10 Pilihan Pekerjaan di Internet untuk Anak Muda



Zaman Milenial sudah terbuka luas, pilihan pekerjaan tidak melulu kasat mata. Apalagi kita lihat di internet banyak sekali pilihan pekerjan yang bisa dilakukan dengan mengandalkan internet.


Tak bisa dipandang sebelah mata, pekerjaan di dunia internet ini bukan lagi sekedar main -main karena tak punya kerja tetap, justru banyak dari mereka yang memilih resign dari dunia kerja tetap untuk konsen pada pekerjaan di dunia maya. Itu menunjukkan bahwa ada jaminan kehidupan di dunia maya denagn baik.

Beberapa pekerjaan yang bisa dilakukan oleh generasi muda milenial di dunia maya antara lain:

Youtuber

Saat ini banyak sekali anak muda yang sudah sukses dengan profesi youtuber.  Atta Halilintar, Ria Ricis, Gen Halilintar, Calon Sarjana adalah contoh mereka yang sudah merasakan manisnya dunia youtube.

Bahkan saat ini artis-artis yang sering tampil di layar kaca juga merambah ke dunia per youtube-an karena melihat peluang di youtube lebih besar.

Peluang itu bisa dilihat dari semakin meningkatnya pengguna yotube. Akses di youtube lebih mobile dibanding orang menonton televisi. Orang bisa menonton di mana saja dan kapan saja tak terbatas pada perangkat tertentu. 

Dibandingkan dengan acara televisi yang mengharuskan penontonnya duduk dan diam di depan televisi. Youtube dapat diakses dimana saja, biaa di jalanan, di dalam kendaraan, di dapur, sedang antri di dokter praktek, terminal dsb.

Syarat untuk bisa menghasilkan di dunia per-youtuban ini adalah memiliki konten yang menarik, yang dicari boleh penonton dan terupdate sehingga semakin banyak subsriber semakin banyak pula peluang mendapatkan uang di youtube.

Ada beberapa peluang penghasilan di youtube yakni adsense google, review maupun kerjasama dengan pihak brand.

Nah, apakah Anda tertarik untuk menjadi youtuber? Segera buat channel dan selalu update konten yang menarik dan berkualitas.

Selebgram



Selebgram adalah profesi yang diminati oleh banyak anak muda, modalnya adalah eksis dan banyak follower di instagram. Pekerjaan selebgram seperti dibelakang layar, mencari ide untuk kebutuhan foto agar terlihat menarik, feed rapi dan disukai oleh brand.

Penghasilan dari selebgram berasal dari endorsmen dari berbagai brand yang mengajak kerjasama baik berupa post foto maupun video.

Blogger



Blogger sejatinya adalah seorang penulis, profesi blogger juga menjanjikan jika mengetahui ilmunya. Banyak blogger sukses yang saya kenal seperti Shintaries, Mirasahid, Dedy huang sesuai dengan niche blog mereka. Misalnya blogger parenting kita mengenal nama Mami Ubi, travel blogger ada Dedy huang, Blogger lifestile ada shintaries, Mirasahid dll. Selain itu banyak para blogger sukses yang dibelakang layar dengan mengandalkan google adsense. 

Ada blog Mastimon, Sugeng dll mereka mampu mendapatkan penghasilan hingga puluhan juta dalam satu bulan dari adsense blog yang mereka miliki.

Semakin banyak.mereka mengelola blog yang sudah didaftarkan di google adsense maka semakin besar peluang untuk memperoleh penghasilan.

Conten creator

Conten creator adalah pekerjaan yang cukup menjanjikan untuk anak milenial. Misalnya menulis untuk sebuah web, blog,  membuat video tanpa harus tampil di publik.

Modal untuk menjadi konten creator adalah skill edit video, kreatif menghasilkan ide ide tulisan, menguasai berbagai program editing, maupun desain grafis.

Untuk menjadi konten creator skill harus selalu diupdate, belajar terus dan selalu mengikuti perkembangan zaman.

artikel terkait : Tips bersosial media agar follower tidak sebal

Desain grafis

Desain grafis adalah bidang keahlian yang membutuhkan skill editing di berbagai software. Banyak perusahaan maupun individu yang membutuhkan skill desain grafis untuk kebutuhan promote sebuah perusahaan. Mereka rela membayar dalam jumlah yang besar untuk sebuah iklan, banner dll.

Internet marketing

Salah satu sukses bisnis di zaman milenial adalah kemampuan memasarkan  di media sosial. Dan posisi marketing di internet, misalnya saat orang banyak membeli barang secara online bisa saja dia mengetahui pemberitahuan atau promosi  lewat media sosial, nah orang bertugas menyebarluaskan informasi inilah dinamakan internet marketing.

Influencer

Influencer adalah profesi yang tidak banyak diketahui karena pekerjaannya hanya dengan smartphone. Seorang influencer memiliki pengaruh yang cukup baik di media sosial baik instagram, twitter dan facebook. Influencer akan memberitahukan mempromosikan sebuah brand di akun  media sosial miliknya dengan harapan pengikutnya dapat melihat dan mengikuti apa yang ia sampaikan di media sosial.

Untuk menjadi influencer dibutuhkan akun media sosial yang aktif dan menjalin hubungan baik dengan follower.

Bisnis online

Salah satu profesi yang menjanjikan adalah bisnis online, misalnya bisnis fashion, star up, dll.

Programer

Salah satu skill yang sangat dicari adalah programer. Mereka bekwrja dibalik layar mencetuskan ide ide kreatif, membuat aplikasi yang memudahkan masyarakat, melayani berbagainkebutuhan masyarakat.

Lihatlah sekarang banyak sekali aplikasi di smartphone yang banyak dibuat untuk berbagai kebutuhan misalnya transportasi online, jasa titip barang online, bahkan brand brand besar telah membuat aplikasi untuk mempermudah penjualan mereka. Orang yang berada dibalik layar membuat aplikasi inilah dinamakan programer.

artikel lainnya : Kamera mirroless yang suport untuk vlogger terpopuler

Motivator

Motivator sangat dibutuhkan bagi mereka yang tidak tau mau memulai darimana ide mereka. Misalnya yang punya keinginan bisnis butuh tutor yang berpenglaman di dunia bisnis, mereka yang mau belajar internet juga butuh tutor untuk membimbing mereka hingga sukses oleh karena itu peluang menjadi motivator sangat besar.

Anda bisa menjadi motivator online dengan menerbitkan modul modul bisnis, pemasaran, dll. Atau membuka kelas whatsapp, grup dsb.

Banyak motivator sukses yang saya ketahui seperti Dewa eka prayoga motivator bisnis marketing, Indari Mastuti motivator di bidang kepenulisan, Dini Fitria bidang bisnis fashion, dll. Namun untuk menjadi motivator tentunya butuh waktu dan pengalaman yang panjang agar orang percaya apa yang dibimbing.

Kalau kamu mau jadi apa? 

No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.