Sumber Energi Listrik dari Tenaga Surya



Pernah kamu membayangkan seandainya sumber energi di bumi habis? Tentu sangat sulit untuk menjalani kehidupan tanpa ada sumber energi. Kita hidup tak lepas dari energi, kita beraktivitas juga tak luput dari bantuan energi. Apalagi di zaman modern saat ini yang hampir semua lini kehidupan memerlukan energi untuk dapat bertahan hidup. Terutama energi listrik.



Listrik dibutuhkan di segala lini mulai dari kebutuhan rumah tangga, transportasi, komunikasi dan sebagainya. Oleh karena itu kita membutuhkan energi yang tak pernah habis agar kehidupan kita yang serba tergantung dengan energi ini tidak musnah. Inilah kegunaan dari  Sumber Energi Listrik Dari Tenaga Surya


Pembangkit listrik tenaga surya merupakan salah satu sumber energi listrik yang sangat ramah untuk digunakan. Pasalnya untuk mendapatkan energi listrik kita tidak memerlukan adanya bahan bakar guna menyuplai sistem pembangkit listrik. 

Sejak tahun 90-an di negara kita sudah banyak dikembangkan pembangkit listrik tenaga surya ini. salah satu perusahaan yang bergerak dalam teknologi pembangkit listrik tenaga surya ini adalah sewatama. Teknologi yang dikembangkan oleh perusahaan tersebut salah satunya adalah sistem otomatisasi pembangkit listrik yang dikenal dengan teknologi maximum power point tracker (MPPT) yang posisikan pada inverter pembangkit listrik dan juga penambahan teknologi solar tracker.


Penggunaan teknologi solar tracker ini bertujuan untuk mengarahkan bidang datar panel surya pada arah tegak lurus dengan arah datangnya sinar matahari. Sehingga diharapkan dengan perolehan penyinaran yang cukup besar terhadap bidang datar panel surya akan menghasilkan output energi listrik yang cukup besar. 

Adapun teori dasar dalam sistem panel surya ini adalah jika bidang datar atau inverter panel surya akan mendapatkan output terbesar ketika sudut datang 0 derajat atau tegak lurus dengan arah datangnya sinar matahari. Nah, adapun jenis panel surya untuk mengubah tenaga surya ini menjadi sumber energi listrik yang paling efisien untuk saat ini adalah three junctions cells (concentrator) dengan kapasitas efisiensi sekitar 44%. Sementara itu pada jenis panel surya komersial jenis kristalin hanya memiliki kapasitas efisiensi pada kisaran 12% - 27%. 


Adapun teknologi yang dikembangkan oleh perusahaan sewatama ini dengan penambahan teknologi otomatisasi pembangkit listrik tenaga surya berupa teknologi MPPT yang bekerja menjadikan inverter bidang datar panel surya selalu bekerja pada titik daya output tertinggi, sehingga berapapun energi listrik yang dihasilkan akan tetap terserap. Sedangkan teknologi solar tracker ini bekerja dengan prinsip mengikuti posisi arah sinar matahari, sehingga akan diperoleh radiasi terbesar sinar matahari yang dapat menghasilkan energi listrik terbesar. 

Nah, dengan adanya sistem otomatisasi pembangkit listrik tenaga surya ini maka kebutuhan energi pun akan semakin terpenuhi tanpa harus menghabiskan sumber energi lain, seperti halnya penggunaan bahan bakar guna membangkitkan energi listrik yang justru dapat menghabiskan energi di bumi.



No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.