5 Skill Ini Bisa Di Dapat di QuBisa untuk Menghadapi Persaingan di Dunia Kerja

Konten [Tampil]
Dunia kerja adalah sebenarnya realita kehidupan yang kita jalani. Jika dahulu ada anekdot bahwa miniatur kehidupan bermasyarakat terlihat saat kita menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN) maka memasuki dunia kerja itulah dunia yang sebenarnya. Kita akan berhadapan dengan berbagai tipikal rekan kerja, atasan, bawahan. Alih-alih akan terus berkembang banyak orang yang akhirnya menjadikan dunia bekerja sebagai satu-satunya tempat agar asap dapur terus mengepul. Kerja keras banting tulang pun menjadi pilihan. 




Namun tidakkah kita menyadari beberapa kurun waktu terakhir ini ketika arus informasi yang bernama internet hadir ditengah-tengah kemajuan zaman maka orientasi dunia kerja tidak melulu peras keringat banting tulang. Orang bisa saja duduk santai sambil bekerja, kita tak akan menyangka jika sebagian orang  kerjaannya jalan-jalan saja tidak terlihat bekerja namun tetap menghasilkan uang. 

Inilah peralihan dunia kerja yang sebenarnya di zaman digital. Kerja tidak melulu di kantor, di pabrik, di sawah dan kebun. Namun definisi bekerja yang diartikan dengan menghasilkan uang untuk menyambung hidup cukup banyak lini nya.

Lalu bagaimanakah kita bisa survive di  zaman digital seperti saat ini? Ketika bekerja tidak harus memeras keringat dan banting tulang? Mari kita lihat skill apa saja yang diperlukan untuk bertahan hidup di zaman digital.

5 skill Untuk Bertahan Hidup di Era Digital


Publik Speaking


Punya keahlian publik speaking penting sekali loh di era digitalisasi. Skill ini akan terus dibutuhkan di berbagai bidang, menjadi MC, moderator, Bidang marketing, hingga menjadi publik speaker dengan bayaran yang cukup besar. Keahlian publik speaking ini tidak serta merta didapat seseorang tentu ada lingkungan yang mempengaruhi, ketekunan untuk mempelajari berbagai  bahasa, sikap maupun attitude saat dihadapan audiens, latihan secara terus menerus serta mau menerima masukan dati orang lain tentulah menjadi poin penting dalam mengasah skill publik speaking. 

Dunia kerja digital membutuhkan speaker yang dapat mengisi konten digital, acara ceremonial, pembicara,  moderator baik secara offline maupun online.

Editing Video


Hadirnya internet dan media sosial menjadikan sumber informasi tidak melulu didapat dari tulisan namun banyak pula orang lebih mempercayai sumber informasi dari video, media sosial maupun konten yang dibuat di aplikasi video pendek. Oleh karena itu skill editing video menjadi salah satu skill penting yang dibutuhkan untuk mengisi konten-konten digital yang dibutuhkan masyarakat.

Desain Grafis


Saat arus informasi telah menjadi digital maka dibutuhkan kemampuan mengubah informasi menjadi sebuah gambar desain berbentuk grafik yang mudah dicerna dan dimengerti audiens. Ketika sebuah perhelatan akbar seperti pemilu dihasilkan melalui pengolahan data maka para desain grafis akan mengubah data menjadi bentuk penyajian grafik yang langsung bisa dilihat hasilnya. Tentu hal tersebut sangat dibutuhkan banyak orang bukan?

Programer


Tidak bisa dipungkiri bahwa banyak sekali kemudahan-kemudahan di berbagai lini kehidupan dirasakan saat ini. Kita bisa memesan makanan tanpa harus pergi ke toko yang menjual makanan, kita bisa membayar listrik, PDAM, atau angsuran rumah tanpa harus antri lama-lama. Kita bisa melakukannya dari rumah dengan bantuan aplikasi di smartphone. Siapakah yang merancangnya? Mereka yang memiliki skill programer dan mengembang aplikasi menjadi sangat berjasa atas kemudahan-kemudahan yang kita rasakan. 

Menulis


Skill menulis adalah salah satu yang dapat survive di tengah era digitalisasi. Saat ini banyak sekali platform yang membutuhkan penulis konten, untuk mengisi tulisan dan materi berbagai bidang. Maka asahlah skill menulis Anda dengan baik.

Lalu untuk memiliki 5 skill diatas apa yang harus kita lakukan? 

Bangku kuliah memang bukanlah satu-satunya tempat untuk memperoleh skill tersebut. Ada banyak  cara yang dapat dilakukan misalnya kursus online gratis.

Kursus Online Gratis


Mendapatkan 5 skill diatas bisa saja dengan mengikuti kursus online gratis. Mengikuti Kursus di lembaga kursus sering kita dengar, namun mengikuti kursus online dan memperoleh skill apakah bisa dilakukan? Terlebih jika kita mengikuti secara gratis. 

Kursus online gratis dapat diikuti oleh siapa saja tidak terbatas usia dan tempat. Pilihlah tempat kursus online gratis yang benar-benar bisa mengasah skill yang memang dibutuhkan.

Aplikasi Siap Kerja


Sudahkan Anda mendengar Aplikasi Siap Kerja? Bagi Anda yang sedang mengasah skill dalam memasuki dunia kerja mendaftar di aplikasi siap kerja adalah solusi jitu. Aplikasi siap kerja akan mengasah skill Anda sehingga siap dibutuhkan di dunia kerja.

Aplikasi Belajar Online 


Apabila 3 hal diatas sudah kita lakukan maka langkah selanjutnya untuk persiapan memasuki dunia kerja adalah meningkatkan personal branding melalui aplikasi belajar online QuBisa.

Aplikasi belajar online QuBisa akan mengasah skill personal branding Anda sehingga Anda akan dikenal dengan apa yang menjadi impianmu.


Cara Meningkatkan Personal Branding 


Apa itu personal branding? Pernahkah kita melihat salah satu akun  di timeline medsos kita, lalu kita akan langsung mengenalnya sebagai seseorang yang memiliki keahlian tertentu. 

Misalnya saya mengikuti akun di Instagram yang saya kenal sebagai CoretCalya. Saya tidak tau siapa dia namun kalau ingin memesan plakat atau hadiah untuk orang yang kita sayangi beserta ucapannya maka CoretCalya lah tempatnya. Saya mengenal dia sebagai ahli lettering.

Inilah personal branding. Kita akan menampilkan keahlian kita sehingga jaringan pertemanan dan follower kita mengetahui skill  yang kita miliki.

Meningkatkan personal branding tidak bisa dilakukan dengan cara yang instan loh. Butuh waktu dan kontinuitas. 

Cara meningkatkan personal Branding dengan QuBisa


Cara meningkatkan personal branding melalui QuBisa memungkinkan kamu mengoptimalkan skill sehingga orang atau follower akan mengenalmu lebih profesional.

Cara Belajar Efektif


Selanjutnya untuk mengasah skill agar siap menghadapi dunia kerja adalah dengan menerapkan cara belajar efektif.

Cara belajar efektif penting dilakukan untuk mempersingkat waktu sehingga tidak terbuang sia-sia. Pernah gak sih kita memperhatikan ada orang yang bertahun-tahun belajar di bangku kuliah namun tak memiliki skill apapun namun ada juga loh orang yang hanya belajar efektif selama 3 bulan saja dia sudah memiliki keahlian yang expert di bidang tertentu.

Belajar Gak Ribet


Nah, ini starting point yang ingin saya katakan bahwa kita tidak perlu mengadopsi gaya belajar dari berbagai teori belajar yang bikin pusing kepala. Belajar gak ribet penting sekali agar kita langsung pada skill yang ingin dicapai.

Cara belajar gak ribet tentu akan mempercepat kita menguasai skill sehingga lebih cepat pula dapat terjun ke dunia kerja yang kita impikan. 

Meningkatkan Kemampuan


Apabila kita sudah memiliki kemampuan dasar dari skill yang akan kita asah. Maka saatnya meningkatkan kemampuan dengan mengikuti arahan dari instruktur maupun coach. 

Cara yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan skill adalah dengan langsung menerapkan materi maupun try and error sehingga skill akan semakin terasah dengan baik.

Upskilling dan Reskilling 


Apabila Anda seorang karyawan atau pekerja maka perlu dilakukan upskilling guna meningkatkan keterampilan yang telah ada. Upskilling adalah proses meningkatkan keterampilan dan pengetahuan seseorang di suatu area. Namun jika Anda dibutuhkan untuk membantu rekan kerja dengan keahlian baru maka yang bisa dilakukan adalah reskilling. Reskilling adalah mempelajari keterampilan baru untuk pekerjaan yang berbeda dari pekerjaan awal.

Upskilling dan reskilling sangat diperlukan untuk peningkatan skill sehingga memperoleh capaian kerja yang optimal.

Mengasah Skill di Aplikasi QuBisa


Salah satu cara untuk meningkatkan skill adalah dengan bergabung di QuBisa. QuBisa  adalah aplikasi untuk belajar mengembangkan diri, meningkatkan personal branding, upgrade ilmu, coaching, mentoring.

QuBisa mempertemukan instruktur dan peserta dalam satu aplikasi. Sebagai instruktur kita mendapatkan keuntungan Personal Branding, tempat mengembangkan diri. Sedangkan sebagai peserta kita bisa upgrade ilmu, mengasah skill, coaching dan mentoring dari mereka yang berpengalaman.

Kelas di Aplikasi QuBisa

Aplikasi Belajar Online



Di Aplikasi QuBisa ada berbagai pilihan kelas yang dapat diikuti yaitu:

  • Kelas siap kerja
  • Pengembangan karir
  • Desain
  • IT Development
  • Human Resource
  • Bisnis
  • Finance & Accounting
  • Teaching & Academic
  • Sales & Marketing
  • IT & Software
  • Lifestyle & Health
  • Personal Development
  • Webinar

Untuk menjawab tantangan di era digital kelas-kelas tersebut tentu sangat dibutuhkan di dunia kerja. Kelas ini langsung akan mengasah skill secara langsung tanpa menbutuhkan teori yang sulit. Selain itu instruktur berasal dari orang-orang yang sudah berpengalaman terjun langsung ke dunia kerja.

Yuk download aplikasi QuBisa di perangkat smartphone Anda.  Bisa download di Playstore bagi pengguna android  dan Appstore bagi pengguna iPhone.

Blog Competition QuBisa 



Nah, buat kamu yang ingin mengasah skill menulis langsung saja nih ikutan kompetisi blog QuBisa dengan hadiah menarik. Info lengkapnya bisa dilihat pada info di atas. 

Yuk tunggu apalagi bersama aplikasi QuBisa mari asah skill menghadapi tantangan di zaman digital ini.

Nah untuk link download jika kamu pengguna Appstore silahkan download di Appstore jika pengguna android bisa di download di Playstore

69 comments

  1. Hemm, memang penting banget skill ini untuk bekerja apalagi terkait bidang digital tentunya di zaman sekarang kita semua harus bisa. Qubisa memang yang terbaik dan bermanfaat banget.

    ReplyDelete
  2. Wah banyak sekali pilihan kelasnya. Dan semuanya skill yg dibutuhkan saat ini..aku coba download ah penasaran dengan applikasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa nih sambil cari kerja sampingan mengasah skill lewat belajar online

      Delete
  3. Mantap, nih. Bisa belajar banyak skill di QuBisa, ya. Banyak kursus online gratis lagi.

    ReplyDelete
  4. Skill masa depan banget, ya, 5 itu, Mbak. Terus, bisa dikerjain dari rumah dan di manapun.

    ReplyDelete
  5. Ternyata di Qubisa, ada yg gratisan ya, dapat ilmu untuk meningkatkan skill nggak boleh terlewat nih. Meskipun yg berbayar, harganya nggak terlalu besar. Wajib nih untuk upgrade ilmu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang berbayar malah lebih pro nih bisa langsung dapat materi penting

      Delete
  6. PR banget nih membentuk personal branding.

    Untung ada Qubisa ya, bisa belajar branding juga, dan ada banyak kursus keren lainnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, harus konsisten dan butuh banyak ilmu personal branding

      Delete
  7. Seru banget ya di QuBisa.. kalau aku lebih senang pembelajaran microlarning karena to the oint dan isinya daging semua, hehe

    ReplyDelete
  8. banyak juga jenis kelas yang bisa di ambil di QuBisa ya. Tinggal disesuaikan aja dengan kebutuhan. Makin tajem nih skill setelah diasah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pilih salah satu yang penting fokus deh pasti maksimal

      Delete
  9. Editing video memang pelu ilmunya sih.
    Soalnya bisa makan waktu dalam penyuntingannya. Asiknya udah ada di QuBisa belajarnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kelasnya murah meriah namun ilmunya mahal nih

      Delete
  10. Aku juga kemarin sempet join di kursus gratisnya QuBisa. Padahal kursus public speaking kalo di luar tuh harganya bisa jutaan lhoo. di sini gratissss, jatuh cinta sama QuBisa <3 wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow public speaking dibutuhkan banget zaman sekarang kan

      Delete
  11. Beberapa waktu lalu, aku sempat belajar publik speaking melalui aplikasi siap kerja QuBisa. Videonya nggak terlalu yang bertele-tele. Ringkas malah. Tapi, mudah dipahami gitu. Belajar nggak ribet sih jadinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. penting nih dibutuhkan banget kemampuan public speaking saat ini

      Delete
  12. yang aku suka di qubisa tuh banyak skill baru tentang digital marketing. kayaknya makin banyak yang perlu skill ini ya, baik untuk tingkat dasar maupun advance

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya termasuk public speaking nih penting banget ya

      Delete
  13. Aplikasinya aja udah berasa nyemangatin , apalagi kalau emang dimanfaatkan dengan sebaiknya ya kak makin bisa banget menambah wawasan

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget nih meskipun sudah tidak muda lagi kita harus nambah wawasan

      Delete
  14. Beruntung bisa tahu tentang aplikasi QuBisa ini, ya. Banyak sekali pilihan untuk kursus dan webinar yang bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener banget nih aplikasi yang membantu meningkatkan skill di QuBisa

      Delete
  15. Aaaaa semua skill yang disebutkan di artikel ini ingin ku pelajari semuanyaaaa. Ohhh baiklah ternyata tak perlu bersusah payah lagi mencarinya, ternyata ada di QuBisa

    ReplyDelete
  16. Eranya udah yang serba digital
    Jadi kursus segala keterampilanpun bisa secara digital, lebih hemat waktu dan tenaga. Dengan kursus di Qubisa, semua bisa memperolah keterampilan sesuai dengan yanh kita butuhnan

    ReplyDelete
  17. Wah semua ini penting banget buat kita yang mau memulai kerja. Jadi generasi Gen Z yang udah mulai menjajaki dunia kerja wajib pakai QuBisa ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul nih generasi X saja pakai QuBisa apalagi generasi Z

      Delete
  18. Sekarang siapapun emang kudu menguasai skill bertahan di era digital ya, karena dunia makin canggih. Cocok banget buat adikku yang baru lulus ini biar makin berkualitas dan siap terjun ke dunia profesional

    ReplyDelete
  19. setuju banget nih dengan 5 skill yang sangat penting di era sekarang ini, digital.
    degan adanya Personal Branding itu orang gak perlu tahu sih ya, kita itu siapa (orangnya yang mana) tapi lebih ke begitu mendengar nama kita disebut orang udah tahu ooh ini si A yang bisa ini (kemampuan) kan keren banget lah ya. Tentu perosonal branding yang positif, jangan kita dikenal orang karena keabsurdan *upsss

    senang deh bisa belajar di QuBisa ini, tapi saya belum coba aplikasinya nih selama ini lewat web aja belajarnya.
    kalau ada aplikasi bisa lebih memudahkan lagi dong tentunya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Personal branding penting banget nih buat kita di zaman digital

      Delete
  20. Aku juga udah download aplikasi QuBisa nih mbak, seneng banget bisa belajar banyak hal dan bisa pilih yang gratisan pula hihihi

    ReplyDelete
  21. semuanya molly butuhin nih skillnya. secara hidup di zaman serba teknologi ya? mesti menguasai banyak skill biar bisa survive.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya kita mesti menyesuaikan nih dengan kebutuhan zaman sekaran

      Delete
  22. 5 skill idaman ini ya mba, aku mau belajar semuanyaaaa haiiiish.
    Tapi milih yg desain atau edit video deh sekarang ini walau masih suka menulis.
    Klo kursus onlinenya meyakinkan kayak Qubisa gini aku tertarik jadinya, ada jelas ulasannya dan review dari orang2 juga ya. Penting deh ini biar kita tau gimana review kelas online tersebut

    ReplyDelete
  23. Pengen nyobain belajar video editing nih di QuBisa. Apalagi zaman sekarang dituntut banget bisa bikin konten berupa video ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah skill editing video ini banyak banget yang butuh

      Delete
  24. Saya belum ikut nih kelasnya QuBisa yang lifestyle dan health. Padahal pengen ikutan banget. Penasaran soalnya. Semoga besok bisa
    Doakan lancar ya ...

    ReplyDelete
  25. Banyak sekali pilihan materi kursus di aplikasi QuBisa ya...
    Semuanya bermanfaat sekali untuk meningkatkan keahlian yang diperluan di dunia kerja.

    ReplyDelete
  26. Aku install QuBisa juga mba. Kemarin ikut kursus video editing. Lumayan terbantu...materinya enak untuk disimak. Banyak yang gratis pula.

    ReplyDelete
  27. Kebetulan nih aku juga sering mengakses Aplikasi Siap Kerja QuBisa, ternyata beragam keahlian dan ilmu baru untuk meningkatkan skill bisa didapatkan di sana secara gratis. Penting banget nih buat siapa saja terutama Fresh Graduate untuk memanfaatkan aplikasi belajar online ini agar lebih siap masuk ke dunia kerja dan lebih percaya diri saat memulai karir.

    ReplyDelete
  28. Kemarin sempat lihat-lihat video materi-materinya. Banyak yang menarik dan harus ditonton, karena bisa menambah keahlian kita juga,ya ...

    ReplyDelete
  29. Sepakat mbak, bangku sekolah/kuliah memang bukan tempat untuk memperoleh skill, karena itu mesti aktif mencari ketrampilan di luar pendidikan formal. Salah satunya melalui kursus online di QuBisa yang pilihan kursusnya banyak

    ReplyDelete
  30. Saya suka dengan microlearning di QuBisa karena bisa ditonton di mana aja dan durasinya singkat jadi lebih fokus saat mengikutinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama saya juga suka
      Sekarang lagi cari Public Speaking supaya gak gagap lagi kalau ngeZoom

      Delete
  31. senangnya hidup di era digital seperti ini ya gini ini ya mbak
    neragam kemudahan bisa kita dapatkan dengan mudah, termasuk untuk meningkatkan skill dengan mengikuti kursus online di Qubisa ini

    ReplyDelete
  32. Dulu gak kebayang soal menulis, desain grafis atau progamer banyak dibutuhkan kaya sekarang. Dunia memang banyak berubah ya. Makanya kita kudu upgrade diri dan mengikuti perkembangan zaman misalnya dengan ikut kursus online

    ReplyDelete
  33. Betul banget deh 5 skill di atas sangat dibutuhkan untuk pekerjaan di masa depan. Yang belum aku bisa tuh programer. Enaknya sekarang kursusnya bisa online ya.

    ReplyDelete
  34. Ini skill yang harus dimiliki oleh kita semua sebagai blogger yang ingin mengembangkan skill lebih baik lagi. Dunia kita nggak jauh-jauh dari kelima skill tersebut ya Mbak.

    ReplyDelete
  35. 5 skill yang jaman now banyak peminatnya dan tentu saja mesti di asah dengan melakukan kursus online, waah rekomen banget nih Qubisa dengan manfaat dan kelabihannya membuat kita makin tambah percaya diri tampil . Kereen pisan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Skill zaman now yang bisa bikin kita survive nih

      Delete
  36. Wah, iya nih..
    Lagi liat-liat program belajar online di Qubisa. Kayanya pengen belajar mengenai editing video. Seru yaa.. kalau bisa mengedit video dengan kualitas bagus dan rutin dilakukan seperti menulis.

    ReplyDelete
  37. Kelas-kelas di QuBisa ini kebanyakan sesuai dengan kebutuhan kerja di era digital nih. Bisa dikerjakan di rumah juga. Cocok sama keadaan sekarang.

    ReplyDelete
  38. Wah keren nih QuBisa. Bisa upgrade skill para pencari kerja. Gak ada halangan ya walopun pandemi. Semua bisa dilakukan secara online. Jadinya saat turun ke dunia kerja, udah siap.

    ReplyDelete
  39. Pernah kursus di QuBisa, pematerinya enak penyampaiannya kayak ngajak ngobrol jadi mudah dipahami. Terus bentuk kursusnya video yang nyaman buat generasi milenial dan gen z. Banyak kursus gratis pula di sana dengan berbagai bidang ilmu

    ReplyDelete

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.