Tutorial Aplikasi Edit Video Wondershare Filmora Lengkap

Mau edit video tapi bingung pake aplikasi yang mudah? jangan khawatir kali ini aku akan berbagi tentang edit video yang mudah dipelajari yaitu Wondershare Filmora. Aplikasi Wondershare Filmora adalah salah satu aplikasi edit video yang cukup mudah digunakan bagi pemula, selain itu musik dan fitur-fitur sudah sangat lengkap sehingga kita bisa menggunakan aplikasi ini dengan mudah.

Kelebihan Aplikasi Wondershare Filmora :


  • Mudah dipelajari
  • fitur lengkap
  • bisa konvert beragam video ke MP4

Untuk mengedit video dengan menggunakan aplikasi wondershare filmora kita bisa menggunakan hasil editan dari Filmora untuk channel youtube. Hasil editan nya bisa ditambahakn berbagai fitur misalnya musik, teks, meme, video sisipan maupun transisi sehingga hasil akhir berupa video MP4 terlihat lebih profesional.

Sebelum menggunakan aplikasi wondershare filmora, sebaiknya aku perkenalkan dulu beberapa fitur aplikasi supaya saat melakukan pengeditan kita sudah terbiasa dengan fitur-fitur tersebut.





Ini adalah tampilan awal saat kita klik aplikasi Wondershare Filmora yang ada pada laptop/pc. Pilih mode 16.9 untuk fitur full feature mode.



Apabila kita ingin mengedit video maka klik ikon import, lalu ambil video yang akan di edit dari drive.



Silahkan import video yang akan diedit dengan mengklik Import Media Files


Tampilan di atas yang bertanda panah merah adalah tampilan video yang telah di import dari drive ke aplikasi Filmora untuk di edit. Kalau Anda baru memulai membuka aplikasi filmora, tampilan tanda panah belum ada gambar alias kosong.



Tampilan layar seperti ditunjukkan tanda panah berwarna merah akan berisi video yang akan di edit. Caranya klik salah satu video pada layar bagian kiri maka video akan muncul pada layar kosong tersebut dan siap di edit.

artikel terkait : Optimalkan Upgrade diri dengan Sandisk Zaman Now



Pada bagian bawah seperti tanda panah pada gambar diatas adalah posisi editan video. Ikon video adalah tempat editan, ikon video yang kedua adalah layer 2 yang merupakan tempat kita menyisipkan video lain. Ikon T adalah teks yang kita buat, ikon T yang kedua apabila kita menambahkan teks lain pada video tersebut. Ikon musik 1  adalah layer tempat kita menambahkan musik 1, jika ingin menambah musik maka akan muncul pada layer musik 2.




Posisi video kedua yang kita sisipkan


Posisi menambahkan teks pada video


Posisi menambahkan musik pada video yang diedit


Apabila video selesai diedit maka kita export video ke MP4 pada fitur Export seperti yang ditunjukkan tanda panah diatas.

Video yang diedit apabila ingin di potong/dipesingkat kita bisa menggunakan fitur gunting dan kotak sampah. Caranya, blok atau klik pada video pada layer yang lalu klik ikon gunting. arahkan kursor pada video yang akan potong, lalu klik tempat sampah, maka video akan terpotong.

artikel terkait : Beberapa profesi ini bakal dibutuhkan di ibukota baru 

Jika kita akan menambahkan video lain pada video yang diedit maka tinggal panggil lagi videonya silahkan lakukan pengeditan atau menambahkan video tersebut.



Ini adalah tampilan video yang akan di edit ada layer 1. Dari tampilan ini kita bisa mempercepat, memperlambat, memotong dan menambahkan video.


Ini adalah tampilan teks yang ditambahkan, kita bisa memilih berbagai jenis fitur teks sesuai dengan selera kita.


Kita bisa menambahkan musik untuk backsound video. Pada tanda panah berwarna merah ini adalah tampilan musik yang akan ditambahkan.

Nah, kalau sudah fix video tersebut maka kita tinggal export ke mp4 dan upload di Youtube.

Selamat menc



No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.