Antrean Haji Lama, Yuk, Ajak Orang Tua Usia Lanjut Umroh. Ternyata Segini Biayanya

Antrean Haji Lama, Yuk, Ajak Orang Tua Usia Lanjut Umroh. Ternyata Segini Biayanya!

biaya haji
ilustrasi dari pixabay

Setiap orang tentu ingin membahagiakan kedua orang tuanya. Berbagai cara pun dilakukan, salah satunya dengan mengajak beribadah dan wisata religi ke tanah suci. Bagi umat muslim, menunaikan ibadah haji wajib hukumnya jika mampu secara fisik dan finansial. Sayangnya, di Indonesia, proses haji terkendala oleh antrean yang panjang dan lama sekali masa tunggunya. Jika sudah begini, mungkin anda bisa memikirkan untuk mencari tahu biaya umroh dan menunaikan ibadah haji kecil ini terlebih dulu.


Beberapa waktu lalu, Pemerintah dikabarkan mengesahkan Undang-Undang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh. Dengan UU ini, pendaftar haji yang berusia lanjut dan kaum disabilitas akan diprioritaskan untuk berngkat haji terlebih dulu dengan kuota yang ditetapkan. Meskipun begitu, hanya orang lansia yang berusia di atas 65 tahun saja yang mendapat kesempatan ini. 

Sementara itu, jika masa tunggu antrean haji saat ini semakin lama saja. Yakni paling cepat sekitar 5 sampai 10 tahun, dan yang paling lama bisa 30 tahun. Oleh sebab itu, tak sedikit orang yang memilih untuk mengajak orang tuanya untuk menunaikan ibadah umroh sembari menunggu kesempatan haji tiba sesuai antrean. Namun begitu, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika mengajak orang tua ke tanah suci, khususnya penyesuaian terhadap kondisi fisik para orang tua yang sudah lagi tak prima. Di antaranya sebagai berikut:

Pilih Penerbangan Langsung

Tawaran umroh dari berbagai agen perjalanan dengan harga normal, biasanya difasilitasi oleh penerbangan tidak langsung ke tujuan. Untuk ke Arab Saudi, biasanya pesawat akan mendarat di Jeddah atau Madinah, dengan singgah ke Dubai atau Muscat, selama beberapa waktu terlebih dulu. Tergantung agenda perjalanan atau itinerary dari agen terkait. 
Penerbangan dengan transit seperti itu tentu akan melelahkan orang berusia lanjut. Terlebih jika mereka memiliki keterbatasan kemampuan untuk jalan kaki. Karena anda harus pindah terminal di bandara transit itu. Oleh karenanya, pilih lah penerbangan langsung ke tanah suci. 
Baca juga: Serba-serbi Ibadah Haji yang Perlu Kamu Ketahui

Perhatikan Kenyamanan Hotel

Selain itu, perhatikan pula fasilitas yang dimiliki oleh hotel yang akan anda tempati bersama orang tua. Akan lebih baik jika penginapan tersebut memiliki akses lift yang memadai, makanan yang bernutrisi seimbang, dan lokasinya tidak terlalu jauh ke tempat ibadah atau titik penjemputan jamaah. Untuk mengetahuinya, anda harus berkonsultasi dengan agen perjalanan umroh. Pastikan anda memahami semua fasilitas serta cek apakah ada biaya tambahan untuk kenyamanan tambahan atau tidak.

Akses Kursi Roda

Keberadaan kursi roda sangat lah penting sebagai fasilitas tambahan saat mengajak orang tua untuk umroh. Selain hotel, anda juga harus memahami sedikit bagaimana perizinan menggunakan kursi roda di titik-titik menjalankan ibadah. Sebab ada beberapa tempat yang menutup akses kursi roda 30 menit sebelum adzan. 

Biaya Umroh Untuk Lansia

Untuk merealisasikan rencana umroh ini, anda harus tahu dulu biaya umroh yang dikeluarkan untuk umroh. Dengan mengajak orang tua berusia lanjut, maka anda harus mengutamakan fasilitas ekstra lebih untuk kenyamanan. Untuk fasilitas normal, biaya umroh yang perlu anda keluarkan adalah Rp 19 juta-an per orang. Sedangkan untuk fasilitas dengan hotel dan penerbangan yang kelasnya lebih tinggi, dipatok seharga Rp 25 juta-an per orang.

Selain itu, agen perjalanan juga biasanya menawarkan biaya umroh sekitar Rp 30 juta hingga Rp 40 juta untuk pengalaman umroh plus. Dimana selain jamaah bisa beribadah dan tinggal lebih lama di tanah suci, atau juga berwisata di negara transit.

Untuk tips mengumpulkan uang untuk memenuhi biaya umroh, anda bisa membacanya di link artikel berikut ini:

https://www.cekaja.com/info/berniat-umroh-cari-tahu-biaya-dan-tips-mengumpulkan-uangnya/ 

No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.