Tips Memilih Earphone yang Tepat

Konten [Tampil]
Earphone adalah sebuah alat pengeras suara kecil yang penggunaanya dilakukan dengan cara menyumbatkannya ke dalam lubang telinga pendengar. Selain itu, alat pendengar yang berbentuk simpel sehingga bisa dengan mudah dibawa kemana-mana.


Sebelum anda akan membeli earphone, maka sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu cara memilih earphone yang tepat sebagai berikut :


Perhatikan Kebutuhan Jenis Musik


Hal pertama yang harus anda perhatikan saat memilih earphone adalah sesuaikan dengan kebutuhan anda. Dalam hal ini, perhatikan kebutuhan dari jenis musik yang paling anda suka dengarkan. Karena tiap jenis musik itu memiliki karakteristik yang berbeda-beda. 

Misalnya, jenis musik metal dan hip hop sangat cocok menggunakan earphone berjenis warm yang memiliki output suara cenderung bass karena suara vokal akan lebih pelan dibandingkan suara bass. Sedangkan jenis musik klasik dan rock akan lebih cocok menggunakan earphone berjenis bright yang bisa mengeluarkan suara cenderung trouble


Pilih Bentuk Earphone


Tips memilih earphone selanjutnya adalah perhatikan bentuk earphone yang sesuai dengan selera anda. Dalam hal ini, pilihlah earphone dengan bentuk yang membuat anda merasa nyaman saat menggunakannya di lubang telinga. Pilih earphones berjenis IEM yang bisa menutupi seluruh lubang atau Earbud yang hanya menempel saja di lubang telinga.

Perhatikan Spesifikasi Earphone

Ketika anda akan membeli earphone, hal lainnya yang harus anda perhatikan juga adalah spesifikasi yang ada di dalamnya. Beberapa spesifikasi yang harus anda perhatikan diantaranya adalah sensitivitas, frekuensi, dan impedance. Dalam hal ini, perhatikan kemampuan earphone dalam merespon frekuensi gelombang suara. 

Earphone yang memiliki rentang frekuensi yang besar bisa dibilang berkualitas baik. Jadi, rentangya semakin lebar berarti semakin baik. Dan semakin rendah frekuensi bawahnya dan semakin tinggi frekuensi atasnya berarti semakin baik juga. 

Hal ini berarti earphone akan mampu memperdengarkan suara-suara yang memiliki frekuensi rendah yang mungkin saja biasanya tidak terdengar. Contohnya, frekuensi 4 Hz – 30.000 Hz. Dimana 4 Hz ini merupakan suara bass, sedangkan 30.000 Hz suara treble. Jika frekuensi ujungnya semakin tinggi, maka akan semakin bagus pula kualitas suara yang dihasilkan. Selain perhatikan frekuensi, anda juga harus memperhatikan impedance atau hambatan. Pada umumnya earphone ini memiliki hambatan sekitar 32 ohm. Impedance rendah berkisar antara 15 ohm – 150 ohm. Sedangkan untuk hambatan yang tinggi memiliki ukuran lebih dari 150 ohm. 

Perlu diketahui bahwa tinggi rendahnya hambatan tidak mempenagaruhi kualitas suara, jadi bisa diatur sesuai dengan keinginan anda. Sedangkan untuk sensitivitas ditunjukkan oleh tulisan SPL (Sound Pressure Level) dalam satuan mili watt (mW) atau desibel, contohnya 114 dB/mW. 

Perhatikan Budget Yang Anda Punya


Tips memilih earphone terakhir yang harus anda perhatikan adalah budget yang anda miliki saat ini. Karena biasanya semakin tinggi kualitas earphone, maka akan semakin mahal pula harga earphone tersebut. Dalam hal ini, anda jangan tergiur dengan barang non original atau KW karena tentunya kualitasnya jelek dan tidak tahan lama. Namun jika anda ingin memiliki earphone yang berkualitas baik, sebagai rekomendasi anda bisa memilih Earphone Miniso. Karena earphone ini memiliki kelebihan yang bisa menghasilkan suara yang jernih dan bass yang mendalam serta nyaman saat digunakan.

Itulah beberapa tips dalam memilih earphone yang tepat. Semoga bermanfaat, terutama bagi anda yang akan membeli earphone. 

No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.