Daftar Belanja Bulanan untuk Gaji Dua Jutaan

Happymommy



Hai mom,  sudah gajian bulan ini? Bagi sebagian orang gaji bulanan itu adalah nyawa yang membuat kita bisa bernafas lega.


Datangnya gaji bulanan membuat hidup segar kembali. Bukan begitu? Untuk orang yang memiliki gaji besar mungkin tak terlalu pusing dengan urusan menu harian , namun bagi mereka yang berpenghasilan pas-pasan tentu harus memutar otak agar bisa hidup dengan gaji tersebut.

Untuk mengaturnya.memnag butuh skala prioritas, ada kebutuhan tertentu yang sangat penting ada yang tidak terlalu penting.

Baiklah berikut ini daftar belanja bagi orang berpenghasilan dua jutaan.

Rp 200.000/minggu x 4 = rp 800.000

Sisihkan 200.000 tiap minggu untuk berbelanja ke pasar khusus membeli kebutuhan di dapur. Kebutuhan ini meliputi, ikan 3 kg, ayam 1 kg, cabe, sayuran, bawang dll, minyak goreng, dan bumbu dapur seperti garam, kecap dll.

Bersihkan ikan dan ayam lalu kemas dalam wadah tertutup sebanyak 7 buah. Asumsinya adalah satu wadah dimasak untuk jatah satu hari. Begitu juga dengan bumbu dan sayurannya.

100.000 untuk biaya laundry

Maksud dari biaya laundry adalah segala hal yang berhubungan dengan bersih-bersih misalnya sabun mandi, pasta gigi, deterjen, sabun cuci piring, pembersih lantai, dll

100.000 untuk biaya keperluan pribadi

Keperluan pribadi anggota keluarga dapat berupa deodoran, farfum, bedak, pembalut wanita dll.
200.000 untuk transportasi

Untuk menunjang aktivitas kita mebutuhkan anggaran transportasi seperti bahan bakar kendaraan atau ongkos angkutan umum.

200.000 untuk tabungan

Meskipun dengan anggaran yang minim kita tetap harus memprioritaskan menabung, karena tabungan dapat menolong kita dalam merencanakan masa depan.

100.000 untuk amal

Agar hidup kita berkah sudah selayaknya menyisihkan sebagian dari rezeki kita untuk keperluan amalan. Bisa saja kita keluarkan sekaligus atau di beberapa tempat, misalnya kiriman untuk orang tua, sedekah anak yatim, infak mesjid dll.

300.000 biaya tagihan

Biaya tagihan meliputi biaya listrik, telpon, air PDAM hingga cicilan perabotan. Jumlahnya disesuaikan dengan anggaran kita. Jangan sampai kebesaran karena yang akan dibuat repot adalah kita sendiri.

200.000 untuk biaya tak terduga

Biaya tak terduga adalah biaya yang dikeluarkan  tak bisa kita rencanakan sebelumnya misalnya tiba tiba harus ke bengkel, berobat, dll

Inilah pengeluaran dengan gaji dua jutaan yang bisa Anda contoh. Namun mungkin saja rumus ini banyak kelemahannya karena saya pribadi bukan ahli keuangan yang pandai menganalisis keuangan dengan baik. Rumus diatas adalah hasil pengalaman sehari-hari.

Jika ada yang mengatakan mustahil kita bisa hidup dengan dua jutaan, namun buktinya ada yang bisa menjalaninya dengan baik. Tentu ada keibginan tertentu yang tak biaa dipenuhi misalnya gaya hidup konsumtif memang tak bisa setiap saat. Bukan hal yang tidak mungkin kok,
Misalnya saat liburan bisa kita lakukan dengan traveling menggunakan dana tabungan atau sisa dana tak terduga yang kita miliki.

Mau nonton atau sekedar jalan ke Mall juga masih bisa kita lakukan dengan memanfaatkan dana tak terduga bila memungkinkan.

Pada dasarnya untuk menyambung hidup kita cuma butuh kebutuhan pokok, namun nafsu kitalah yang mendorong kita untuk boros dan belanja diluar kemampuan sehingga seringkali apa yang kita miliki tak pernah ada kata cukup.

No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.