Tips Wisata Bersama Anak Agar Liburan Menyenangkan

Tips Wisata Bersama Anak-Anak Agar Liburan Keluarga Lancar
Ketika musim liburan sekolah tiba tentunya hal ini merupakan momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh setiap keluarga yang memiliki anak kecil. Karena pada liburan inilah saat yang paling tepat untuk melakukan wisata bersama keluarga tercinta. 

sumber gambar : dok pribadi yurmawita.com



Namun selalu ada saja rasa cemas dan khawatir yang timbul pada diri orang tua saat bepergian dengan anak kecil. Mereka khawatir kalau anak-anaknya akan rewel, sakit, nakal, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, agar anda tidak ikut uring-uringan berwisata bersama anak-anak, dalam tulisan kali ini akan coba memberikan informasi tentang tips wisata berikut ini :

1. Jangan Bawa Barang Terlalu Berlebihan

Tips pertama berwisata bersama anak-anak adalah jangan membawa barang yang terlalu banyak. Membawa barang bawaan sebaiknya hanya seperlunya saja, dengan begitu pastikan barang bawaan anda sesuai dengan apa yang anda dan anak-anak butuhkan di lokasi liburan. Selain itu juga, anda harus mencari tahu terlebih dahulu tentang musim yang terjadi di tempat wisata yang akan anda tuju. Sehingga anda akan membawa barang bawaan sesuai dengan musim yang terjadi di tempat wisata yang akan di tuju, dan juga anda harus membawa obat untuk menjaga kesehatan anda dan anak-anak anda seperti suplemen vitamin.

2. Bawa Makanan dan Minuman Secukupnya

Tips berwisata bersama anak selanjutnya adalah bawa makan dan minuman secukupnya. Seperti yang diketahui, yang namanya perjalanan itu apalagi dengan jarak jauh tentunya akan membuat kelelahan, terutama anak-anak. Oleh karena itu, bawalah makanan dan minuman secukupnya untuk memenuhi kebutuhan anda sekeluarga selama dalam perjalanan.

3. Pilih Akomodasi Yang Tidak Merepotkan

Tips berikutnya bersama anak-anak adalah memilih akomodasi yang tidak merepotkan.  Selain pesan tiket pesawat jakarta Surabaya, juga harus pesan hotel. Sebelum anda akan memilih dan reservasi kamar untuk liburan bersama keluarga, maka coba cari tahu dulu apakah tempat penginapannya itu berada di lokasi yang nyaman dan aman untuk anak-anak, apakah ada banyak tangga curam atau tidah?. Karena apa yang nampak seperti akomodasi sempurna bagi orang dewasa, belum tentu aman dan nyaman bagi anak-anak. 

4. Tandai dan Awasi Anak - Anak

Tips berwisata bersama anak-anak selanjutnya adalah tandai serta awasi anak-anak. Pada saat musim libur panjang sekolah, tentunya akan banyak keluarga yang berlibur ke tempat sama yang anda tuju. Nah, untuk mengurangi kekhawatiran jika anak-anak hilang di keramaian, maka ada beberapa cara yang bisa anda lakukan :

  • Ajari mereka menghapal nama lengkap orang tua, kalau bisa nomor telepon dan tempat menginap
  • - Pasangkan gelang nama di lengan atau di tas mereka
  • - Gunakan pakaian berwarna cerah supaya mudah dipantau


5. Buat Anak - Anak Tetap Sibuk

Tips berwisata bersama anak-anak yang terakhir adalah buat anak-anak tetap sibuk. Jika perjalanan liburan anda cukup jauh dan memakan waktu yang lama, tentunya hal ini bisa membuat anak-anak akan merasa bosan, lelah dan akhirnya rewel. Untuk itu, bawalah mainan-mainan yang bisa membuat anak-anak tetap sibuk, seperti game watch, buku mewarnai, atay puzzle. Dengan begitu, anak-anak anda akan memiliki kesibukan selama dalam perjalanan menuju tempat wisata. 

Berwisata bersama anak-anak memang membutuhkan persiapan dan pengawasan yang lebih ekstra. Nah, bagi anda para orang tua yang akan berlibur bersama anak-anak, tips-tips di atas bisa anda coba.  Semoga bermanfaat. 

No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.