Keunggulan dan Tipe-Tipe Unit Pillow Block Bearings yang Perlu Kamu Tahu di Era Ini

Keunggulan dan Tipe-Tipe Unit Pillow Block Bearings Yang Perlu Kamu Tahu Di Era Ini




Hai pecinta otomotif, kamu pasti tahu istilah pillow block bearings. Pillow block merupakan salah satu bearing yang memiliki misi untuk menyokong kinerja poros dengan bantuan bantalan (bearing). Terdiri dari blok bantalan atau braket pemasang yang berperan sebagai alas membuat bantalan dalam beban rendah dapat tertampung dengan baik. Selain itu, dilansir dari logam-makmur.com, kerangka mesin yang digunakan untuk bantalan ini umumnya terbuat dari cor baja ataupun cor besi berstandar 52100. Selanjutnya bantalan akan dipasang pada sebuah pondasi agar cincin dan poros mampu bergerak atau berputar bebas.

Sejauh ini kamu tahu bahwa pillow block bearings diterapkan untuk beberapa peralatan rumah tangga. Namun saat ini, bearing tersebut mulai dipercaya untuk pembuatan mesin-mesin industri berat. Khususnya mesin-mesin yang biasa digunakan dalam industri manufaktur dan pertambangan. Alasan utama penggunaan bearing ini adalah mudah dalam bidang pergantian dan perawatannya. Sehingga pelanggan tidak perlu kewalahan untuk mengatasinya. Meskipun begitu, anda harus berhati-hati dalam penggunaannya agar tidak menekan kinerja alat sehingga produk tidak akan mudah rusak meskipun sudah digunakan selama bertahun-tahun. Keunggulan lain dari bearing ini meliputi:
  • Mampu bertahan lama dan awet karena memiliki struktur dan kerangka yang kuat dan kokoh.
  • Apabila terjadi kerusakan pada bearing unit dari pillow block ini maka kamu tidak perlu menggantinya satu unit sekaligus sebab masih dapat diganti hanya dengan bearing unitnya saja.
  • Tidak membutuhkan ukuran diameter poros roll sebab unit ini memiliki baut tanam yang dapat mampu mengunci poros roll yang longgar agar tidak mudah lepas atau bergeser.
  • Kamu dapat mengganti grease baru kapanpun ketika ingin mengganti grease pelumasnya. Hal ini karena unit ini memiliki lubang grease yang khusus disediakan sebagai jalur pelumas agar masuk ke bearing unit.
Saat ini kita sudah memasuki era 21 di mana penguasaan teknologi jauh semakin canggih. Tanpa kita sadari, ternyata ada beberapa jenis housing style atau unit dari pillow block bearings. Penasaran? Mari kita lihat jawabannya di bawah ini.
  1. Take Up Unit (UCT)
Unit ini biasanya berlokasi di sisi kiri dan kanan serta satu lubang baut. Poros dan sumbunya searah satu sama lain tapi terletak melintang terhadap sumbu bearingnya. Unit ini cocok dipilih pada kontruksi as yang mempunyai jarak sumbu yang harus diatur dahulu dengan as lainnya.
  1. Flange Unit With 4 Bolts (UCF)
Seperti dengan namanya, unit ini memiliki empat lubang baut yang memiliki arah berlawanan terhadap sumbu bantalan. Kamu dapat menemukan unit ini dalam kontruksi untuk mesin box elevator, mesin penyosohan gabah, dan sebagainya.
  1. Flange Unit With 2 Bolts (UCFL)
Perbedaan antara UCF dan UCFL terletak oada jumlah lubang bautnya. Selebih dari itu, keduanya memiliki persamaan mesin. UCFL memiliki dua buah baut. Berbeda dengan UCF, penerapan unit ini lebih ditekankan untuk beban yang memiliki massa lebih ringan.
  1. Pillow Block Unit (UCP)
Jenis unit ini paling umum dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Penyusun unit ini terdiri atas dua lubang baut yang mana poros bantalan dan sumbunya memiliki jalur yang berlawanan arah. Untungnya, pemasangan UCP dapat dilakuakan dengan berbagai cara, entah itu secara menyamping, normal, bahkan terbalik.
  1. Piloted Round Flange Unit (UCFC)
UCFC sebenarnya merupakan pengembangan dari UCFL, akan tetapi dianggap lebih baik dalam penerapannya sebab flange boundernya mempunyai rumah untuk berlindung.

Begitulah uraian mengenai tipe-tipe unit pillow block bearings beserta keunggulannya. Jika membutuhkannya, kamu dapat menemukan bearing ini di situs  Logam Makmur. Situs ini akan membuat kamu terkesima dengan kelengkapan bearing yang dimiliki. Jadi tunggu apalagi untuk mengunjunginya?

No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.