10 Rekomendasi Drama tentang Ibu yang Menyentuh Hati

Kisah Perjuangan seorang ibu memang menarik untuk diulas. Termasuk dalam sebuah karya seperti film atau drama. Tema tentang perjuangan ibu sering membuat penonton baper, ikut merasakan pedih dan getirnya perjuangan itu. Berikut ini 10 rekomendasi drama tentang ibu yang menyentuh hati menarik untuk ditonton. 

Hi by Mama

Awal tahun 2020 drama Kim Tae Hee sukses membuat penonton meneteskan air mata. Aktris yang terpopuler Korea Selatan ini memerankan kisah seorang ibu yang kehilangan buah hatinya saat melahirkan. Ia ditakdirkan tidak menemui putri tercintanya, uniknya yang meninggal bukan bayinya melainkan dirinya. Penulis memberikan peran kepada Kim Tae Hee sebagai hantu cantik yang merindukan bayinya. Lima tahun Cha Yu Ri demikian sang ibu di sapa hidup berkelana mendampingi buah hatinya menemani beraktivitas dan bermain. Namun karena mereka berbeda alam Cha Yu Ri hanya bisa melihat namun tak bisa menyentuh putrinya. 

Penonton dibuat Semakin terhanyut dalam sedih karena sekarang See Woo demikian putrinya disapa sudah memiiki ibu tiri yang sangat baik. Ayah See Woo yang juga suami Cha Yu Ri sebenarnya memiliki perasaan bersalah yang teramat besar karena saat Cha Yu Ri istrinya mengalami kecelakaan yang merenggut nyawanya dia sendiri sedang bertugas mengoperasi pasien lain. 

Rasa bersalah yang teramat besar inilah yang membuat ia tidak pernah menganggap ibu tiri Sea Woo sebagai pengganti istrinya. Ia hanya menjalankan kehidupan sangat kaku terhadap ibu tiri Sea Woo. 

Semua aktivitas anak dan keluarga kecil suaminya selalu selalu ia lihat. Hingga suatu ketika ia melihat sang putri kecil diikuti oleh hantu jahat. Ia pun memohon kepada sang Dewa agar diberikan kesempatan hidup bersama putri kecilnya dengan maksud ingin melindungi sang putri dari gangguan hantu yang mengganggu. Selain itu kerinduan yang teramat besar kepada sang buah hati tak bisa lagi dibendungnya. 

Permohonan nya itu ternyata dikabulkan dan Cha Yu Ri diberikan kesempatan untuk hidup lagi selama 49 hari selayaknya manusia. Namun konflik selanjutnya terjadi karena ia harus mengusik ketenangan putrinya yang sudah nyaman hidup bersama ibu tiri. 

Was it Love

Kisah dalam drama Was it Love adalah tentang Seorang wanita yang berjuang hidup Song Ji Hyo yang berperan sebagai Noh Ae Jung dengan putrinya tanpa didampingi suaminya. Hal ini karena suatu alasan yang salah paham. Saat masih kuliah Ia mengandung tanpa diketahui oleh pasangannya. Sehingga selama 14 tahun sang ayah dari bayi yang dikandungnya tak sedikitpun tau tentang putri kandungnya. Dia menganggap bahwa ibu dari putrinya inilah yang meninggalkannya.

Suatu ketika sang ibu yang berprofesi sebagai sutradara ini memiliki proyek pembuatan film namun ia akhirnya mengalami penipuan oleh rekannya yang akhirnya ia harus dikejar rentenir karena hutang yang ditinggalkan oleh rekannya itu. Jungkir balik sang ibu bertahan hidup hingga Akhirnya saat anak sudah beranjak remaja ia menghadapi dilema karena tidak tau harus bagaimana menyampaikan kepada anaknya tentang siapa ayah nya. Bersamaan dengan itu hadir 4 orang dari masa lalunya yang masih mencintainya. Keempat laki laki ini memiliki cerita dengannya dan berusaha mengambil hati nya kembali.

Secret Mother


Secret Mother menceritakan tentang kisah perjuangan ibu  yang memilih fokus untuk mendidik putra putri kandungnya dan meninggalkan dunia karir yang telah ia dapatkan dengan jerih payah. Drama yang dibintangi oleh Kim So Yeon dan Song Yoon ah akan berperan menjadi ibu-ibu dengan berbagai polemik tentang pendidikan anak-anaknya serta berbagai upaya yang dilakukan untuk membendung berbagai tanggapan negatif tentang pendidikan anak. 


Mother

Drama Mother diperankan oleh Lee Bo Young seorang perempuan peneliti burung yang berpindah dari suatu negara ke negara lainnya untuk meneliti migrasi burung. Ia dipertemukan dengan seorang gadis kecil korban kekerasan ibunya kandungnya. Si gadis kecil Hyena mengalami kekerasan fisik, seksual oleh ibu kandung dan pasangan ibu kandungnya. 

Sang ibu dan pacarnya berniat jahat kepada Hyena hingga akhirnya ia ditemukan oleh Soo Jin (Lee Bo Young) saat dimasukkan ke dalam kantong plastik oleh ibunya. Drama yang menguras air mata ini sukses membuat penonton merasa sedih dan banjir air mata. 

Perjuangan Soo Jin membawa pergi Hyena menemukan berbagai halangan, ia di bayang bayangi ketakutan tuduhan penculikan anak, Hyena dilaporkan hilang dengan cara melompat ke laut namun bukti bukti Hyena masih hidup belakangan menjadi alasan ibu dan pacarnya mencari mereka.


Di sisi lain Soo Jin yang merupakan putri artis terkenal juga dicari oleh orang tuanya lantaran sang ibu harus menjalani operasi karena penyakit kangker. Mereka berdua mengalami berbagai kesulitan dalam proses pelarian. 

Angry Mom


Angry mom menceritakan tentang seorang ibu yang berjuang untuk mengatasi kasus bullying yang menimpa anaknya. Ia sendiri harus berperan sebagai seorang siswi yang satu kelas dengan putrinya. Drama yang diperankan oleh Kim Hee Sun ini cukup unik karena harus berperan menjadi dua karakter sekaligus. Perjuangan ibu yang melawan bullying ini patut diapresiasi karena kasus-kasus bullying sering menjadi masalah yang menimpa anak-anak usia sekolah. 

Seorang ibu yang memiliki beban moral untuk kelangsungan kehidupan anaknya agar menjadi lebih baik tanpa harus mengalami bullying memang patut diberikan perhatian khusus. Sebagaimana kasus bullying di dunia nyata yang semakin parah terjadi. 

When The Camelia Blooms

Drama yang menyabet banyak penghargaan ini diperankan oleh aktris berbakat Gong Yoo berkisah tentang perjuangan hidup wanita yang tidak memiliki suami. Ia membuka cafe di salah satu kompleks namun mereka terus mendapatkan teror dari orang yang tak dikenal. 

Salah seorang polisi yang juga pemuda di kompleks ia tinggal membantu memecahkan teka teki tentang teror tersebut. Hingga suatu ketika ayah dari anaknya yang juga seorang atlet baseball terkenal datang dan berharap mereka bisa bersama kembali. Namun sayangnya teror yang mereka alami membuat Dongsaeng menjadi semakin tertekan.


 Birthcare Centre

Kisah ibu melahirkan dan menyusui anak menjadi keunikan tersendiri dari drama ini. Bagaimana proses melahirkan, mengalami kontraksi diceritakan secara detail dalam drama ini. 

artikel terkait : Review Drama Kairos

Selanjutnya perjuangan menyusui dan dilema antara menyusui ASI dan Susu formula juga menjadi keunikan dalam drama ini. Antara mitos dan fakta, harapan dan kenyataan menjadi hal yang sangat unik diceritakan dalam drama ini. 

Di dunia nyata seringkali ibu yang baru melahirkan akan berhadapan dengan berbagai kenyataan yang tidak sesuai dengan harapan mereka. Dimana ibu dituntut sempurna saat memilih model pengasuhan yang tepat untuk si buah hati. Si ibu juga tidak boleh salah dalam memilih model pengasuhan tersebut.

Birthcare akan bercerita secara gamblang dan transparan segala fakta yang ditemukan oleh ibu yang melahirkan maupun menyusui. Ibu yang berjuang memilih antara cara benar menyusui, berbagai fakta dan mitos yang ada di masyarakat. 

 Familiar Wife 

Ha Ji Min dan Ji sung dipertemukan dalam drama  komedi yang lebih banyak bertema tentang Family. Diceritakan bahwa sang suami seringkali tidak begitu peduli dengan istrinya sampai akhirnya sebuah kejadian yang membawa mereka ke masa lalu saat pertama kali bertemu. 

Menjalani masa lalu dengan istrinya yang saat ini bukan lagi sebagai pendampingnya namun sebagai rekan kerja banyak kisah menarik yang membuatnya baru mengerti bahwa perjuangan istrinya sangatlah berat. 

Ia akhirnya menyadari bahwa tugas sebagai seorang ibu yang membesarkan anak kembar sembari bekerja sungguh teramat berat. Ia sendiri tidak pernah mau peduli dengan urusan rumah tangga, justru ia merasa bahwa sang istrilah yang bersalah tidak becus mengurus rumah, suami dan anak anaknya. 

Dalam perjalanan mengenal arti kebahagiaan yang diimpikannya selama ini bahwa harta bukanlah satu satunya yang bisa membawa hidupnya bahagia. Perjuangan yang ikhlas dan penuh kasih adalah kebahagiaan yang sesungguhnya.

Sang istri juga bertanggungjawab mengurus ibunya yang sudah mengalami demensia sehingga berkali kali harus kehilangan ibunya karena lupa jalan pulang. 




No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.