Beberapa Profesi Ini Bakal Dibutuhkan di Ibu kota Baru

Pindahnya ibukota baru dari Jakarta ke Kalimantan Timur, memang menjadi suatu hal yang sangat disorot seluruh penduduk Indonesia, bahkan media asing. Lokasi yang resmi ditetapkan menjadi ibu kota baru tepatnya berada di Panajam Pseh Utara dan Kukar. 

ibu kota baru


Dengan pindahnya ibukota baru ke Kalimantan Timur, apakah pertumbuhan ekomoninya akan sama seperti di Jakarta? Lantas kira-kira profesi apa saja yang berpotensi dan sangat dibutuhkan di ibu kota baru ini?


Seperti yang kita tahu, Kalimantan dan Jakarta memang memiliki banyak perbedaan, dari segi kepadatan penduduknya, luas tanah atau lahannya, bahkan dari sumber daya manusianya. Nah, dihimpun dari berbagai sumber, dengan resminya ibukota yang akan pindah, membuat beberapa profesi ini bakal dibutuhkan di ibukota baru. 

Beberapa profesi ini bakal dibutuhkan di Ibukota Baru antara lain : 

1. Arsitektur

Profesi pertama yang bakal berpotensi dan sangat dibutuhkan di ibukota baru adalah aristek. Pasalnya, profesi desain bangunan, interior desian tentunya akan sangat dibutuhkan di ibukota baru tersebut. 

Lahan luas dan hijau yang akan menjadi kota tersebut akan disulap menjadi bangunan-bangunan modern. Disitulah peran arsitek sangat penting, dan profesi ini juga akan sangat sibuk selama beberapa tahun ke depan. Ada yang mau berminat sebagai arsitek di ibukota baru?

2. Tukang Masak atau Binsis Kuliner

Profesi atau bisnis selanjutnya yang bakal dibutuhkan di ibu kota baru adalah tukang masak atau bisa juga Anda membangun bisnis kuliner di sana. Pasalnya, untuk urusan perut merupakan kebutuhan yang memang selalu dibutuhkan, sehingga profesi ini justru akan menjadi salah satu bisnis yang akan lebih dulu unggul.

Terlebih, selain Jakarta, ibu kota baru di Kalimantan Timur, memungkinkan akan menjadi sektor bisnis baru. Nah, bisnis makanan atau kuliner tentunya akan menjadi sektor bisnis baru yang berkelanjutan di kawasan ibu kota baru. Karena jika arsitek akan dibutuhkan ketika proses pembangunan saja, namun bisnis kuliner akan terus dibutuhkan selamanya.

Tidak hanya itu, selain di kawasan ibu kota baru, bisnis kuliner juga bisa akan berjalan di daerah-daerah wisata sekitar Penajam Paser Utara. Karena seperti yang kita tahu bahwa, daerah tersebut memiliki banyak destinasi wisata alam yang sangat indah. Sehingga, ketika ibu kota baru sudah ditempati dan ramai, bisnis kuliner pun juga akan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak pula.  

Kota Jakarta tetap menjadi pusat bisnis

Meski ibu kota baru resmi dipindahkan ke Kalimantan Timur, Jakarta akan tetap menjadi prioritas pembangunan khususnya di bidang perekonomian. Jakarta akan tetap menjadi pusat bisnis, perdagangan, serta jasa berskala regional bahkan global.

Nah, dengan begitu artinya, yang dipindahkan hanyalah pusat pemerintahan saja. Hal seperti ini sudah pernah dilakukan beberapa negara lain di dunia dan berhasil. Misalnya saja Amerika Serikat yang memiliki pusat bisnis di New York dan pusat pemerintah di Washington DC.

Nah, itu dia beberapa profesi yang sekiranya mungkin akan sangat dibutuhkan di ibu kota baru di Kalimantan Timur. Namun, apakah Anda sudah tahu fakta-fakta terkait ibu kota baru di Kalimantan Timur ini, sehingga profesi tersebut sangat dibutuhkan?

Mulai dari lokasi yang diresmikan oleh Presiden RI, luas lahan ibu kota baru, hingga biaya perpindahan serta pembangunan ibu kota baru di Kalimantan. 

Semua informasi lengkapnya bisa Anda baca di link artikel berikut ini: https://www.cekaja.com/info/ibu-kota-baru-di-kalimantan-timur-ini-fakta-faktanya/

No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.