10 Jajanan Pasar Favorit yang Mudah ditemui

[kuliner]


Hai hai sudah lama sekali ya kita tidak upload-upload tentang kuliner. Sudah kangen banget mau cekrek-cekrek upload kuliner. Yah, meskipun urusan dapur sudah tiap hari dikerjakan oleh kita emak-emak. Namun untuk urusan upload dan nulis di blog inilah masalahnya. Nyonya besar lagi sibuk maklumi aja deh. 


Kali ini kita akan jalan-jalan menyusuri setiap sudut kota ku tercinta Bengkulu, dan mengulik tentang jajanan pasar yang mudah ditemui di jalanan. Meskipun dapat mudah ditemui di jalanan namun soal rasa jangan ditanya, enak pake banget. 

Oke kita mulai ya, 10 Jajanan pasar favorit yang mudah ditemui

Tekwan




Tekwan adalah makanan khas Palembang, namun hampir di setiap kota-kota kecil maupun besar dapat ditemui tekwan dengan cita rasa yang enak. Tekwan adalah makanan berkuah yang memiliki cita rasa yang gurih dan lezat. Pentol tekwan memiliki bentuk yang khas. Pentol terbat dari campuran daging ikan dan tepung tapioka serta diberi bumbu penyedap. Saat mau menghidangkan tekwan selain pentol juga dilengkapi dengan mie bihun, jamur kuping, dan bunga sedap malam. 


Tekwan dapat ditemui di jalanan sering dijual oleh Abang-abang yang sering keliling kompleks. harganya murah meriah dan tentunya aman di kantong. 

Pempek

Pempek adalah jajanan khas Palembang. Saat ini pempek dapat ditemukan di seluruh pelosok kota. Bahan-bahan yang mudah di dapat adalah serta cara membuat nya yang simpel  dan mudah ditemui di mana saja. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain : Tepung terigu, daging ikan giling, gula merah serta bumbu penyedap. 

Bakso

Bakso termasuk makanan favorit oleh semua masyarakat Indonesia. Lihatlah hampir diseluruh pelosok tanah air dapat ditemukan warung warung bakso. Bahan utama dari bakso adalah daging giling yang dibuat bulatan kecil-kecil dan direbus. Bahan pelengkap bakso biasanya mie bihun, sayur sawi dan bawang goreng. Kuah bakso terbuat dari rebusan tulang sapi dan diberi bumbu penyedap.

Soto



Soto adalah makanan khas dari jawa tengah. Namun di bebrapa tempat memiliki soto yang juga khas di daerah masing-masing. Bahan utama soto adalah ayam dan kuah kaldu diberi pelengkap seperti sayuran kol, mie bihun dan daun bawang, serta diberi suiran ayam goreng. Di padang ada soto Padang, di Banjar ada Soto Banjar, di jakarta ada Soto Betawi. 

Mie Ayam



Mie ayam adalah salah satu makanan favorit yang mudah ditemui. Dibeberapa tempat mie ayam juga dijual di abang-abang keliling perumahan. Bahan utama dari mie ayam adalah mie kuning, ayam suir dan  sayuran hijau sawi, daun bawang dan bawang goreng. 

Lontong



Lontong salah satu makanan favorit semua orang. Hampir di setiap kota ditemukan warung-warung yang menyediakan lontong sebagai jajanan. Biasanya orang jajan lontong  saat pagi hari sebagai sarapan. Bahan dasar lontong adalah nasi yang dimasak di dalam selongsong yang dibentuk ketupat. Lontong diberi kuah dan kerupuk serta bawang goreng. 


Sate




No comments

Terimakasih ya, telah berkunjung di blog saya. Bila ada waktu luang saya sempatkan berkunjung balik. Semoga silaturrahim kita terjalin indah.