Doa untuk Pengantin Baru Menurut Islam, Mulai dari Akad Hingga diberi Keturunan yang Baik

Konten [Tampil]

Doa Untuk Pengantin Baru Menurut Islam, Mulai Dari Akad Hingga Diberi Keturunan Yang Baik 

Pernikahan adalah ikatan sakral yang menyatukan dua jiwa yaitu laki – laki dan perempuan. Tidak hanya sepasangan kekasih itu saja yang sebenarnya akan disatukan dalam pernikahan, namun dua keluarga besar pun turut disatukan dalam ikatan pernikahan. 

Doa untuk pengantin


Di Indonesia sendiri, pernikahan secara Islam berarti harus mengikuti kaidah serta syarat sah menikah Islam. Dalam pernikahan harus ada doa pengantin baru dalam Islam. Doa dibaca tidak hanya agar acara pernikahan lancar saja, namun juga untuk ketenangan dan keharmonisan kehidupan rumah tangga sepanjang masa milik pasangan pengantin. 

Doa untuk Pengantin Baru

Terdapat empat bacaan doa untuk pengantin baru dalam Islam, diantaranya yaitu : 

Doa Akad Nikah

Ketika akad nikah, terdapat sebuah doa yang harus dipanjatkan oleh orang – orang yang hadir menjadi saksi akad nikah. Doa pengantin baru dihari akad nikah yang sebaiknya diucapkan yaitu doa dari Rasulullah SAW. 

Doa ini tertulis didalam hadis sahih dan diriwayatkan Abu Hurairah yang berbunyi :

Barakallahu laka wa baarakaa alaika wa jamaa bainakumaa fii khoir.”

Artinya :

“Mudah – mudahan Allah memberkahimu, baik dalam suka maupun duka dan selalu mengumpulkan kamu berdua pada kebaikan.”

Doa Setelah Akad

Setelah akad nikah usai, terdapat doa yang perlu dipanjatkan. Doa ini dipanjatkan agar pasangan yang sudah sah menjadi suami istri dapat menjalani kehidupan yang harmonis dan saling menjaga satu sama lain. 

Doa ini dibaca oleh pengantin pria sembari memegang ubun – ubun istrinya. Berikut bacaan doanya :

Allahumma inni as’aluka min khoirihaa wa khoirimaa jabaltahaa ‘alaih. Wa a’udzubika min syarrihaa wa syarrimaa jabaltaha ‘alaih.”

Artinya :

“Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu kebaikan dirinya dan kebaikan yang Engkau tentukan atas dirinya. Dan Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekannya dan kejelekan yang Engkau tetapkan atas dirinya.”


Doa Sebelum Berhubungan Intim


Ada juga doa untuk pengantin baru sebelum melakukan hubungan intim. Adapun bacaan doanya adalah sebagai berikut :

Allahumma jannibnaasy syaythoona, wajannibisy syaythoona maa rozaqtanaa.”

Artinya :

“Dengan (menyebut) nama Allah, ya Allah jauhkanlah kami dari (gangguan) setan dan jauhkanlah setan dari rezeki yang Engkau anugerahkan kepada kami.”

Sebagaimana dibaca dalam artinya, tujuan membaca doa ini adalah agar hubungan intim memberikan kehangatan dalam rumah tangga. 


Doa Mohon Diberi Keturunan


Selanjutnya, ada doa yang dianjurkan untuk dibaca saat menginginkan mendapatkan keturunan yang baik. 

Doa ini harus dibaca oleh pasangan suami istri dengan penuh keyakinan dan keikhlasan. Sebagaimana disebutkan dalam QS. As-Shafat : 100, doa mohon diberi keturunan yang baik berbunyi :

“Robbi hablii minash shoolihiin.”

Artinya :

“Ya Allah, anugerahkanlah kepadaku anak yang saleh.”


Menurut pandangan Syaikh Abdul Aziz bin Baz dalam Majmu’ Fatawa Ibnu Baz 8:423, tidak masalah memanjatkan doa sebagaimana doa yang dipanjatkan Nabi Zakaria AS saat memohon dikaruniai keturunan. Karena itu, Anda juga bisa membaca doa dengan lafaz, yang artinya :

“Ya Allah, berilah aku keturunan yang baik, anugerahkanlah aku keturunan yang saleh.”

Selain keempat doa pengantin baru diatas, tidak ada larangan untuk Anda memanjatkan doa – doa baik lainnya. Keempat doa diatas merupakan bagian dari doa umum yang sebaiknya diketahui dan diamalkan oleh calon pasangan pengantin hingga sudah menjadi suami istri. Semoga informasi diatas memberikan manfaat. 



No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.