung Generasi muda

Karena tuntutan zaman digital inilah H3I hadir mendukung generasi muda agar terus melakukan inovasi, karya-karya digital yang dapat bermanfaat untuk orang banyak, serta dapat bertahan di tengah arus zaman. Jaringan yang kuat dan luas sehingga dapat diakses semua generasi milenial dimanapun mereka berada. Menjadi konten kreator bukan hanya monopoli pemuda yang hidup di perkotaan saja tapi juga bisa dilakukan oleh mereka yang hidup di desa. Lihatlah youtuber Liziqi, Dianxi dengan konten lifestyle kehidupan pedesaan adalah salah satu konten kreator sukses asal negeri Ginseng meskipun tinggal di desa. Mereka mampu membaca peluang dengan menjadi youtuber mengeksplore kehidupannya di desa, aktivitas memasak, bertani dan bercocok tanam. Jadi tidak ada kata terlambat untuk sukses di zaman digital ini. 

Ada 7 Produk Dunia Tri yang dapat mendampingi aktivitas Daring seperti yang saya dan anak lakukan di rumah. & Produk Dunia Tri ini adalah sebagai berikut :


1. AlwaysOn

AlwaysOn adalah kartu perdana dan kuota dengan masa aktif panjang mengikuti masa aktif kartu. Masa aktif selamanya sehingga saya tidak perlu khawatir kartu akan kadaluarsa selama pemakaian. Jadi sejak masa Pandemi saya jarang membeli  pulsa sehingga kartu tidak sempat diperpanjang, ternyata hal tersebut tidak masalah jika kita menggunakan AlwaysOn pelanggan bisa sepuasnya mengakses internet tanpa batas tanpa perlu khawatir kuaota hangus. 

2. Kuota Unlimited Internetan 24 jam mulai jam 1.00

Aktivitas Daring selama pandemi ini mengharuskan saya juga membimbing anak-anak dalam belajar. Sehingga saya seringkali tidak memiliki waktu khusus me time istilahnya. Nah beruntung 3 Indonesia memiliki produk Kuota Unlimited mulai jam 1.00 saat anak-anak sudah tidur maka saya akan me time dengan nonton drama korea favorit. Jadi bisa download video sepuasnya, atau nonton langung di aplikasi streaming online pada jam-jam yang tidak ada gangguan dari siapapun. Isi Ulang juga sangat mudah mulai 1.000 rupiah bisa digunakan untuk membeli kuota Unlimited Chatting, steaming, atau game sesuai kebutuhanmu selama  24 jam. Wah benar-benar puas deh internetan. 

3. Ekosistem gaming H3RO

Buat kamu para maniak game ini nih ada kabar baik dari H3RO baru-baru ini menghadirkan sebuah platform digital sebagai sebuah hubungan atau pusat gaming ecosystem di h3ro.tri.co.id sebagai pelengkap kartu perdana dan isi ulang H3RO. Gaming ecosystem dari 3 Indonesia memberikan pengalaman one-stop-gaming kepada mobile gamers. Terintegrasi dengan bima+, H3RO siap mendampingi mobile gamers dengan memberikan jaringan prioritas untuk gamers, menyediakan dukungan, solusi serta hiburan agar pengelaman gaming menjadi lebih seru dan siap menjadikanmu sebagai gamer profesional. 

4. Aplikasi Bima+

Aku sudah langganan aplikasi Bima+ sejak lama, dan ada banyak keutungan yang bisa didapatkan di aplikasi Bima+ diantaranya dapat membeli kuota dari mana saja, bisa dari transfer bank, e-comerce, Gopay, dll. Satu lagi Bima+ tuh bisa juga menjadi penyelamat saat kuotamu habis. Jadi tiap melakukan pembelian pulsa dan kuota kamu akan mendapatkan poin. Nah poin-poin ini bisa ditukar dengan kuota lagi loh. Jadi sangat menyelamatkan jika kita kehabisan kuota eh bisa internetan lagi dengan menukar poin Bima+.

5. Bima Agent

Wah, 3 Indonesia memang sangat concern nih masalah peluang bisnis, pelanggan bukan hanya bisa menikmati kuota internetan untuk melacarkan aktivitas digtal mereka namun juga bisa berbisnis dengan menjadi Bima agent. Pengguna bisa melakukan KiKiPu (Kirim-kirim pulsa) maupun KaKaDi (kirim-kirim data) dari rumah dengan modal dibawah Rp100.000 saja loh. Cocok banget nih bagi kamu yang memiki keinginan mau berbisnis apalagi dimas Pandemi sekarang ini bisnis bisa banget dilakukan dari rumah. Pelanggan bisa membeli pulsa dan data tanpa harus pergi ke loket. 

6. KeepOn

Apabila kamu mau mengambil paket lengkap seperti telepon, sms, musik, atau video streaming bisa menggunakan produk 3 Indonesia KeepOn. Kamu bisa melakukan semua aktivitas digital sepuasnya, meningkatkan data trafik pada aplikasi streaming video on demand seperti VIU, KlikFilm, Netflik, Amazon Prime Video, dll. Untuk info selengkapnya mengenai Dunia Tri bisa langsung kunjungi ke sini.

7. Poin BonsTri

Point BonsTri ini adalah reward bagi pelanggan yang telah melakukan aktivitas pengisian ulang. Kamu bisa mendapatkan voucher berbagai produk yang diinginkan loh seperti voucher menginap di hotel, voucher tiket pesawat, aplikasi belajar, atau diskon di e-commerce. Aku sudah beberapa kali menggunakan point dari BonsTri saat berbelanja di e-commerce.

Buat kamu yang membutuhkan layanan pembelian perdana kartu 3 bisa membeli secara online di website perdana.tri.co.id atau kunjungi Dunia Tri di tri.co.id/DuniaTri

Sudah siapkah kamu untuk sukses di dunia digital? Saatnya memulai dan tak ada kata terlambat. 

Tinggalkan Dunia lama saatnya lebih dengan Dunia Tri


No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.