Inilah Deret Doa Sebelum Belajar dan Artinya

Konten [Tampil]
Inilah Deretan Doa Sebelum Belajar dan Artinya.

Umar bin Khatab RA pernah menyebutkan bahwa “Adab jauh lebih penting daripada ilmu“. Sebab orang yang beradab sudah pasti memiliki ilmu, sedangkan orang yang berilmu belum tentu memiliki adab. Oleh karena itu, para ulama selalu mengajarkan adab terlebih dahulu sebelum mengajarkan ilmu. 


Salah satu adab yang sering kita lupakan dalam menuntut ilmu, yakni memanjatkan doa sebelum belajar dan sesudahnya. Meski doa tersebut cukup mudah dihafalkan, namun sangat sedikit dari kita yang benar-benar mengamalkannya. 

Padahal, dalam ajaran agama Islam kita dianjurkan untuk memanjatkan doa setiap sebelum melakukan dan sesudah menjalani aktivitas.  

Nah, untuk kamu yang belum tahu tentang doa-doa sebelum belajar, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini. 

Berbagai Versi Doa Sebelum Belajar dan Artinya


1. Robbi Zidnii ‚ilmaa warzuwni fahmaa, waj’alnii minash-sholihiin.

Artinya : 

Ya Tuhanku, tambahkan lah ilmu kepadaku, dan berilah aku karunia untuk dapat memahaminya. Dan jadikan lah aku termasuk golongannya orang-orang yan soleh“.

2. Rodlitu billahi robba, wabi islaamidina, wabimuhammadin nabiyya warasulla Robbi zidni ilman nafi’a warzuqni fahma.

Artinya : 

Aku ridha Allah SWt sebagai Tuhanku, dan Islam sebagai agamaku, dan Muhammad SAW sebagai Nabi dan Rasulku. Ya Allah tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pemahaman yang baik“.

3. Allahummanfa’ni bima ‘allamtani wa ‘allimni ma yanfa’uni wa zidni ‘ilman walhamdulillahi ‘ala kulli halin.

Artinya : 

Ya Allah, berilah kemanfaatan atas segala ilmu yang Engkau ajarkan pada saya. Berilah saya ilmu yang bermanfaat dan tambahkanlah ilmu pada saya. Segala puji bagi Allah dalam setiap waktu“.

4. Allahumma akhrijnaa min dhulumaatil wahmi, wa akrimnaa binuuril fahmi, waftah ‘alainaa bima’rifatil ilmi, wasahhil lanaa abwaaba fadhlika yaa arhamar raahimin.

Artinya : 

Ya Allah, keluarkanlah kami dari gelapnya keraguan, dan muliakanlah kami dengan cahaya kepahaman. Bukakanlah untuk kami dengan kemakrifatan ilmu dan mudahkanlah pintu karuniaMu bagi kami, wahai Dzat yang Maha Pengasih“.

5. Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohu qouli.

Artinya : “Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku“.

6. Allahumma innii a’uudzu bika min ‘ilmin laa yanfa’u wa qolbin laa yakhsya’u wa du’aa-in laa yusma’u wa ‘amalin laa yurfa’u.

Artinya : 

Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak bermanfaat, hati yang tidak khusyuk, doa yang tidak didengar, dan amal yang tidak diterima“.

7. Allahumma alhimnaa ‘ilman nafqatu bihi awaa miraka wa nawaahiyaka warzuqnaa fahman na’lamu bihii kaifa nunaa jiika birahmatika yaa arhamar raahimiina. 
Allahummar zuqnaa fahman nabiyyiina wa hifdal mursaliina wa ilhaamal malaa ikatil muqarrabiina birahmatika yaa arhaar raahimiina.

Artinya : 

Ya Allah, berilah kami ilham berupa ilmu, yang dengannya aku dapat memahami segala perintah dan larangan-Mu, dan karuniailah kami pemahaman, yang dengannya kami dapat mengetahui bagaimana kami bermunajat kepada-Mu, Wahai Dzat yang Paling Pengasih“.

Ya Allah, karuniakanlah kepada kami pemahaman seperti pemahaman para Nabi, daya hapa seperti daya hapal para Rasul, dan ilham seperti ilham para malaikat yang selalu mendekatkan diri kepada Allah, berkat rahmat Engkau, wahai Dzat yang Paling Pengasih di antara para pengasih“.

Seperti itulah kumpulan doa sebelum belajar. Dengan memanjatkan doa sebelum belajar, tentu saja kita berharap agar diberi kelancaran dan keberkahan dalam menuntut ilmu. 

No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.