Inspirasi musollah Mini untuk Rumah Minimalis

Sebagai umat muslim saya berkeinginan memiliki ruangan khusus untuk solat, namun belum kesampaian karena terbatasnya dana dan ide. Setelah jalan-jalan di instagram akhirnya saya menemukan inspirasi musollah mini untuk rumah minimalis.


Musollah adalah salah satu ruangan privasi yang keberadaannya sering diabaikan, mungkin banyak faktor yang membuat pemilik rumah tidak memprioritaskan musollah di rumahnya. Salah satunya adalah keterbatasan ruang.

Berikut ini beberapa inspirasi musollah mini untuk rumah minimalis yang dapat dijadikan contoh:

Musolah dengan warna pinky



Musollah ini memiliki keunikan yakni gaya kekiniannya, dominasi warna pink menjadi penanda bahwa sang empunya menyukai pinky atau bisa juga si empunya memiliki anak putri. 

Hmm cantik kan inspirasi musollah? Apalagi ditambah pernak pernik seperti kaligrafi Allah dan Muhammad menjadi pelengkap, keberadaan sajadah yang juga berwarna pink ini sangat cantik.
Anda mau punya musollah seperti ini?

Musolah dengan nuansa hitam putih



Musollah ini memanjang sehingga dapat digunakan untuk solat berjamaah. Lantai dibuat agak tinggi dibanding dengan lantai dasar, dominasi warna putih menjadikan musollah sejuk dan bersih.

Pemiliknya sengaja menggunakan sajadah unik berbahan dasar kain yang terlihat cantik dan sederhana.

Nah, apabila Anda berniat mau membuat musollah mini di rumah pastikan beberapa tips berikut:
Memiliki ruang kosong minimal 2x2 m persegi
Musolah memang tidak ada ukuran minimal, semakin besar ruang yang tersedia semakin baik, namun biasanya untuk rumah ukuran tipe 36 atau 45 mustahil memiliki ruang kosong yang besar. 

Nah, kita bisa memanfaatkan sekat di antara ruangan misalnya dapur ke ruanh tengah, atau ruang belakang maupun penghubung antara kamar 1 dan 2. 

Penambahan partisi penting untuk memberikan kesan musolah, Anda bisa memesan langsung ke tukang meubler atau meminta bantuan ahli untuk membuat partisi musollah. Namun jika tidak kita bisa memanfaatkan tanaman atau rak koran sebagai pembatas antara ruang musollah dan ruangan lain.

Tambahkan pernak pernik musollah

Apabila sudah ada ruangan musollah maka tambahkan pernak pernik pendukung seperti gambar kaligrafi, tulisan arab dsb di dinding musollah. Atau jika memungkinkan tambahkan rak mungil sebagai tempat menaruh Alquran, buku agama, dll.

Letakkan sajadah dan mukenah di tempat yang mudah terlihat

Agar terlihat rapi, letakkan sajadah dan mukenah di rak khusus tak jauh dari musollah.

Nah, bagaimana mudah bukan membuat musollah mini  di rumah?

Selamat mencoba.

No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.